Healthy Care

Kesehatan Adalah Aset Paling Berharga Dalam Hidup Kita

Inkontinensia Urin

Posted by Suhendar Komentar Dinonaktifkan pada Inkontinensia Urin

photo: google image

Gejala inkontinensia urin di tandai dengan tergesa-gesa untuk berkemih, tidak dapat menahan kencing hingga membuat penderitanya mengompol, sering kencing (lebih dari delapan kali sehari), dan kencing malam hari lebih dari satu kali. Atau bahkan tidak berkemih sama sekali. Memang penyebabnya kebanyakan karena melemahnya otot-otot dasar panggul yang membuat organ-organ di dalamnya seperti kandung kemih, rahim, dan rektum turun dari posisi seharusnya. Dan memperkuat otot dasar panggul merupakan salah satu cara untuk menangani inkontinensia urin. Saya menyarankan lakukan senam kegel, karena senam ini melatih otot panggul, yaitu otot untuk menahan kemih.

Senam ini dapat dilakukan dengan cara, penderita menahan ototnya seperti orang mau buang kentut selama enam detik, ditahan, lalu dilepaskan dengan rileks. Begitu dilakukan berulang-ulang. Untuk hasil maksimal, lakukan latihan tiga kali sehari dengan frekuensi 10 sampai 15 kali tiap sesinya. Senam kegel ini bisa dilakukan para pria. Maklum, inkontinensia urin juga banyak terjadi pada pria usia lanjut. Bukan hanya melakukan senam kegel. Penderita inkontinensia urin juga harus menjauhi makanan dan minuman yang bersifat diuretik seperti kafein serta mengatur asupan dengan diet tinggi serat. Caranya, mengkonsumsi 20 sampai 35 gram/hari atau rata-rata 28 gram/hari.

Perbanyak makanan serat biji-bijian, karena mengikat lebih banyak air dari pada buah dan sayuran. Untuk mendapatkan serat lebih tinggi, sebaiknya sayuran direbus terlebih dahulu. Jangan lupa diimbangi air putih dan makanan minimal tiga sayuran dan dua porsi buah sehari. Teknik perubahan perilaku juga bisa diterapkan pada penderita inkontinensia urin, misalnya membiasakan diri untuk berkemih setiap dua sampai tiga jam untuk menjaga agar kandung kemih relatif kosong.

Categories: kesehatan

PROFIL AKU

Suhendar


Popular Posts

Deteksi Kista Melalu

Kista merupakan suatu tumor jinak yang dapat menyerang sistem reproduksi ...

Sarapan Pagi = Sarap

Dengan adanya pola makan gizi seimbang, diharapkan dapat mencegah timbulnya ...

Bayi Prematur (Lemah

WHO menyatakan, setiap detik, didunia lahir bayi dengan berat badan ...

Kutu Busuk

Kutu busuk, spesies yang paling dikenal adalah Cimex lectularius, pada ...

Kebutuhan Dasar Bayi

Tidak semua kelahiran prematur dapat dicegah, namun dapat dihindari dengan ...