Healthy Care

Kesehatan Adalah Aset Paling Berharga Dalam Hidup Kita

image

Gaya hidup akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan seseorang, tak terkecuali masalah pada kulit. Ada beragam masalah kulit yang dapat di derita oleh seseorang, tetapi yang paling sering dijumpai adalah kulit kering.
Ada beberapa hal yang menyebabkan kulit seseorang menjadi kering, yakni pertama faktor keturunan atau genetik. Apabila orangtua atau anggota keluarga yang lain memiliki kulit kering, besar kemungkinan keturunannya juga memiliki kulit kering. Kulit kering ini terjadi karena ketidakmampuan tubuh memproduksi pelembab alami kuliit dalam jumlah yang cukup.

Pelembab alami kulit disebut sebum, atau zat berminyak yang diproduksi oleh kelenjar sabasea. Jadi kulitnya lebih sensitif dan lebih mudah kering.
Selain genetik, juga ada penyebab lainnya yang memicu kulit kering, yaitu faktor lingkungan seperti ruangan dengan Air Conditioner (AC).

Selanjutnya, pada saat mandi juga ada beberapa hal yang dapat memicu kulit kering, seperti air panas, sabun yang tidak sesuai dengan jenis kulit, cara menggosok kulit yang berlebihan setelah mandi, dan lain sebagainya.
Kulit yang kering akan memicu rasa gatal, sehingga berpotensi mengganggu aktivitas dan membuat rasa tidak nyaman. Tak hanya gatal, kulit kering pun lebih mudah mengalami peradangan atau inflamasi.

Pada kondisi kulit kering, struktur kulit yang tidak utuh membuat kuman atau alergen dapat dengan musah masuk dan menimbulkan peradangan. Jika sudah meradang, bisa muncul masalah lainnya yang lebih serius.

Untuk yg secara genetik memiliki kulit kering, sebaiknya lebih selektif dalam memilih sabun mandi. Usahakan tidak menggunakan sabun yang mengandung deterjen. Pilihlah sabun yang tinggi kandungan mousterizer- nya, dan memiliki PH dan tingkat keasaman yang tidak terlalu tinggi. Jaga pula pola makan yang sehat agar kulit semakin sehat.

Secara umum kulit kering dapat diatasi dengan cara menggunakan pelembab. Untuk mengontrol kulit kering, gunakan pelembab setelah mandi. Setelah mandi merupakan waktu terbaik untuk mengoleskan pelembab. Air membuat kulit menjadi lembab setelah mandi, sehingga saat diolesi pelembab kulit lebih mudah menyerapnya.

Ulangi penggunaan pelembab sesuai kebutuhan. Jangan lupa gunakan pelembab yang dibuat dengan bahan-bahan alami serta tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya. Selanjutnya, jangan lupa mengonsumsi makanan bernutrisi. Tanpa disadari, makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi, akan membantu menyegarkan kulit dengan baik.
Ada beberapa zat makanan yang baik untuk kesehatan kulit dan mudah dicerna tubuh yaitu makanan laut, gandum, kacang-kacangan yang mengandung vitamin A, vitamin E, dan asam lemak Omega-3. Zat-zat ini akan melindungi kulit dengan membentuk membran seperti cairan pada kulit. Kekurangan nutrisi akan membuat kulit jadi kering. Selain itu untuk mendukung agar tunuh tetap sehat dan cantik harus senantiasa mengkonsumsi air dalam jumlah cukup, memperbanyak konsumsi buah dan sayuran, olahraga, menghindari asap rokok, mengendalikan stres, serta beristirahat yang cukup.

Suhendar Ramadhan Affandy

Categories: kedokteran, kesehatan

PROFIL AKU

Suhendar


Popular Posts

Deteksi Kista Melalu

Kista merupakan suatu tumor jinak yang dapat menyerang sistem reproduksi ...

Sarapan Pagi = Sarap

Dengan adanya pola makan gizi seimbang, diharapkan dapat mencegah timbulnya ...

Bayi Prematur (Lemah

WHO menyatakan, setiap detik, didunia lahir bayi dengan berat badan ...

Kutu Busuk

Kutu busuk, spesies yang paling dikenal adalah Cimex lectularius, pada ...

Kebutuhan Dasar Bayi

Tidak semua kelahiran prematur dapat dicegah, namun dapat dihindari dengan ...