syi'ar pengetahuan

Just another Blog UMY site

gonorrhea

Posted by Suhendar 5 Comments

gonorrhea disebut juga penyakit kencing nanah atau penyakit kotor. gonorrhea adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhea.

Penyakit ini timbul akibat infeksi yang terjadi pada alat reproduksi laki-laki atau perempuan. Yaitu keluarnya cairan seperti nanah dari lubang saluran kencing pada laki-laki atau perempuan, sedangkan perempuan yang mengalami infeksi ini terjadi pada kemaluannya dengan mengeluarkan cairan lengket yang menyerupai nanah.

Gonorrhea merupakan penyakit seksual, yang menyerang melalui hubungan seksual. Gonorrhea termasuk penyakit yang menular. Si penderita akan terinfeksi penyakit gonorhea apabila dia melakukan hubungan seksual dengan orang yang menderita atau terinfeksi penyakit gonorrhea. Penyakit ini juga menyerang pasangan muda-mudi yang hobi mengumbar hawa nafsunya.

Tanda-tanda penyakit menuular ini akan menyerang bagian depan saluran kencing laki-laki kemudian melebar kekelenjar-kelenjar prostate, kadang sampai ke kandung kemih buah jakar. Penderita akan merasakan panas ketika kencing dan frekuensi kencing pederita akan meningkat. Satu hari atau beberapa hari setelah itu akan keluar cairan dari saluran kencing. Cairan ini berwarna putih kekuning-kuningan, akan terus bertambah banyak karena tubuh tidak dapat menahannya.

Sedangkan pada perempuan dimulai dari saluran air, leherĀ  rahim dan kelenjar-kelenjar parsulin. Penderita penyakit gonorrhea akan merasakan sakit atau perih pada bagian alat reproduksinnya dan frekuensi kencingnya semakin bertambah, kemudian keluar cairan bacin menyerupai nanah dari kemaluannya. Penyaakit ini bisa meluas sampai ke perut rahim dan kedua saluran telur (tuba fallopi). Ketika bagian tersebut terserang suhu tubuh akan meningkat, perut bawah penderita akan terasa sakit disertai lemahnya ketahanan tubuh. Menurut tim dokter internasional dalam buku ensiklopedia kedokteran modern, bahwa bagian anus laki-laki dan perempuan juga bisa terkena penyakit gonorrhea.

Pengobatan gonorrhea

Pengobatan gonorrhea tanpa komplikasi, cukup dengan sekali suntikan ceftriakson 125mg. Tetapi saat ini sudah banyak strain kuman gonorrhea yang kebal terhadap beberapa jenis antibiotika. Beberapa antibiotika alternatif yang dapat digunakan untuk pengobatan adalah Cefixime 400mg, Ciprofloxacin 500mg, Ofloxacin 400mg, dan Levofloxacin 250mg diberikan kepada si penderita dengan dosis tertentu setiap hari. Dan pengobatan gonorrhea sebaiknya dalam pengawasan dokter agar pengobatan berlangsung dengan tepat untuk mencegah terjadinya resistensi kuman.

Categories: kesehatan

PROFIL AKU

Suhendar


Popular Posts

Pengangguran dan Pro

Kehilangan pekerjaan dapat menjadi kejadian ekonomi yang paling mengerikan dalam ...

Cara Mengatasi Anak

Mendidik anak untuk bisa pintar mungkin bisa dilakukan oleh siapa ...

khasiat pegagan

faktor usia dapat berpengaruh terhadap daya ingat manusia. selain faktor ...

aqidah-akhlaq

Tawadhu' Sikap merendah tanpa menghinakan diri- merupakan sifat yang sangat terpuji ...

pengaruh tayangan te

Televisi (TV) merupakan media elektronik yang digemari oleh semua kalangan, ...