belajar dari kegagalan

Just another Blog UMY site

Posted by teti 0 Comment

TUGAS MATA KULIAH ANALISIS MATERI TARIKH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Materi Tarikh, Untuk SD Kelas VI, Semester II

I. Ringkasan Materi
Dalam buku Cinta Agama Islam, untuk SD VI, Karangan Bambang Murtedjo. Sirin, yang diterbitkan oleh Ganeca exact disebutkan bahwa materi Tarikh pada Bab 8 Menceritakan Kisah Kaum muhajirin dan Anshar dengan ringkasan maetri sebagai berikut :
Kaum muhajirin adalah kaum yang mengikuti Nabi Muhammad saw hijrah ke Madinah
Kaum Anshar adalah kaum yang menyambut kedatangan nabi Muhammad besrta sahabatnya sewaktu hijarah. Sebab-sebab Rasulullah hijrah ke Madinah antara lain :
1. Kekejaman kaum kafir Quraisy semakin hari semakin meningkat
2. Permintaaan kaum muslimin ke Madinajh
3. Perkembangan Islam di Mekkah semakin sulit
4. Turunnya wahyu untuk hijrah (QS. An-Nisa ayat 100)
5. Perkembangan kaum muslimin di Madinah terasa akan lebih cepat
Rasulullah membangun masjid pertama kali di Qubba dengan nama “Masjid Qubba”.
Kedatangan Rasulullah disambut gembira oleh penduduk Madinah.Penduduk Madinah berebut agar Rasulullah singgah dirumahnya. Namun Rasulullah memilih untuk singgah dirumah Abu Ayub al-Ansari.
Setelah sampai di madinah rasulullah membangunmasjid nabawi dan pondok-pondok sebagai tempat tinngal. Langkah-langkah rasulullah membangun Madinah :
1. Mendirikan masjid
2. Mempersaudarakan kaum muhajirin dengan kaum anshar
3. Membuart perjanjian persahabatan dan perdamaian dengan kaum Yahudi
4. Meletakkan dasar-dasar politik, ekonomi, dan sosial untuk masyarakat Islam.

II. Analisis perbandingan dengan buku lain
Dalam buku Pendidikan Agama Islam karya Ahmad Farichi, S.Pd.i, dkk, penerbit Yudistira.
1. Sistematika penyampaian materi lebih runtut
2. Materi yang ditulis lebih mudah untuk dipahami siswa
3. Penyampaian tentang Kaum Muhajirin dan kaum anshar diceritakan secara terpisah sehingga tidak membingungkan siswa.
Dalam buku Cinta Agama Islam karya Bambang Murtedjo. Sirin , penerbit Ganeca Exact.
1. Sistematika penyampaian materi masih belum runtut
2. Materi yang ditulis sulit untuk dipahami
3. Penyampaian tentang kaum Muhajirin dan Kaum Anshar diceritakan dengan gabungan sehingga sulit dipahami alur ceritannya.

III. Analisis kedalaman materi
Standar kompetensi :
Menceritakan kisah kaum muhajirin dan Kaum anshar
Kompetensi Dasar :
1. Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
2. Menceritakan perjuangan kaum Anshar
a. Kesesuaian dengan SKKD
Materi yang disamapaikan sudah sesuai dengan SKKD hanya saja sistematika penyampaiannya kurang runtut.
b. Keluasan Materi
Melihat materi yang dituliskan dalam SKKD, materi ini sudah cukup luas untuk dipelajari siswa SD kelas VI. Karena mengingat usia SD adalah usia yang mudah bosan dan jenuh ketika materi terlalu banyak dan luas. Yang ditekankan pada bab ini keluasan materinya hanya sebatas pengetahuan dasarnya. Yang terpenting adalah siswa dapat mencapai indicator dari bab ini. Akan lebih baik ketika guru menyarankan kepada siswanya supaya membaca buku kisah kaum muhajirin dan kaum Anshar (selain buku ajar) sebagai keluasan pengetahuan, supaya tidak terpaku pada bahan ajar saja.
c. Kedalaman materi
Kedalaman materi pada bab ini, sudah cukup luas dan mendalam untuk anak seusia SD kelas IV. Kedalaman materi haruslah mempertimbangkan bobot pelajaran yang akan disampaikan, dan haruslah mengetahui siapa yang kita akan ajar. Sehingga materi tersebut sesuai dengan kapasitas siswanya, tidak terlalu berat dalam mencapai indicator yang sudah ditentukan.
Namun penyampaian untuk pendalaman materi masih terliahat membosankan yang membuat kejenuhan siswa. Misal guru hanya menggunakan metode ceramah saja, tentu hal itu akan mengakibatkan siswa merasa bosan dan akhirnya kelas menjadi ribut dan memecahkan konsentrasi siswa lain di kelas. Tentu guru dituntut agar menguasai manajemen kelas. Sehingga kelas menjadi produktif dan proses belajar mengajar menjadi efektif. Menurut saya metode yang cocok untuk materi ini adalah dengan menggunakan metode diskusi, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan tiap kelompok diberi satu tema atau kasus untuk dibahas dan dipecahkan bersama-sama kemudian tiap kelompok tersebut menunjuk satu juru bicara untuk mempresentasikan di depan kelas untuk member kesempatan kepada kelompok lain yang ingin menanggapi, menyanggah dan bertanya. Peran guru di sini hanya sebagai pembimbing dan pengarah diskusi. Dengan begitu kelas menjadi produktif dan meminimalisir dari kejenuhan siswanya.

IV. Analisi kompetensi
a. Knowledge technologi
Kemampuan teknis metode yang ada pada siswa setelah siswa mempelajari materi tesebut. Misalnya dalam pembelajaran tercapai secara kognitif, afektif, konasi dan psikomotorik. Sehingga siswa mampu menunjukkan kemampuan yang bersangkutan untuk mengembangkan cara-cara hidup. Setelah siswa mempelajari materi tersebut, siswa secara otomatis memiliki pengetahuan tentang latar belakang terjadinya permusuhan oleh ketiga tokoh tersebut terhadap Nabi.
b. Skill
Setelah guru menjelaskan atau membaca materi tersebut siswa menjadi terampil, menjadi lebih mandiri misalnya ketika siswa mendapatkan masalah yang sama dalam hidupnya, siswa dapat menerapkan langkah-langkah penyelesaian berdasarkan pengalaman yang di bacanya mengaplikasikan bentuk-bentuk sikap yang didalam kehidupan sehari-hari.
c. Values
Terkait dengan nilai, setelah mendapatkan materi tersebut siswa merasa terajarkan untuk mengambil hikmahnya dari perjuangan Rosulullah dalam menegakkan kalimat tauhid dan pentingnya menjaga hubungan persaudaraan antar kaun melalui pembelajaran persaudaraan kaum Muhajirin dan Anshar.
d. Attitude
Menjaga hubungan perdamaian antara sesama umat manusia (mempererat hubungan persaudaraan), karena di dalam islam mengajarkan kita untuk tetap menghargai, menghormati dan memberikan toleransi antar pemeluk agama agama untuk memnjalankan keyakinannya sesuai apa yang di yakini oleh masing-masing individu.
e. Interest
Materi ini penting diberikan kepada anak karena di dalamya mengajarkan anak bentuk-bentuk perjuangan Rosulullah dalam menegakkan kalimat tauhid melalui hijranya dan membangun Madinah melawan kaumYahudi. Semangat dan rasa optimis Rosulullah untuk berjuang di jalan Allah dan dalam kondisi apaun diperjalanannya selalu berada di jalan Allah dengan tetap menjaga hubungan perdamaian dan persaudaraan. Semua itu sangat relevan dan masih di butuhkan oleh siswa untuk dapat memerdekaan diri sendiri ataupun orang lain. Tinggal bagaimana metode dan strategi guru dalam menyampaikan materi yang di ajarkan pada siswa agar siswa datpat tertarik dan merasa rugi jika tidak mendapatkan materi tersebut.

III. Kesimpulan
Berdasarkan banyaknya materi yang disampaikan dalam bab ini, tentu bagi seorang guru membutuhkan pemahaman dan kemantapan pengetahuan. Ketika seorang guru siap dalam menyampaian materi maka begitu juga seorang siswa maka akan lebih siap dan sungguh-sungguh dalam mengikuti proses belajar mengajar dengan berbekal ketrampilan-ketrampilan guru dalam mengajar. Dalam penyampaian suatu materi haruslah tidak terpaku pada satu buku atau satu sumber bahan ajar saja, guru haruslah mempunyai referensi lebih dari satu buku, sebab dengan begitu guru akan lebih mempunyai pengetahuan yang luas. Walaupun keluasan materi yang disajikan dalam materi tersebut sudah cukup luas dan mendalam menurut siswa kelas VI dan sesuai dengan perkembangan psikologi anak, namun bagi seorang guru masilah sangat sempit. Jadi tidak salah jika guru menggunakan buku lain sebagai pelengkap dan membantu penambahan wawasan atau pengetahuan tentang materi ini. Dengan begitu, akan tercapainya suatu tujuan yang diharapkan dan ilmu beserta nilai-nilai yang terkandung setelah berakhirnya pembelajaran yang dapat dirasakan oleh peserta didik. Dengan pembelajaran tersebut siswa dapat memahami permasalahan-permasalahan kemudian mengambil sikap dan tindakan dalam menyelesaikan masalah tersebut, mampu merefleksikan dan mampu memunculkan tindakan baru dalam menyelesaikan masalah tersebut sehingga proses pembelajaran tidak hanya sekedar mentranfer ilmu tapi bagaimana menanamkan nilai pada anak.

Categories: pendidikan

PROFIL AKU

teti


Popular Posts

Belajar dari Kegagalan Untuk Menuju Kesuksesan. Dalam hidup ini kita ...

Jangan berhenti.

peluang bisnis makanan

Bisnis Makanan Ringan Keripik

MAKALAH SHOLAT JENAZAH Dosen pangampu : Goffar Ismail,S.AG. M.A disusun oleh: Teti Naafiriyah ...