Tesis saya

Hanya Blog UMY situs lain

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sudah mulai diterapkan di Indonesia sejak 1 Januari 2014. Sistem ini menjamin peserta mendapatkan manfaat kesehatan tanpa dipungut biaya. Pemerintah membentuk suatu badan yang disebut Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS)  yang bertugas menyelenggarakan program JKN ini.

Salah satu tugas BPJS adalah  melakukan pembayaran kepada Fasilitas kesehatan. Pembayaran dilakukan kepada FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) dan FKTL (Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut). Untuk FKTP pembayaran  dana dilakukan dengan sistem kapitasi dan diatur ke dalam Permenkes No 21 tahun 2016. Salah satu isi Permenkes ini adalah mengatur bahwa pemberian jasa pelayanan kesehatan minimal adalah 60 % dari total dana kapitasi yang diberikan. Skema pemberian dana untuk jasa pelayanan sudah diatur dan mempertimbangkan variabel kehadiran dan jenis tenaga. Sistem ini tidak memuat adanya poin penambahan bagi tenaga yang berprestasi (reward) dan pengurangan poin bagi tenaga yang  melakukan kesalahan (punishment).Oleh sebab itu saya tertarik untuk meneliti cara meningkatkan kinerja tenaga di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama FKTP Puskesmas melalui penggunaan dana kapitasi jaminan kesehatan nasional.

Dilain hal pemberian reward dan punishment sejatinya adalah salah satu cara untuk meningkatkan kinerja petugas kesehatan. Kinerja akan meningkatkan mutu pelayanan staff Faskes. Bagaimanakah meningkatkan kinerja tenaga di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama FKTP Puskesmas melalui penggunaan dana kapitasi Jaminan kesehatan nasional. Diharapkan penelitian yang akan saya lakukan dapat bermanfaat untuk perkembangan ilmu pengetahuan manajemen FKTP  khususnya di bidang pemanfaatan pembiayaan kesehatan dana kapitasi JKN.

Metode yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan desain kualitatif karena dapat menggali berbagai macam informasi dari narasumber. Informasi tersebut sangat berharga karena tidak menuntut kemungkinan akan ditemukan variabel lain yang mempengaruhi kinerja karyawan. Pengumpulan informasi dilakukan dengan wawancara mendalam dan triangulasi untuk mempertahankan validitas informasi dilakukan observasi dan telaah dokumen

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

20181030042


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Kebijakan penggunaan

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sudah mulai diterapkan di Indonesia sejak ...