Healthy Care

Kesehatan Adalah Aset Paling Berharga Dalam Hidup Kita

Awasi Kekurangan Vitamin D

Posted by Suhendar Komentar Dinonaktifkan pada Awasi Kekurangan Vitamin D

Vitamin D atau yang dikenal dengan nama kalsiferol merupakan vitamin satu-satunya yang di produksi dalam tubuh manusia. Vitamin yang termasuk larutan dalam lemak ini mempunyai peran aktif dalam pembentukan tulang dan gigi bersama kalsium.

Vitamin D memiliki peran penting bagi kesehatan tulanf, vitamin yang banyak ditemukan di dalam minyak ikan COD ini berperan dalam pnyerapan kalsium di lambung dan saluran pencernaan. Tanpa memiliki vitamin D tubuh kita akan memiliki tulang yang lemah karena tidak mampu menyerap kalsium. Karena vitamin D merupakan vitamin yang di produksi dalam tubuh, tidak perlu vitamin khusus untuk mendapatkan kasiferol ini asalkan tubuh kita nendapatkam cukup paparan sinar matahari.

Dalam pembentukan tulang, tidak hanya vitamin D yang menjadi penyokong besar. Vitamin D juga memiliki fungsi khusus yaitu untuk membantu pengerasan tulang dengan cara mengatur kalsium dan fosfor pada tubuh yang kemudian diendepkan pada proses pengendapan tulang. Proses pengerasan tulang ini terjadi pada tulang kalsitirol dan hormon paratiroid yang merangsang pelepas kalsium dari permukaan tulang hingga masuk ke dalam darah.

Vitamin D secara alami dapat diperoleh dari berbagai makanan, salah satu sumber terbaik dari vitamin D adalah susu. Susu diperkaya dengan nutrisi penting, selain bergizi untuk anak, susu juga menyediakan manfaat anti penuaan. Selain susu, kuning telur adalah sumber makanan yang kaya akan vitamin D. Selain itu makanan lain yang memiliki sumber vitamin D diantranya, ikan tuna, udang, mentega, biji bunga matahari dan minyak ikan.

Apabila dalam tubuh kekurangan vitamin D beberapa gejala yang sering ditimbulkan antara lain otot dan tulang lemah, serta terjadi osteomalacia, juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Untuk penyakit dalam sistem syaraf yang sering terjadi seperti multiple sceorsis, alzheimer, dan parkinson.

Selain untuk tulang vitamin D juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Terlebih untuk vitamin D2 dan D3 yang dapat mencegah gangguan kulit seperti psoriasis. Vitamin D juga dapat memperbaiki kerusakan kulit, mencegah infeksi luka dalam kulit juga meremajakan kulit. Vitamin D sendiri sering digunakan dalam produk kecantikan.

Adapun manfaat lain dari vitamin D selain untuk tulang dan kecantikan, ternyata dapat bermanfaat untuk penyakit kanker seperti kanker kolon dan kanker prostat. Menurut penelitian, mengkonsumsi vitamin D dapat menghambat mutasi sel menjadi kanker. Semakin tinggi dan banyak kadar vitamin D dalam darah, yaitu sekitar 25-hidroksi, maka semakin rendah kemungkinan terjangkit kanker kolon.

Vitamin D memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Terkadang masyarakat awam hanya mngetahui manfaat vitamin D’ hanya untuk pertumbuhan tulang saja, namun dibalik itu banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari vitamin D.

Categories: kesehatan

PROFIL AKU

Suhendar


Popular Posts

Deteksi Kista Melalu

Kista merupakan suatu tumor jinak yang dapat menyerang sistem reproduksi ...

Sarapan Pagi = Sarap

Dengan adanya pola makan gizi seimbang, diharapkan dapat mencegah timbulnya ...

Bayi Prematur (Lemah

WHO menyatakan, setiap detik, didunia lahir bayi dengan berat badan ...

Kutu Busuk

Kutu busuk, spesies yang paling dikenal adalah Cimex lectularius, pada ...

Kebutuhan Dasar Bayi

Tidak semua kelahiran prematur dapat dicegah, namun dapat dihindari dengan ...