Blognya Mahasiswa UMY

Selamat datang di blog mahasiswa UMY

Hidroponik menjadi salah satu cara menanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Cara bertanam ini semakin disukai oleh banyak orang karena bahan yang digunakan tergolong barang bekas dan menggunakan sudut pekarangan rumah anda. Selain itu, anda bisa mengasah kreatifitas anda dalam bercocok tanam. Ada bisa menggunakan dan memilih media tanam apa yang paling efektif yang membuat hasil panen anda lebih cepat dalam pertumbuhannya.

Namun ada beberapa hal yang anda harus lakukan dalam menanam hidroponik. Yang pertama kali anda harus perhatikan adalah ketepatan dalam memberikan nutrisi, intensitas cahaya dan suhu udara di sekitar tanaman hidroponik.

hidroponik

Cara menanam hidroponik yang pertama yaitu dengan cara menggunakan teknik NFT (Nutrient Film Technique). Konsep dasar dari teknik ini adalah akar tanaman akan tumbuh pada bagian lapisan nutrisi yang tidak dalam, sehingga tanaman tetap mendapat nutrisi, oksigen dan air yang memadai. Anda perlu menyiapkan tangki sebagai penampungnya, pipa dan pompa. Cara merangkai tempat menanam hidroponik ini bisa anda sesuai dengan kondisi pekarangan anda. Bisa dalam bentuk vertikal maupun horizontal. Caranya hanya merangkai beberapa pipa dengan bak penampungannya diletakkan di bagian bawah. Untuk membuat aliran air mengalir, pasang pompa bertenaga cukup untuk mengalirkan air nutrisi sehingga aliran airnya lebih maksimal.

Cara menanam hidroponik yang kedua adalah dengan cara menggunakan teknik Wick. Teknik ini sangat disukai oleh para penggemar tanaman hidroponik karena sangat mudah di buat. Bahan yang diperlukan pun sangat mudah ditemukan. Bahan yang diperlukan adalah botol mineral bekas berukuran besar, cutter, paku, sumbu kompor atau kain flanel. Caranya cukup potong botol menjadi dua bagian, dan beri lubang di bagian tutup botol. Gabungkan kedua botol, dan pasang sumbu hingga bisa menyerap nutrisi dengan baik di bagian bawah botol. Isi bagian bawah dengan air nutrisi.

Itulah cara menanam hidroponik dan media tanam hidroponik yang bisa digunakan oleh anda yang baru belajar. Silahkan mencoba salah satu terlebih dahulu, jika gagal atau sudah berhasil, bisa mencoba teknik lainnya. Selamat mencoba.

Categories: Review

PROFIL AKU

Profile photo of 20120410262

20120410262


Popular Posts

Minuman Berenergi Am

Ketika berbicara tentang minuman berenergi, pasti perhatian kita tidak terlepas ...

Tips Sukses Dalam Me

Hal ini hanya sangat baik untuk tinggal di dalam kenyamanan ...

Cara Menanam dan Mer

Hidup kita tersentuh oleh mawar yang indah plus mereka bunga ...

Cara Menanam Hidropo

Hidroponik menjadi salah satu cara menanam tanpa menggunakan tanah sebagai ...

Cara Merawat Rambut

Selamat malam hai mahasiswa UMY semua, maaf baru kali ini ...