Fendrik Al Kautsar

manjer kawuryan

Desa Yogyakarta

Posted by Fendrik Al Kautsar 0 Comment

Sebagian orang saja yang tahu beberapa hal yang biasanya orang tidak tahu, ketika ada kata Yogyakarta, di benak anda pasti langsung terfikir akan kota budaya  dengan ‘malioboronya’, tapi Judul di atas mungkin membuat anda heran, judul diatas mewakili postingan dibawah ini, tentang  desa asal saya, Desa Yogyakarta,

Terletak di kecamatan Gadingrejo, kabupaten Tanggamus (sekarang Pringsewu), Propinsi “Lampung”, Republik Indonesia.

Lampung adalah salah satu daerah yang di check list sebagai  salah satu  tujuan transmigrasi penduduk jawa  pada jaman pemerintahan Belanda yang dulu disebut kolonialisasi. yang merupakan program Etiche Politiek, yang dicanangkan gubernur Jenderal Van De Venter, yaitu ‘Politik Balas Budi Kepada Rakyat Indonesia’. pelaksanaannya tidak sekali diturunkan, tapi didatangkan secara berangsur- angsur selama beberapa periode.

kolonisasi_21

Datang awal pada tahun 1905 di Desa Bagelen Kec. Gedongtataan, sekitar 16.838 orang yang dikirim, yang sebelumnya sudah di survei dan di pelajari daerahnya oleh utusan Belanda.

Untuk daerah saya, didatangkan pada periode yang disebut “Lampongsche volksbanks”  dari 1911-1929, yaitu pada tahun 1918 yang didatangkan dari Kabupaten Banyumas,  kemudian pada tahun yang sama didatangkan dari Jogjakarta. Yang kemudian  menetap dan meneruskan hidup disini.

di sinilah saya dibesarkan, di tanah Lampung,  tanah Sumatra dengan lingkungan ‘orang jawa’,,                                                                                                              sekilas inilah sedikit pengetahuan yang saya kira boleh untuk anda ketahui.

Categories: artikel

PROFIL AKU

Fendrik Al Kautsar


Popular Posts

Hello world!

Welcome to Blog UMY. This is your first post. Edit ...

prakatakatak

bismillah, assalamualaikum, terimakasih untuk waktu dan tempat yang telah diberikan untuk saya, ...

kesetiaan seekor lel

aku ada artikel menarik, kisah dua kekasih, yang diabadikan oleh ...

Desa Yogyakarta

Sebagian orang saja yang tahu beberapa hal yang biasanya orang ...

Merah Putih dan Muha

Bismillah! Assalamualaikum menarik, mengejutkan, mengharukan.   ..... Kedatangan kami disambut dengan bangunan Makam Sesepuh di ...