5 Rumah Adat Paling Populer di Indonesia

Rumah Adat Indonesia
Rumah Adat Indonesia

Rumah Adat Paling Populer di Indonesia – Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak sekali keberagaman. Mulai dari bahasa, budaya, tradisi, suku hingga tempat tinggalnya. Setiap suku atau daerah di Indonesia pasti memiliki rumah tinggal khas daerah setempat. Indonesia sendiri memiliki 34 provinsi jadi bisa di bayangkan betapa banyaknya rumah adat yang ada di Indonesia ini.

Bahkan di satu daerah saja kadang kita bisa menemukan beberapa rumah adat yang berbeda. Di antara banyaknya rumah adat yang ada di Indonesia ada beberapa yang sangat populer bahkan di kenal sampai ke luar negeri. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas rumah adat paling populer di Indonesia yang perlu kamu tahu.

Rumah Adat Paling Populer di Indonesia

Kita sebagai orang Indonesia tentu patut berbangga karena kita memiliki banyak keberagaman yang belum tentu di miliki oleh negara lain. Salah satu keberagaman itu adalah rumah adat. Di bawah ini sudah ada beberapa rumah adat yang paling populer di Indonesia dan bahkan sampai ke luar negeri.

1.Rumah Adat Gadang

Rumah adat yang juga sering di sebut dengan Rumah Bagonjong yag merupakan rumah adat khas suku Minangkabau. Ciri khas dari rumah adat yang satu ini terletak pada bagian atapnya yang melengkung dan berujung runcing mirip dengan tanduk kerbau. Kamu bisa dengan mudah menemukan Rumah Adat Gadang ini di provinsi Sumatera Barat karena suku Minangkabau sangat bergantung dengan provinsi ini.

2.Rumah Adat Joglo

Jika kamu pernah berkunjung ke pulau Jawa atau kamu tinggal di pulau Jawa, pasti kamu tidak akan asing dengan ruah ada Joglo. Suku Jawa adalah suku Bangsa terbesar yang ada di Indonesia dan populasinya tersebar di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. Bangunan pemerintah maupun rumah milik penduduk biasanya terinspirasi dari rumah adat Joglo ini.

3.Rumah Adat Kebaya

Suku betawi menjadi salah satu suku yang paling populer di Indonesia. Begitu juga dengan rumah adat suku Betawi yang di beri nama dengan rumah adat Kebaya. Alasan kenapa di sebut sebagai rumah adat Kebaya karena bentuk atapnya yang pelana yang di lipat, sehingga jika di lihat dari samping lipatan-lipatan tersebut terlihat seperti lipatan kebaya. Rumah adat ini sendiri bisa kamu temukan di provinsi DKI Jakarta.

4.Rumah Adat Tongkonan

Rumah adat Tongkonan merupaan rumah adat khas suku Toraja. Tongkonan sendiri berasal dari kata Tongkon yang memiliki arti duduk bersama-sama. Rumah adat ini memiliki atap yang melengkung mirip dengan perahu terbalik yang terbuat dari beberapa susunan bambu. Di bagian depan rumah kamu bisa menemukan beberapa tanduk kerbau. Banyaknya tanduk kerbau yang di pasang di depan rumah menunjukkan status dari si pemilik rumah.

5.Rumah Adat Limas

Rumah adat dengan bentuk limas yang bertingkat-tingkat ini bisa kamu temukan di provinsi Sumatera Barat. Di mana di setiap tingkat memiliki filosofi budaya tersendiri. Tingkatan di rumah ini memiliki 5 kamar yang memiliki simbol 5 jenjang kehidupan manusia yakni usia, jenis, bakat, pangkat dan martabat.

Nah, itu tadi adalah beberapa daftar rumah adat yang paling populer di Indonesia  Sebenarnya masih ada puluhan rumah adat yang ada di Indonesia dan masing-masing rumah adat memiliki ciri khas, keunikan dan filisofi. Tentu kita sebagai orang Indonesia harus bangga karena memiliki banyak sekali rumah adat yang bisa kita pelajari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar