PENDIDIKAN KARAKTER

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER

Menurut saya karakter adalah cara kita untuk mengkontrol diri kita bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tingkah laku, sehingga orang yang berperilaku tidak sesuai dengan norma masyarakat kita dikatakan orang dengan karakter buruk. Sebaliknya,orang yang perilakunya sesuai dengan kaidah moral disebut dengan berkarakter baik.
Konsep Pendidikan Karakter Karakter yang baik berarti seseorang memiliki pengetahuan tentang potensi dirinya, yang ditandai dengan nilai-nilai misalnya orang itu bersikap  reflektif, percaya diri, rasional,logis, kritis,analitis, kreatif dan inovatif.Pengembangan pendidikan berbasis karakter yang sebenarnya penting dan harus diterapkan di Indonesia.Dalam pendidikan, pembentukan karakter dari setiap peserta didik didalam lingkungan pembelajaransebenarnya tidak harus masuk kurikulum. Nilai-nilai yang ditumbuhkembangkan dalam diri peserta didik sendiri berupa nilai-nilai dasar yang di setiap harinya mereka rasakan. Nilai-nilai yang dimaksudkan disini adalah kejujuran, dapat dipercaya, kebersamaan, toleransi, tanggung jawab, dan peduli kepada orang lain.
Karakter pada setiap orang juga dapat diartikan sebagai bawaan, hati, jiwa, kepribadian, perilaku, sifat, dan watak. Era saat ini kita memasuki pada era globalisasi. Untuk menghadapi era global ini, diperlukan sesorang yang  bermoral baik,mampu untuk menghadapi segala segi dalam kemajuan era globalisasi ini. Maka dari itu pendidikan merupakan upaya paling strategis. Sistem pendidikan nasional dalam batas tertentu telah menghasilkan insan yang berkualitas baik.Namun kita harus mengakui bahwa di Indonesia ini masih sangat minimnya pendidikan karaker sejak dini,banyak yang mengangggap itu sebagai sesuatu hal yang biasa padahal hal itulah uyang harusnya ditanamkan kepada anak sejak dini.Banyak juga orang yang menganggap pernyataan yang mengindikasikan sistem pendidikan kita ikut andil akan rendahnya kualitas sumberdaya manusia di indonesia ini sendiri dan masih merebaknya dekadensi moral yang buruk terhadap generasi sekarang
Sebagai manusia yang utuh memiliki karakterisitik , baik sebagai pribadi maupun anggota masyarakat. Karakter pada diri sendiri  tersebut akan dapat berkembang dengan baik jika berusaha  secara optimal dan mengupayakan yang terbaik melalui proses pendidikan. Melalui pendidikan ini, peserta didik akan dapat diarahkan menjadi sosok pribadi yang memiliki karakteristik baik, sehingga dapat tumbuh dan berkembang menjadi anggota masyarakat yang mampu bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Dalam hal ini, kunci utamanya adalah aktivitas pembelajaran di sekolah,menurut saya kuncinya juga harus pada diri sendiri,kita harus berani untuk membuat keputusan.
Begitu pentingnya kualitas intelektual yang harus dicapai oleh para peserta didik, maka tidak heran jika institusi pendidikan kita dewasa ini cenderung lebih memerhatikan aspek pembelajaran yang mengutamakan konten/materi pelajaran atau akademik dari pada aspek lainnya. Sebagai contoh, seorang murid/siswa yang memiliki nilai akedemiknya tinggi dapat dipastikan ia akan naik kelas meskipun apek moralnya (akhlak) di bawah standar. Sebaliknya seorang murid/siswa yang memiliki perilaku yang baik, sopan, (akhlak), namun nilai pengetahuannya rendah (di bawah standar), biasanya ia akan tinggal kelas.
Padahal nilai-nilai akhlak (moral) sangat penting untuk menjamin kejujuran, ketertiban, keamanan, kedisiplinan, keadilan dan keharmonisan dalam hubungan sosial serta interaksi dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah (masyarakat). Apalah artinya seseorang memiliki kecerdasan intelektual tetapi mempunyai akhlak yang buruk. Banyak pejabat di negeri ini yang terjerat kasus korupsi, bukan karena mereka bodoh (intelektulitas rendah) tetapi karena moralnya rusak.

 

 Mari kita sadarkan semua orang bahwa yang seharusnya kita bangun dari awal adalah pendidikan karakter pada diri kita sendiri!

 

4 thoughts on “PENDIDIKAN KARAKTER

  1. Benar sekali saat ini pendidikan karakter peserta didik dikalah dengan pendidikan akademik yang lebih diutamakan. Sebaiknya pendidikan karakter diajarkan sejak dini kepada anak-anak agar kelak menjadi seseorang yang mempunyai karakter baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *