Agricultural Expert

Just another Blog UMY site

SURVEI PASAR MODERN: SUPER INDO GODEAN

PENYIAPAN PRODUK POTONG SEGAR

            Survei dilakukan hari Sabtu, 3 Juni 2017 pada sore hari di pasar modern yaitu Super Indo Godean yang beralamat di Jalan. HOS. Cokroaminoto No. 176, RT. 01/RW. 01, Tegalrejo, Kota Yogayakarta, daerah Istimewa Yogyakarta 55224, Indonesia. Cabang Godean ini merupakan gerai baru dan sebagai gerai ke-8 di Yogyakarta dari total 75 gerai yang ada (SuperIndo, 2016). Super Indo selalu konsisten mengedepankan produk yang bernutrisi, sehat, aman dan terjangkau. Selain mengadakan program-program mengenai pola hidup sehat, Super Indo juga mengeluarkan produk-produk yang menunjang pola hidup sehat tersebut seperti jus buah segar, dimana konsumen dapat menyaksikan sendiri proses pembuatan jus selain itu terdapat juga produk buah serta sayuran Fresh-cut. Survei yang kami lakukan yaitu dengan mengamati dan memperhatikan proses penyiapan produk potong segar (Fresh-cut), pengamatan yang dilakukan yaitu dengan mengamati produk sayuran dan buah potong segar dan mengamati teknologi yang digunakan dalam menjaga kesegaran produk potong segar tersebut. Dari hasil survei kita mendapatkan beberapa produk potong segar diantaranya :

  1. Buah Potong Segar

           Buah potong segar yang tersedia di Super Indo banyak jenisnya seperti melon, melon red sweet, melon golden, semangka merah, semangka kuning, semangka kuning mas, nanas, papaya hawai, blewah, dll. Persiapan potong segar yang dilakukan diantaranya melakukan pemotongan dan pengupasan, pencucian, kemudian pengemasan dengan teknologi wraping. Untuk buah yang dilakukan pemotongan menjadi 2 belahan seperti melon, semangka, dan blewah (Gambar. 1) dilakukan secara langsung yaitu disaksikan oleh para konsumen, kemudian dilakukan teknologi wraping untuk mempertahankan kualitas dan kesegaran buah.

(Gambar. 1)

          Namun, pemotongan yang dilakukan pada buah di Super Indo selain yang dibelah menjadi dua belahan saja terdapat pula buah potong segar yang dilakukan pengupasan kemudian pencucian dan dilakukan pemotongan kecil-kecil lalu dikemas dalam sterofoam dan ditutupi dengan plastik wrap sehingga siap untuk dimakan tanpa harus memotongnya lagi. Buah yang dilakukan pemotongan tersebut diantaranya nanas, melon, semangka, dan nangka (Gambar. 2).

 

(Gambar. 2)

            Di Super Indo produk yang telah dilakukan pengemasan disimpan diatas box terbuka yang berisi es batu. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kualitas dan kesegaran buah potong serta memperpanjang umur simpan dan meminimalkan browning. Produk yang dilakukan penyimpanan diatas box berisi es yaitu semangka merah potong, nanas potong, melon potong dan jeruk peras (Gambar. 3a). Namun pada produk buah yang dipotong menjadi dua belahan hanya disimpan diatas tumpukan buah-buah yang masih utuh (Gambar. 3b) atau tanpa beri perlakuan lain, hanya dilakukan pengemasan dengan wrap saja.

Gambar. 3a (kiri), 3b (kanan)

               Pada kemasan produk buah potong segar tersebut terdapat tanggal atau jangka waktu penyimpanan dan harga, diantaranya :

  • Nangka Kupas

– Harga        : Rp. 22.665

– Pack Date : 03.04.17

– Exp. Date  : 04.06.17

  • Semangka Merah

– Harga        : Rp. 20.175

– Pack Date : 03.06.17

-Exp. Date   :

  • Melon Golden

– Harga        : Rp. 16.190

– Pack Date : 03.06.17

– Exp. Date :

  • Melon Super

– Harga        : Rp. 14.130

– Pack Date : 03.06.17

– Exp Date  :

  • Semangka Merah Potong

– Harga       : Rp. 3.99

– Pack Date : 03.06.17

– Exp. Date : 04.06.17

  • Semangka Kuning Mas

– Harga        : Rp. 10.655

– Pack Date : 03.06.17

– Exp. Date :

  • Melon Super

– Harga        : Rp. 5000

– Pack Date : 03.06.17

– Exp. Date  :

  • Nanas

– Harga       : -Tidak tercantum pada kemasan-

– Pack Date :

– Exp. Date   : 05.06.17

            Produk-produk buah potong tersebut masih dalam keadaan segar, karena pada saat dilakukan survei baru saja dilakukan pengemasan. Hal tersebut diketahui dengan adanya Pack Date yang tertera pada beberapa kemasan buah potong segar tersebut.

         2. Sayuran Potong segar

             Sayuran potong segar yang tersedia di Super Indo antara lain,  tauge super, petai kupas, daun melinjo, dan lain-lain (Gambar. 4).  Persiapan potong segar yang dilakukan diantaranya melakukan pemotongan dan pengupasan, pencucian, kemudian pengemasan dengan teknologi wraping. Pengemasan ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya transpirasi atau penguapan air, mengurangi kemungkinan terjadi kontaminasi mikroba, serta melindungi produk yang dikemas terhadap gaya mekanis dari luar seperti benturan maupun goresan dan menambah daya tarik bagi konsumen. Untuk tauge super memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran tauge biasa dipasaran. Sementara bahan pengemas yang digunakan berupa plastik polimer yang permiabel. Dalam hal ini komposisi udara atau gas dalam kemasan termodifiksasi.

Gambar. 4

             Adapun produk petai kupas yang terdapat di Super Indo dengan pengemasan menggunakan sterofoam dan plastik wrap.  Namun sebelum dikemas sayuran petai ini dicuci dan dikupas terlebih dahulu dengan ukuran yang sama, sehingga sebelumnya dilakukan sortasi atau pemilihan produk yang paling baik. Kemudian produk segar ini disusun untuk menarik konsumen. Selain petai yang telah dikupas juga disediakan tanpa pengupasan. Sedangkan untuk sayuran melinjo ini kemasannya hanya menggunakan plastic wrap dan sterofoam. Sayuran yang dipilih merupakan sayuran yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

            Pada kemasan produk sayur potong segar tersebut terdapat tanggal atau jangka waktu penyimpanan dan harga, diantaranya :

  • Tauge Super

– Harga        : -Tidak tercantum pada kemasan-

– Pack Date :

– Exp. Date  : 13.06.17

  • Petai Kupas

– Harga        : -Tidak tercantum pada kemasan-

– Pack Date :

-Exp. Date  : 05.06.17

  • Daun Melinjo

– Harga       : Rp. 8.205

– Pack Date : 03.06.17

– Exp. Date  : 06.06.17

 

Produk-produk sayuran potong tersebut masih dalam keadaan segar, karena pada saat dilakukan survei baru saja dilakukan pengemasan. Hal tersebut diketahui dengan adanya Pack Date yang tertera pada beberapa kemasan. Serta dilihat dari visual masih dalam keadaan segar.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Super Indo. 2016. Super Indo Hadirkan Gerai Baru di Godean. http://www.superindo.co.id/tentang_kami/berita/super_indo_hadirkan_gerai_baru_di_godean. Diakses 5 Juni 2017.

Categories: Agriculture

PROFIL AKU

Tatik Malyati


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Kesan atau komentar

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah salah satu perguruan tinggi swasta di ...

Peran Generasi Muda

  Generasi muda juga dapat berperan dalam pertanian berkelanjutan dengan cara: ...

Pemanfaatan Blog unt

Sekarang ini internet sangat merajalela, dalam kehidupan sehari-hari pasti kita ...

Penyelamatan Lingkun

Pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture) adalah pemanfaatan sumber daya yang dapat ...