peran generasi muda dalam pembangunan pertanian

  Tak Berkategori   11 Februari 2012

PERAN GENERASI MUDA DALAM PEMBANGUNAN PERTANIAN

Dalam bidang apapun pemuda merupakan motor penggerak dan seharusnya selalu berada dalam garda terdepan, begitu vitalnya peranan pemuda hingga bung karno mengatakan “berikan aku 10 orang pemuda maka akan ku ubah dunia

Dalam pembangunan pertanian peran pemuda tak akan luput darinya. Pembangunan pertanian yang berfungsi tidak hanya meningkatkan produksi pertanian itu sendiri namun juga dengan adanya campur tangan pemuda didalamnya sektor pertanian akan lebih menggigit dan bertaring dalam bersaing di masa global sekarang ini.

Dengan semangat darah muda yang disandangnya seharusnya pemuda mampu membangkitkan gairah pertanian indonesia. Sebagai contoh penyuluhan kepada para peetani akan lebih mengena bila semangat pemuda untuk menjadikan pertanian yang maju dan bermartabat lewat aplikasi ilmunya.

Namun ironisnya anak muda justru tidak sedikit yang merasa malu bila berjibaku dengan dunia pertanian. Anggapan bahwa dunia pertanian merupakan dunia yang jadul, kotor, dan compang-camping sepertinya masih melekat erat dalam benak mereka, jadi pertanian di indonesia ini seolah olah didominasi oleh kaum tua. Dan jika sudah begini kapan pembangunan pertanian di indonesia menjadi maju? Kapan pertanian indonesia mampu bersaing dengan negara lain padahal indonesia merupakan negara agraris.

Ada beberapa metode supaya kaum muda dapat menyisingkan baju dalam usaha pembangunan pertanian, di antaranya :

1. Pemberian pemahaman bahwa sesungguhnya dunia pertanian bukan hanya sekedar cangkul, sabit, sawah dan ladang namun berjuta masalah didalamnya yang harus diselesaikan dan menarik untuk dikaji
2. Pengadaan Program yang menarik dalam bidang pertanian untuk terutama dalam proses pebelajaran, sehingga tidak membosankan.
3. Motifasi kepada pemuda untuk mencurahkan segala yang ia punya untuk menjadikan bangsa indonesia disegani lewat pembangunan pertanian, serta pemecahan masalah yang melanda petani indonesia.
Meski itu bukan satu-satunya cara namun dengan begitu paling tidak pemuda akan mampu melaksanakan tugasnya sebagai pemuda dalam membangun bangsanya lewat dunia pertanian.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE