Healthy Care

Kesehatan Adalah Aset Paling Berharga Dalam Hidup Kita

Dengan adanya pola makan gizi seimbang, diharapkan dapat mencegah timbulnya masalah gizi, terutama masalah kekurangan gizi. Sebab dampaknya bukan hanya hanya gangguan kesehatan atau kondisi tubuh menurun, tapi juga terganggunya perkembangan mental anak. Apalagi anak usia pra sekolah dan usia anak-anak sekolah. Mereka rentan sekali terkena kekurangan gizi. Hal ini terjadi karena kurangnya asupan energi dan protein yang sharusnya diperoleh melalui makanan bergizi seimbang. Anak-anak usia pra sekolah dan usia sekolah memang masih mengalami kurang gizi. Ini dikarenakan kebutuhan gizinya masih belum seimbang. Selama ini anak lebih banyak. Mengkonsumsi karbohidrat, tapi kurang asupan energi lain dan protein.

Berdasarkan panduan umum gizi seimbang (PUGS), kebutuhan energi bayi dan balita menurun 100 hingga 120 kkal perkilogram berat badan. Sementara angka kecukupan gizi anak usia tujuh sampai sembilan tahun membutuhkan energi sebesar 1.600 hingga 1.800 kkal dan kebutuhan protein sebesar 45 gram.

Bukan hanya rentan kekurangan gizi, anak-anak usia sekolah juga begitu mudah terkena anemia defisiensi zat besi. Padahal zat besi sangat dibutuhkan karena berpengaruh sekali terhadap pertumbuhan fisik dan fungsi kongnitif seperti konsentrasi, berfikir, serta daya ingat. Penyebab utamanya karena kurang asupan Fe atau zat besi dari makanan. Otomatis, pembentukan Hb kurang, sehingga mengakibatkan produksi darah tidak mencapai maksimal.

Memang salah satu peran zat besi adalah membentuk Hb. Jika Hb kurang, maka pengangkutan oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh pun akan berkurang. Akibatnya konsentrasi belajar menurun, jantung berdebar, perut sering kembung, mual dan susah BAB, kelopak mata, bibir dan telapak tangan pucat.

Oleh karena itu, pemberian menu gizi seimbang, kebiasaan makan bervariasi, serta membiakan anak sebelum berangkat sekolah untuk sarapan, terkadang hal ini dianggap sepele oleh para ibu dan si anak. Menjadi upaya mengintervensi anemia defisiensi zat besi pada anak. Sarapan penting sekali bagi perkembangan tubuh dan otak anak. Pemberian sarapan pun harus padat gizi, bukan sekedar pengganjal perut saja.

Categories: kesehatan

PROFIL AKU

Suhendar


Popular Posts

Deteksi Kista Melalu

Kista merupakan suatu tumor jinak yang dapat menyerang sistem reproduksi ...

Sarapan Pagi = Sarap

Dengan adanya pola makan gizi seimbang, diharapkan dapat mencegah timbulnya ...

Bayi Prematur (Lemah

WHO menyatakan, setiap detik, didunia lahir bayi dengan berat badan ...

Kutu Busuk

Kutu busuk, spesies yang paling dikenal adalah Cimex lectularius, pada ...

Kebutuhan Dasar Bayi

Tidak semua kelahiran prematur dapat dicegah, namun dapat dihindari dengan ...