syi'ar pengetahuan

Just another Blog UMY site

Televisi (TV) merupakan media elektronik yang digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa sampai lanjut usia. Kebanyakan orang menonton televisi disaat-saat santai, seperti ketika kumpul dengan keluarga ketika malam hari atau lain sebagaianya. Media elektronik ini dirancang sedemikian rupa agar bisa memberikan kepuasan dan manfaat bagi penggunanya. Dengan televisi kita bisa mendapatkan hiburan, informasi, pengetahuan, dan lain sebagainya.

Disisi lain  manfaat yang dapat kita peroleh dari media elektronik (televisi) tersebut, televisi juga memberikan dampak negative terhadap kesehatan kita. Kini perusahaan-perusahaan skala internasional yang memproduksi televisi genjar melakukan riset-riset untuk menciptakan produk-produk yang lebih canggih. Teknologi yang digunakan pun jauh lebih modern dari sebelumnya. Penemuan televisi layar datar atau LCD ternyata sedikit memberikan kontribusi terhadap kesehatan. Televisi layar LCD jauh lebih aman dari pada telivisi layar tabung. Karena radiasi yang dipancarkan dari televisi layar LCD jauh lebih rendah dari pada televisi layar tabung.

Inovasi-inovasi isi berkembang seiringnya waktu, mungkin disuatu saat nanti bentuk atau pun layar televisi itu bentuknya akan lebih tipis atau mungkin layar televisi dimasa depan hanya berbentuk cahaya seperti simulasi-simulasi yang diperagakan dalam film-film manca negara.

Menurut buku yang ditulis oleh Muhammad Kamil Abdush Shamad yang berjudul “sebaiknya anda tahui!”. Menjelaskan bahwa dalam sebuah hitungan statistic didapat satu hal yang menakjubkan, bahwanya zat minyak dan lemak didalam tubuh kita akan semakin bertambah ketika kita sering menyaksikan atau menonton televisi berwarna. Ternyata dalam perhitungan tersebut ketika kita menyaksikan tanyangan berwarna, mata kita menjadi tertarik dengan warna-warna makanan yang ada disekitar kita. Secara logis, mungkin kalimat tersebut dapat diartikan semakin sering kita menonton televisi berwarna, maka semakin banyak pula nafsu kita untuk menghabiskan atau mengkonsumsi makanan ringan yang ada disekitar kita.

Kita ketahui secara umum tentang dampak menonton televisi terhadap kesehatan kita itu kebanyakan berdampak kepada kesehatan mata, namun dampak-dampak lainnya yang terkait dengan menonton televisi belum saya temukan. Insya Allah saya akan terus melakukan riset-riset tentang dampak lain dari menonton televisi tersebut, agar pertanyaan tentang hal itu terjawab terjawab.

Categories: kesehatan

PROFIL AKU

Suhendar


Popular Posts

Pengangguran dan Pro

Kehilangan pekerjaan dapat menjadi kejadian ekonomi yang paling mengerikan dalam ...

Cara Mengatasi Anak

Mendidik anak untuk bisa pintar mungkin bisa dilakukan oleh siapa ...

khasiat pegagan

faktor usia dapat berpengaruh terhadap daya ingat manusia. selain faktor ...

aqidah-akhlaq

Tawadhu' Sikap merendah tanpa menghinakan diri- merupakan sifat yang sangat terpuji ...

pengaruh tayangan te

Televisi (TV) merupakan media elektronik yang digemari oleh semua kalangan, ...