Healthy Care

Kesehatan Adalah Aset Paling Berharga Dalam Hidup Kita

Ingin Langsing? Lakukan Demi Sehat, Bukan Ingin Cantik

Posted by Suhendar Komentar Dinonaktifkan pada Ingin Langsing? Lakukan Demi Sehat, Bukan Ingin Cantik

indexkSelama menjalani proses penurunan berat badan, kurangi pemakaian garam dan gula saat memasak. Setiap perempuan pasti ingin memiliki tubuh yang indah. Yang membedakannya adalah bagaimana mendefinisikan indah tersebut. Banyak orang mendefiniskan indah itu adalah langsing sehingga mereka berupaya keras membuat badannya seramping mungkin dengan segala cara. Ada pula yang menganggap indah adalah ideal. Jadi, tidak harus tubuh kita sampai kurus tapi proporsional. Tak sedikit orang yang memiliki tubuh indah itu besar. Yang penting sehat.
Namun, yang menjadi patokan tubuh indah secara umum adalah yang langsing. Tak aneh jika para wanita banyak membeli produk-produk penurun berat badan, mulai dari variasi diet hingga sedot lemak. Tak jarang upaya penurunan berat badan sampai membawa dampak buruk bagi kesehatan, seperti kurang gizi sampai anoreksia (kelainan psikis yang diderita seseorang berupa kekurangan nafsu makan meski sebenarnya lapar dan berselera terhadap makanan).
Perlu memperhatikan cara yang tepat untuk mencapai tubuh langsing. Tubuh manusia mengandung otot dan lemak. Tidak sedikit wanita langsing yang komposisi tubuhnya tidak seimbang, terlalu banyak lemak. Ini biasanya terjadi pada mereka yang banyak makan makanan yang digoreng dan tidak pernah berolahraga.
Penurunan berat badan akan terjadi jika kalori yang masuk kedalam tubuh melalui makanan lebih sedikit daripada kalori yang dikeluarkan melalui aktivitas sehari-hari. Agar kalori yang masuk lebih sedikit, asupan makanan harus dibatasi, yaitu dengan diet rendah kalori setiap hari 800-1200 kalori saja. Jenis makanan selama diet harus diperhatikan, dan komposisinya harus seimbang.
Agar kalori yang dikeluarkan lebih besar lakukan olahraga teratur minimal 30 menit setiap hari. Olahraga yang paling efektif untuk pembakaran lemak adalah yang sifatnya aerobik, seperti joging, berenang, atau treadmill. Perlu juga diselingi dengan latihan beban untuk menjaga massa otot selama diet. Selain itu, perlu istirahat yang cukup dan berkualitas karena kurang tidur dapat menganggu keseimbangan hormon tubuh yang akhirnya meningkatkan nafsu makan. Sementara itu, jika ingin langsing lakukan bukan demi cantik tapi untuk menjadi sehat. Dalam upaya menurunkan berat badan pengaturan pola makan yang berimbang dan olahraga yang teratur jangan sampai diabaikan.
Selama menjalani upaya penurunan berat badan, makanlah berbagai jenis makanan agar kebutuhan asupan gizi yang diperlukan dapat terpenuhi. Pilihlah makanan yang tidak berkolesterol dan rendah lemak. Selama penurunan berat badan perbanyak makan sayur dan buah yang mengandung serat. Bila memasak makanan, sebaiknya kurangi pemakaian garam dan gula. Jangan lupa juga untuk meningkatkan aktivitas harian, berkonsultasi dengan ahli kesehatan yang berkompeten karena setiap individu memiliki kebutuhan nutrisi berbeda.
Gaya hidup sehat seharusnya dilakukan tidak hanya ketika ingin menurunkan berat badan saja tapi juga harus menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Jangan lupa konsumsi air sebanyak dua liter per hari selama proses penurunan berat badan karena air sangat diperlukan tubuh untuk mencegah dehidrasi.

Jangan keliru

Menjadi langsing tidak hanya menunjang penampilan dan kepercayaan diri tapi juga mendapatkan berat badan ideal. Dengan berat badan ideal kita dapat menjaga agar tidak mengalami diabetes, jantung, stroke, hipertensi, dan kanker. Dengan memiliki tubuh langsing, nutrisi dalam tubuh akan dapat dimanfaatkan dengan optimal. Aktivitas hormonal dan metabolisme tubuh juga akan berjalan dengan lancar.
Dengan berat badan ideal yang terjaga orang akan lebih sehat dan seluruh organ tubuh dapat melaksanakan fungsi secara baik. Tentu saja penampilan yang baik dan terjaga dapat menjadi bonus tersendiri karena orang dengan berat badan yang baik akan terlihat menarik. Bila berat badan tidak terjaga dengan baik, tubuh akan terlihat gemuk dan lemak terlihat di banyak bagian tubuh. Selain dapat menurunkan kepercayaan, resiko penyakit-penyakit yang akan datang di kemudian hari juga berbahaya bagi kesehatan.
Tubuh dengan berat badan yang ideal, pasti lebih sehat dibandingkan dengan orang yang mengalami obesitas. Namun, jika terlanjur berat badan berlebih dan menganggu sebaiknya penurunan tidak dilakukan secara drastis dan dahului dengan konsultasi dokter. Upaya langsing demi mendapatkan kesehatan yang baik harus diperhatikan secara khusus. Jangan sampai melakukannya dengan cara keliru seperti menyuntikkan amfetamin, tidak makan, atau olahraga berlebihan.

Categories: kesehatan

PROFIL AKU

Suhendar


Popular Posts

Deteksi Kista Melalu

Kista merupakan suatu tumor jinak yang dapat menyerang sistem reproduksi ...

Sarapan Pagi = Sarap

Dengan adanya pola makan gizi seimbang, diharapkan dapat mencegah timbulnya ...

Bayi Prematur (Lemah

WHO menyatakan, setiap detik, didunia lahir bayi dengan berat badan ...

Kutu Busuk

Kutu busuk, spesies yang paling dikenal adalah Cimex lectularius, pada ...

Kebutuhan Dasar Bayi

Tidak semua kelahiran prematur dapat dicegah, namun dapat dihindari dengan ...