syi'ar pengetahuan

Just another Blog UMY site

khasiat buah tomat

Posted by Suhendar 5 Comments

Buah tomat merupakan salah satu jenis sayur-sayuran yang sering kita konsumsi. Kebanyakan ibu rumah tangga sering menggunakan buah tomat untuk memasak sayur dan sebagai bahan tambahan dalam membuat sambal. Sering kali kita tidak sadar ternyata buah tomat itu mengandung banyak kahasiat dan manfaat. Salah satunya adalah sebagai pelancar aliran darah dalam tubuh kita. Selain itu buah tomat juga dapat mencegah pembekuan darah secara alami tanpa efek samping yang berbahaya bagi tubuh kita.

Buah tomat dapat berkhasiat sebagai  pelancar sirkulasi peredaran darah dengan cara memakan biji buah tomat segar. Gel yang terkandung didalamnya maupun disekitar biji buah tomat mengandung zast-zat alami yang dapat memperlancar sirkulasi darah dan menncegah pembekuan darah dalam tubuh kita. Selain itu kita juga dapat memakan buah tomat segar secara langsung, dibuat jus atau dengan cara lainnya sesuai selera dan jangan sampai membuang biji buah tomatnya. Gel dalam biji buah tomat dapat berinteraksi kurang lebih tiga jam setelah dimakan dan akan berkhasiat kurang lebih untuk jangka waktu kurang lebih 18 jam.

Adapun khasiat lainnya yang terkandung dalam buah tomat, antara lain.

1. Kesehatan mata

Buah tomat memiliki kadar vitamin A yang cukup tinggi yang sangat menguntungkan bagi kesehatan kita. untuk kesehatan mata buah tomat dapat dimakan secara langsung atau dibuat olahan lainnya sesuai selera. Dan jika buah tomat dikonsumsi secara rutin, maka penglihatan kita akan terjaga dan tidak mudah rabun sampai tua.

2. Mencegah radikal bebas dan kanker

Buah tomat mengandung zat likopen yang sangat tinggi. Zat likopen ini bermanfaat untuk menghilangkan radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Misalnya melalui asap rokot yang berbahaya dan polusi udara. Selain itu buah tomat juga berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menghambat kerusakan sel-sel jaringan tubuh. Sehingga resiko terkena penyakit  kanker akan dapat diminimalisir.

3. Meningkatkan sistem imun

Vitamin C yang terkandung dalam buah tomat cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jika kita mengkonsumsi buah tomat secara rutin maka kita tidak akan mudah terkena penyakit.

4. Untuk kecantikan

Banyak sekali buah-buahan yang digunakan untuk kecantikan. Salah satunya adalah buah tomat. Buah tomat tomat sering kali digunakan untuk meremajakan kulit wajah. Untuk kecantikan wajah buah tomat bisa di jadikan sebagai masker wajah. Dengan  cara menghancurkan atau menumbuk buah tomat yang sudah matang kemudian dioleskan secara merata pada permukaan kulit wajah.

Categories: kesehatan

PROFIL AKU

Suhendar


Popular Posts

Pengangguran dan Pro

Kehilangan pekerjaan dapat menjadi kejadian ekonomi yang paling mengerikan dalam ...

Cara Mengatasi Anak

Mendidik anak untuk bisa pintar mungkin bisa dilakukan oleh siapa ...

khasiat pegagan

faktor usia dapat berpengaruh terhadap daya ingat manusia. selain faktor ...

aqidah-akhlaq

Tawadhu' Sikap merendah tanpa menghinakan diri- merupakan sifat yang sangat terpuji ...

pengaruh tayangan te

Televisi (TV) merupakan media elektronik yang digemari oleh semua kalangan, ...