Calon Sarjana

Blog Biasa

Kejutan menarik terjadi pada penyelenggaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang ke 25 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada tahun 2012 ini. Adalah tim dari Universitas Brawijaya (UNIBRAW) yang akhirnya berhak menyandang predikat sebagai juara umum pada PIMNAS yang memasuki usia seperempat abad pada tahun ini. Mereka berhasil mengalahkan tim-tim unggulan seperti : Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang sebelumnya lebih dijagokan untuk menggondol pulang Piala Adhikarta Kartawidya.

Dan untuk posisi runner-up tahun ini menjadi milik IPB. Sementara itu, ITS yang jauh-jauh hari menjadi tim yang sangat diunggulkan dan berpeluang besar untuk meraih juara umum karena mengirimkan delegasi terbanyak dari peserta lain yaitu 41 tim ternyata harus puas bertengger diposisi ke tiga.

Lalu kejutan menarik lainnya juga terjadi dan dialami oleh tim unggulan lainnya yang berstatus sebagai juara bertahan. UGM yang pada PIMNAS yang ke 24 yang diselenggarakan di Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar pada tahun 2011 yang lalu memang keluar sebagai kampiun, namun cerita berbeda harus dialami mereka pada PIMNAS yang ke 25 di UMY pada tahun 2012 ini, UGM harus rela menelan pil pahit, karena pada PIMNAS kali ini mereka terlempar sangat jauh di posisi ke sembilan.

Keberhasilan UNIBRAW menyabet gelar juara umum memang sebuah kejutan pada PIMNAS kali ini, karena mereka pada awalnya tidak diperhitungkan untuk menjadi tim unggulan pada tahun ini. Namun dibalik itu semua menjadi juara umum bukanlah untuk pertama kali bagi UNIBRAW, mereka pernah meraih dua kali berturut-turut gelar tersebut pada tahun 2008 dan 2009. Melihat sepak terjang dan rekam jejak sejarah dari UNIBRAW di ajang PIMNAS, jadi hal yang sangat wajar apabila UNIBRAW mampu menjadi juara umum untuk yang ketiga kalinya pada PIMNAS XXV tahun 2012 di UMY.

PIMNAS tahun ini diikuti 400 tim dari seluruh Indonesia dengan melombakan 5 kategori Program Kreatifias Mahasiswa (PKM) lama ditambah 1 kategori baru, yaitu PKM Karsa Cipta. Tim-tim tersebut lalu dibagi ke dalam 18 kelas berdasarkan kategori PKM. Ada 4 kelas PKM Penelitian, 4 PKM Pengabdian Masyarakat, 3 PKM Teknologi, 3 PKM Kewirausahaan, 3 PKM Karsa Cipta, dan 1 kelas PKM Gagasan Tertulis.

Ada dua aspek yang dinilai dari setiap tim, nilai presentasi berbobot 80%, sedangkan nilai pameran poster diberi bobot 20%. Setiap kelas akan menghasilkan pemenang pertama, kedua, dan ketiga atau setara emas, perak, dan perunggu di masing-masing aspek penilaian. Ada juga penghargaan favorit pada penilaian presentasi setiap kelas bagi tim yang menurut juri tidak memberikan presentasi terbaik namum pantas diberi penghargaan.

Pada penilaian presentasi PKM, UNIBRAW meraih sejumlah 6 penghargaan setara emas, 3 perak dan 1 perunggu, sedangkan penilaian untuk poster PKM mereka meraih 2 emas, 3 perak dan 2 perunggu, sehingga total perolehan sebanyak 8 emas, 6 perak dan 3 perunggu. Jumlah ini mengungguli perolehan penghargaan IPB di tempat ke-2 dan ITS di tempat ke-3. Dan dari hasil rekapituliasi jumlah penghargaan di 18 kelas dengan bobot yang sudah ditentukan inilah muncul nama UNIBRAW sebagai juara PIMNAS 25 tahun ini.

Sementara itu, tuan rumah UMY tahun ini dinilai berhasil menyelenggarakan PIMNAS dengan closing ceremonial yang sangat spektakuler. Dan melalui laundry syariahnya (PKM-K), UMY berhasil membawa pulang satu penghargaan setara emas untuk poster, dan satu perak untuk presentasi, dan hasil tersebut membawa UMY bertengger di posisi kesebelas. Dan berikut 20 besar PIMNAS XXV Tahun 2012 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

  1. Universitas Brawijaya Malang
  2. Institut Pertanian Bogor
  3. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
  4. Universitas Airlangga Surabaya
  5. Universitas Negeri Yogyakarta
  6. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  7. Universitas Negeri Semarang
  8. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara Malang
  9. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  10. Universitas Padjajaran Bandung
  11. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  12. Universitas Udayana Denpasar
  13. Institut Teknologi Nasional Malang
  14. Institut Teknologi Bandung
  15. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  16. Politeknik Negeri Semarang
  17. Universitas Andalas Padang
  18. Universitas Diponegoro Semarang
  19. Politeknik Negeri Jakarta
  20. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

PROFIL AKU

Saddam Rafsanjani


Popular Posts

Dinamika Politik Lok

Perkembangan dan wacana tentang dunia perpolitik sampai kapanpun akan selalu ...

Spesial Ramadhan 143

Menjadi pemandangan yang menarik ketika hendak memasuki sebuah restoran untuk ...

Spesial Ramadhan 143

Tak terasa, minggu ini kita sudah memasuki bulan Ramadhan, di ...

PIMNAS-25 UMY'12 : B

Kejutan menarik terjadi pada penyelenggaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ...

PIMNAS-25 UMY’12 :

Apakah PIMNAS itu? Makhluk jenis apakah dia itu ? Nama ...