Sulit Tidur, Aduhhhh Gimana Neeh!

Just another Blog UMY site

“Merasa sulit banget tidur secara teratur, terutama tidur malam. Ini nih masalah banyak anak kos, termasuk kite-kite anak UMY. Aku mau ceritain pengalaman aku yang cukup ampuh dan udah terbukti”.

Tidur merupakan aktivitas fisiologis yang dibutuhi banget oleh makhluk hidup termasuk manusia, manfaatnya banyak banget terutama untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas seharian penuh dan meregenerasi sel yang telah rusak menjadi sel baru, itu sebabnya kalo kagak tidur atau kurang tidur kadang wajah kelihatan murem, nah itu dia berarti semalem sel baru yang terbentuk kurang, jadi kelihatan agak tua dikit, hehehehehe.

Solusi 1st; Kalo masalahnya sulit tidur malem aku ada solusi instan, misalnya nih udah jam 11 udah coba nutup mata di tempat tidur, kok gak bisa-bisa, cara instannya cobalah push up sebayak 30 – 50 kali, gak harus langsung 30 atau 50, kalo capek istirahat bentar terus lanjutin, sampek target tercapai. Nah kalo sudah Insha Allah tubuh-pun merasa capek dan tidur cepat menjelang.

Tahap 2nd alias kedua; Agak kontroversial, tapi diakunya berhasil. Misalnya tidur jam 11 atau 12 malem, 1 hingga 2 jam sebelumnya kagak usah makan-makanan berat. Why? Coz lambung dan usus halus butuh istirahat untuk mencerna dan menyerap nutrisi, jadi malemnya sel-sel lambung dan usus halus bisa istirahat dan melakukan regenerasi. Tapi banyak juga yang ku denger dari temen-temen yang lain sebelum tidur makan banyak, nanti ngantuk deeeh trus ketiduran. Makanya solusi kedua ini perlu riset yang mendalam, tapi kalo aku dan beberapa temen yang lain malahan kalo makan-makanan berat nanti susah deh tidurnya. So, up to u bro!

Nah kedua solusi diatas kan hanya solusi instan, gimana nehhhh untuk jangka panjang, sabar bozzzz:

Langkah 1: Olahraga secara teratur, entah futsal, basket, bulu tangkis, jongging, renang, working out, sepakbola, karate, atao yang laen. Why begitu? Karena olahraga secara teratur akan mengatur metabolisme tubuh menjadi seimbang, kinerja biokimia tubuh kembali ke posisi homeostatis (keseimbangan), atomatis tubuh dalam posisi fit, jadi tidur nyeyak-lah

Langkah 2: Minum madu ….. ehhhhhh makyussss! Madu merupakan senyawa alami yang dihasilkan oleh lebah madu, umumnya lebah pekerja dari nektar bunga yang dikumpulkan dan diolah di perut lebah akhirnya menjadi madu. Banyak banget penelitian yang mengungkapkan manfaat madu terutama untuk kesehatan, anti penuaan dini, mempercepat proses peyembuhan luka dan sebagai suplemen alami, so kalo rajin minum madu aktivitas biokimia tubuh jadi T.O.P sehingga aktivitas harian dan istirahat berjalan seimbang. Tapi beli madu yang murni yooo di toko atau agen terpercaya.

Semoga beberapa tips diatas bermanfaat untuk semua civitas akedemia UMY. Tips itu cuman yang pernah aku coba aja pada diriku sendiri dan alhamdulillah cukup berhasil, so SUASAH TIDUR, gak lah yaawwww!!!

Salam Sehat!!!


Categories: Uncategorized

About Ady Permana

Mencoba belajar segala hal yang baru. Pengen tahu aja. No Cigarette. No Alcohol. No Drugs. Nasi Padang ... Yes! Es Cendol ... Yes! Tempe Mendoan ... Yes! Terus Muter Otak, Always! Rasis, No Way!

PROFIL AKU

Ady Permana

Mencoba belajar segala hal yang baru.
Pengen tahu aja.

No Cigarette.
No Alcohol.
No Drugs.

Nasi Padang ... Yes!
Es Cendol ... Yes!
Tempe Mendoan ... Yes!

Terus Muter Otak, Always!
Rasis, No Way!


Popular Posts

Sulit Tidur, Aduh Gi

"Merasa sulit banget tidur secara teratur, terutama tidur malam. Ini ...