Rumah Sakit

Membuat RUMAH  SAKIT menjadi menyenangkan

Apa yang masyarakat awam tahu tentang Rumah Sakit adalah suatu tempat yang tidak menyenangkan, tempat yang tidak diharapkan untuk dikunjungi, tempat penuh kesedihan, dan tempat dimana banyaknya uang yang harus dihabiskan

Definisi  Rumah Sakit   adalah sebuah institusi perawatan kesehatan  profesional yang pelayanannya disediakan oleh dokter, perawat , dan tenaga ahli kesehatan lainnya.

Untuk itu bagaimana membuat Rumah  Sakit menjadi menyenangkan.

  1. Membuat bangunan RS yang nyaman  seperti Hotel
  2. Menambah fasilitas lain seperti playing ground untuk  anak2
  3. Membuat kantin di RS  yang menyediakan makanan yang rasanya enak
  4. Ruang tunggu yang nyaman untuk pasien rawat jalan
  5. Memberikan Pelayanan Prima oleh setiap karyawan Senyum,  Salam,  Sapa
  6. Sistem Pelayanan keuangan yang professional sehingga pasien tidak merasa dipersulit dan lama untuk menyelesaikan administrasi.

Tidak bisa dipungkiri untuk sekarang ini Rumah Sakit bukan lagi orientasi sosial tetapi juga sudah berorientasi bisnis. Dikarenakan untuk membuat Rumah Sakit mempunyai Fasilitas yang lengkap dan nyaman memerlukan investasi yang besar juga karyawan yang harus mendapatkan haknya. Investasi alat medis yang mahal. Tetapi tetap orientasi sosial juga harus ada untuk bakti sosial /CSR sehingga membuat lingkungan sekitar RS merasa ada bina lingkungan. Kenapa bina lingkungan penting karena efek dari keberadaan dari Rumah sakit ke lingkungan pasti  ada terutama efek dari limbah Rumah Sakit.

Rumah sakit yang menyenangkan adalah harapan dari semua orang yang mendapatkan layanan di Rumah sakit, apabila pasien merasa puas mereka akan menjadi marketing untuk Rumah Sakit sendiri memberikan informasi yang baik ke orang lain.

Tujuan Rumah Sakit antara lain adalah:

  1. Mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
  2. Memberikan perlindungan terhadap keselamatan pasien, masyarakat, lingkungan rumah sakit dan sumber daya manusia di rumah sakit.
  3. Meningkatkan mutu dan mempertahankan standar pelayanan rumah sakit.
  4. Memberikan kepastian hukum kepada pasien, masyarakat, sumber daya manusia rumah sakit, dan Rumah Sakit.

 

Rumah Sakit dalam penyelenggaraannya berdasarkan asas Pancasila dan didasarkan kepada nilai kemanusiaan, etika dan profesionalitas, manfaat, keadilan, persamaan hak dan anti diskriminasi, pemerataan, perlindungan dan keselamatan pasien, serta mempunyai fungsi sosial.

 

Peran semua unit pelayanan di Rumah Sakit sangat dibutuhkan untuk menjadikan pelayanan Rumah Sakit dengan pelayanan paripurna.

Pelayanan Paripurna dengan hati yang membuat pasien merasakan Rumah Sakit itu menyenangkan Rumah sakit itu bukan hal yang menakutkan dan membuat orang kapok dan tidak  mau datang lagi ke Rumah Sakit Karena trauma dengan sesuatu yang tidak menyenangkan.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat buat semua dan membuka wawasan apa itu fungsi dari Rumah Sakit..

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar