JURUSAN AGRIBISNIS ?

25 December 2018

Apa yang pertama kali muncul dalam pikiran anda tentang pertanian?

nyangkul? lumpur? kebun? atau sawah?

Itukah yang ada di benak anda?  hmm..  saya rasa anda perlu tau mengetahui tentang jurusan ini.

indonesia kan terkenal dengan negara agraris tuh, nah bearti indonesia itu unggul di bidang hasil pertaniannya kan? nah sebagai warga negara indonesia harus bisa pandai pandai memanfaat kannya dong, supaya tidak di rebut negara lain. indonesia sangat butuh lulusan pertanian  sangat membantu mempertahankan negara agraris.

tapi sayangnya kebanyakan anak muda jaman sekarang bilangnya..

“ih gengsi dong, belajar di bidang pertanian. lagian saya kan tinggal di kota, mana ngerti?”

nah pemahaman seperti itu yang membuat identitas indonesia sebagai negara agraris menjadi turun.

padahal apa salah nya kuliah dan kerja di bidang pertanian, justru semakin banyak lulusan pertanian maka akan mengoptimalkan pengelolaan pertanian. agribisnis juga di butuhkan dalam sektor ekonomi dan industri loh.

ironis kan, kalau kita harus terus menerus import dari luar negri ? ngak heran sih jika hasil bumi negara indonesia menjadi tidak stabil, katanya negara agraris?

padahal kita kaya akan sumber daya alam. terus kapan berkembangnya masak iya harus mengandalkan dari luar negri? itu lah kenapa lulusan agribisnis sangat berperan disini karena tugas agribisnis itu salah satunya mengolah hasil pertanian, dari barang mentah di rubah menjadi barang jadi dan siap pakai.

bayangkan jika anda yang membuat produk baru, pasti bangga kan? bisa mengharum kan nama anda dan juga negara anda dong pastinya..

jangan berfikiran pertanian itu hanya sebatas bekerja keras di sawah dan di ladang, karena di dalam pertanian terdapat system agribisnis

owh jadi jurusan agribisnis itu menguntungkan ya? iyaa dong, agribisnis itu tidak hanya jurusan kuliah yang menguntungkan untuk pekerjaan, dari jurusan ini kita lebih cinta sama negri sendiri, salah satunya dari sektor ekonomi,pangan, dan goalnya rata rata lebih memilih untuk berwirausaha.

yuk pelajari lebih mendalam tentang agribisnis

 sebelumnya apa sih definisi pertanian?

pertanian adalah kegiatan yang mengelola tanaman dan hewan pada lahan dan lingkungan untuk memperoleh hasil yang menguntungkan. manfaat yang di ambil oleh manusia yaitu untuk bahan pangan, industri,infrastruktur, farmasi dan lain lain.

sedangkan agribisnis sebagai konsep pertanian karena dapat di pandang sebagai kegiatan mengelola sebuah bisnis berupa alokasi faktor produksi (input) yang memiliki nilai ekonomi biaya input untuk menghasilakan suatu output (produksi) tertentu yang berorientasi pada keuntungan (profit).

Sebagai subjek akademik, agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, penyediaan bahan baku, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran.

Agribisnis menurut John H. Davis dan Ray A. Goldberg (1957): The sum total of all operations involved in the manufacture and distribution of farm supplies; production operations on the farm; and the storage, processing, and distribution of farm commodities and items made from them.

Pengertian Agribisnis menurut Cramer and Jensen: Agribisnis adalah suatu kegiatan yang sangat kompleks, meliputi : industri pertanian, industri pemasaran hasil pertanian dan hasil olahan produk pertanian, industri manufaktur dan distribusi bagi bahan pangan dan serat-seratan kepada pengguna/konsumen.

jadi, agribisnis adalah bisnis atau menejemen yang bergerak di bidang pertanian. dan perlu di ingat bahawa agribisnis adalah sebuah usaha komersial. maka di dalam agribisnis anda tidak hanya menjualhasil pertanian, tetapi juga haru memikirkan cara agar hasil taninya menguntungkan. misal strategi bisnis yang harus anda lakukan? bagaimana cara mengemas hasil tani anda supaya sesuai kebutuhan masyarakat?

program setudi agribisnis mempelajari dari segala bidang aspek budidaya, pengelolaan hasil tani, menejemen usaha,kewirausahaan dan pemasaran produk. luas banget kan..

selain itu prodi aribisnis tidak hanya mempelajari bisnis pertanian dan perkebunan tetapi juga bisnis peternakan, perikanan, serta kehutanan.

propek kerja jurusan lulusan agribisnis apa?

simak baik baik.

  1. Menjadi Staf Pengajar/Dosen
  2. Peneliti di LIPI atau Instansi yang lain
  3. Wirausahawan atau Pengusaha
  4. Bekerja di Sektor Swasta
  5. Bekerja di instansi Pemerintah
  6. Bekerja di Lembga Swadaya Masyarakat
  7. Manajer agribisnis professional, baik itu di perusahaan nasional ataupun multinasional yang bergerak di komoditas perkebunan, hortikultura, agroindustri, pangan, jasa logistik dan yang lain sebagainya, termasuk juga dalam lembaga perbankan.
  8. Birokrat dan perencana pembangunan pertanian pemerintah di tingkat atau level nasional, provinsi dan kabupaten, serta di lembaga internasional yang lain contohnya World Bank, USAID dan lain sebagainya.
  9. Badan Perencana Pembangunan Daerah (BAPPEDA).
  10. Badan Pusat Statistik (BPS).
  11. Dinas Koperasi
  12. Bulog/Dolog.
  13. Dinas Perindustrian dan Perdagangan.
  14. Bank Pemerintah/Swasta.
  15. Lembaga Keuangan, Lembaga Asuransi.
  16. Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD).
  17. Koperasi Unit Desa (KUD)
  18. Perusahaan Konsultan Agribisnis
  19. Konsultan di Bidang Pertanian
  20. Usaha Pembibitan dan Pembuatan Pupuk atau Pestisida

semoga apapu yang saya tulis bisa bermanfaat buat anda dan semoga membantu menjawab semua pertanyaan pertanyaan anda.

trimakasih.

12 Comments

  • 20180220199 26 December 2018 at 2:50 pm

    Karena petani adalah aset bangsa yang harus dilestarikan !! fighting !!

  • 20180220167 26 December 2018 at 2:53 pm

    saya rasa saya cocok di sini kak, trimakasih infonya

    • Titinresiana 26 December 2018 at 8:10 pm

      iya sama sama. kecocokan dapat di bentuk dgn mudah dari keyakinan kita. so enjoy the process…

  • Dzikir Aji P 26 December 2018 at 3:15 pm

    mantap banget artikel ini, setelah membaca ini saia jadi tau tentang agribisnis

  • ArZ 26 December 2018 at 3:22 pm

    kebenaran memang tertulis diatas , tapi kenyataan tidak ada diatas, kenyataanya banyak lulusan agribisnis tidak berjaya seperti yang dikatakan, siapa yang harus disalahakan?

    • Titinresiana 26 December 2018 at 7:52 pm

      benarkah? setau saya banyak sekali interprenuere yang muncul. harusnya tidak ada yang bersalah karena itu perihal kemauan dan prosess dari diri sendiri. itulah sebabnya agribisnis sangat perlu kita agar indonesia jaya karena agribisnis yang kita dorong. jika kita bertindak sesuai dengan aturan berlaku niscaya kita akan berjaya pada waktunya..

  • 20180220165 26 December 2018 at 3:22 pm

    that’s why i choose agribusiness!! semangat Titin!! 🙂

    • Titinresiana 26 December 2018 at 7:41 pm

      good.
      you have chosen the right choice.

  • 20180220172 2 January 2019 at 5:32 pm

    Semoga tidak ada yang gengsi masuk jurusan agribisnis, karena prospeknya sangat banyak sekali.

  • 20180220170 4 January 2019 at 11:08 pm

    Tidak salah saya memilih jurusan agribisnis karena prospek kerjanya sangat luas. terimakasih infonya titin

  • Nungki Amelia 5 January 2019 at 1:25 pm

    artikel anda menarik sekali:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar