Kecanduan Internet Membuat Otak Menyusut

Hati-hati, terlalu banyak online di internet, terutama main game online, bisa membuat otak menyusut.

Menurut penelitian Kai Yuan dan Wei Qin dari Universitas Xidian, China, terlalu sering online di internet dapat mengubah struktur otak. Kalangan yang paling banyak online di internet adalah anak-anak. Jika tidak dikontrol, fenomena ini akan membuat mereka kecanduan.

Walaupun istilah “kecanduan internet” masih jadi kontroversi di kalangan peneliti, tapi penelitian yang dipublikasikan di PLoS ONE, ini berhasil menunjukkan, terlalu sering online internet khususnya kecanduan game online, akan mengubah struktur otak dan membuat permukaan otak menyusut.

Menurut data dari China Youth Internet Association, penderita penyakit Internet Addiction Disorder (IAD) di China jumlahnya mencapai 14% atau sekitar 24 juta orang. Sebagian besar adalah remaja perkotaan.

Ahli syaraf, Karen M. von Deneen, mengatakan masalah ini disebabkan karena orangtua dan anak-anak di China mendapat banyak tekanan di lingkungan kerja dan sekolah.

“Orang China tidak punya waktu untuk diri sendiri. Mereka bekerja 12 jam sehari, enam hari seminggu. Internet bisa jadi adalah satu-satunya pelarian,” menurut von Deneen.

Sumber: tahukahkamu.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar