sulis.irjayanto

Just another Blog UMY site

APPLIKASI TRANSISTOR

Posted by sulis irjayanto 0 Comment

Transistor adalah alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya. Transistor dapat berfungsi semacam kran listrik, dimana berdasarkan arus inputnya (BJT) atau tegangan inputnya (FET), memungkinkan pengaliran listrik yang sangat akurat dari sirkuit sumber listriknya. Pada umumnya, transistor memiliki 3 terminal, yaitu Basis (B), Emitor (E) dan Kolektot (C). Tegangan yang di satu terminalnya misalnya Emitor dapat dipakai untuk mengatur arus dan tegangan yang akan dikuatkan melalui kolektor.Selain digunakan untuk penguat transistor bisa juga digunakan sebagai saklar. Caranya dengan memberikan arus yang cukup besar pada basis transistor hingga mencapai titik jenuh. Pada kondisi seperti ini kolektor dan emitor bagai kawat yang terhubung atau saklar tertutup, dan sebaliknya jika arus basis teramat kecil maka kolektor dan emitor bagai saklar terbuka. Dengan sifat pensaklaran seperti ini transistor bisa digunakan sebagai gerbang atau yang sering kita dengar dengan sebutan TTL yaitu Transistor Transistor Logic.

 

Gambar bentuk fisik transistor

Note :

Prinsip Transistor sebagai Penguat (amplifier): artinya transistor bekerja pada wilayah antara titik jenuh dan kondisi terbuka (cut off), tetapi tidak pada kondisi keduanya.

Prinsip Transistor sebagai penghubung (saklar) : transistor akan mengalami Cutoff apabila arus yang melalaui basis sangat kecil sekali sehinga kolektor dan emitor akan seperti kawat yang terbuka, dan Transistor akan mengalami jenuh apabila arus yang melalui basis terlalu besar sehingga antara kolektor dan emitor bagaikan kawat terhubung dengan begitu tegangan antara kolektor dan emitor Vce adalah 0 Volt dari cara kerja diataslah kenapa transistor dapat difungsikan sebagai saklar.

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

sulis irjayanto


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Tugas Elektronika BA

    BAB I ARUS DAN TEGANGAN LISTRIK Arus listrik adalah aliran elektron pada ...

Tugas Elektronika BA

BAB II RANGKAIAN ARUS SEARAH   Arus Searah (DC) Pada rangkaian DC hanya melibatkan ...

Tugas Elektronika BA

BAB III ALAT-ALAT UKUR LISTRIK   PenggunaanMeterDasar Pemakaian terpenting adalah sebagai alat ukur arus ...

Tugas Elektronika BA

BAB IV KAPASITOR, INDUKTOR DAN RANGKAIAN AC Bentukgelombangisyarat (signal) Isyarat adalah merupakan informasi ...