Kebersihan Tangan

 

 

Kebersihan Tangan

 

Kebersihan tangan adalah menghilangkan atau menghancurkan mikroorganisme pada tangan. Kebersihan tangan dapat dilakukan dengan membersihkan tangan menggunakan sabun (handwashing), dan dengan handrub berbasis alkohol (handrubbing).

Ada 3 jenis kebersihan tangan yang di jumpai di Rumah sakit.

  1. Handwashing: membersihkan seluruh permukaan tangan secara kuat dalam waktu singkat dengan sabun, diikuti dengan pembilasan di bawah aliran air. digunakan pada tangan yang terlihat kotor, termasuk jika berkontak dengan cairan tubuh. Teknik ini membutuhkan waktu yang relatif panjang dalam pelaksanaannya, yaitu sekitar 40 hingga 60 detik

 

  1. Handrubbing: membersihkan seluruh permukaan tangan dengan menggunakan handrub berbasis alkohol tanpa menggunakan air. Dilakukan saat tangan tidak terlihat kotor. Waktu yang digunakan 20-30 detik

 

  1. Kebersihan tangan steril adalah kebersihan tangan dengan menggunakan sabun dan air atau antiseptik dari ujung jari sampai siku yang dilakukan sebelum operasi oleh petugas operasi untuk mengurangi mikroorganisme yang ada di tangan.

Flora yang ada di tangan terdiri dari flora transien dan flora residen.

Flora transien adalah mikroorganisme yang diperoleh melalui kontak dengan pasien, petugas kesehatan atau permukaan yang terkontaminasi selama bekerja. Mikroorganisme ini tinggal di lapisan luar kulit dan terangkat sebagian dengan membersihkan tangan menggunakan sabun biasa dan air.

Flora residen adalah mikroorganisme yang tinggal di lapisan kulit yang lebih dalam serta di dalam folikel rambut, dan tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, bahkan dengan pencucian dan pembilasan keras dengan sabun dan air bersih. Pada sebagian besar kasus, flora residen, sangat kecil kemungkinannya terkait dengan penyakit infeksi yang menular dari udara, seperti flu burung.

Pelu di perhatikan sebelum melakukan kebersihan tangan. Semua perhiasan yang digunakan di tangan terlebih dahulu dilepas, seperti cincin dan jam tangan. Langkah melakukan kebersihan tangan

  1. Ratakan dengan sabun atau antiseptic
  2. Gosok punggung tangan beserta sela sela jari dan bergantian
  3. Gosok telapak tangan dan sela jari
  4. Gerakan menggemgang ujung jari saling mengunci dan di gerakan
  5. Gosok ibu jari bergantian
  6. Geran memutar ujung jari di telapak tangan bergantian

Kapan kita harus melakukan kebersihan tangan di Rumah Sakit. Sesuai dengan WHO 2009 ada lima kesempatan melakukan kebersihan tangan.

  1. Sebelum kontak dengan pasien.
  2. Sebelum melakukan tindakan aseptic
  3. Setelah melakukan kontak dengan cairan tubuh pasien
  4. Setelah kontak dengan pasien .
  5. Setelah kontak dengan lingkumgan pasien.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menjaga Kebersihan Jari Tangan

  1. Penggunaan cat kuku dan perhiasan tidak diperkenankan bagi semua petugas kesehatan. Daerah di bawah kuku dan kuku yang panjang berperan sebagai reservoir bakteri Gram negative, jamur dan bakteri pathogen lainnya. Kuku harus dijaga tetap pendek dan tidak melebihi 3 mm dari ujung jari.
  2. Frekuensi dan metode Kebersihan tangan bervariasi tergantung dengan unit kerja dan tugas yang dilakukan.
  3. Sabun non antimikroba atau sabun dengan antimikroba konsentrasi kecil digunakan untuk Kebersihan tangan biasa.
  4. Sabun antiseptik digunakan untuk Kebersihan tangan sebelum melakukan prosedur invasive, saat tangan terkontaminasi dan selama terjadi kejadian luar biasa.
  5. Cincin dan jam tangan harus dilepas ketika Kebersihan tangan.
  6. Hand rub berbasis alkohol tersedia di unit kerja dan dapat digunakan sebagai pengganti Kebersihan tangan. Cara penggunaannya dengan cara menekan pompa dispenser handrub satu kali (2-3ml) dan digosokkan merata ke seluruh bagian tangan. Hand rub berbasis alkohol tidak dapat digunakan jika tangan terlihat kotor.
  7. Botol dispenser sabun cair yang telah kosong tidak boleh langsung ditambahkan isi sabun cair ke dalamnya sebelum botol tersebut dicuci terlebih dahulu.

 

Oleh

Soni Budiyono

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar