ekonomi indonesia

Hanya Blog UMY situs lain

UK 1 Perekonomian Indonesia

Posted by 20160430173 0 Comment

1.

Badan Pusat Statistik ( BPS) melaporkan, produk domestik bruto ( PDB) atau pertumbuhan ekonomi Indonesia selama tahun 2017 mencapai 5,07 persen. Angka ini, menurut BPS, merupakan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi sejak tahun 2014 silam. Kepala BPS Suhariyanto menyebut, angka pertumbuhan ekonomi pada tahun 2017 tersebut lebih rendah dari target yang dipasang pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), yakni 5,2 persen. Namun demikian, ia optimistis ekonomi Indonesia ke depan bisa tumbuh lebih tinggi. “Memang masih di bawah target 5,2 persen, tapi angka ini cukup bagus. Kita tentunya berharap pada kuartal berikutnya pertumbuhan ekonomi kita makin meningkat, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujar Suhariyanto dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (5/2/2018). Suhariyanto menyebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2017 merupakan angka tertinggi sejak tahun 2014. Sekedar informasi, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2014 sebesar 5,01 persen, tahun 2015 sebesar 4,88 persen, dan tahun 2016 sebesar 5,03 persen.

Ia menyebutkan, sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2017 adalah industri pengolahan, yakni 0,91 persen. Selain itu, disusul sektor konstruksi sebesar 0,67 persen, perdagangan 0,59 persen, dan pertanian 0,49 persen. “Sumber pertumbuhan 3 tahun terakhir dari industri pengolahan. Kalau bisa meningkatkan pertumbuhan di industri dampaknya bisa besar, karena menyerap banyak tenaga kerja dan kontribusinya besar sekali,” sebut Suhariyanto.

  1. Kondisi ekonomi 2014 – 2017

Sinyal pembalikan ekonomi Indonesia tercermin pada perkembangan pertumbuhan ekonomi dalam dua tahun terakhir. Jika pada 2015 tumbuh 4,88% maka ekonomi domestik pada 2016 tumbuh 5,02%. Sinyal rebound akan semakin jelas jika tahun ini perekonomian nasional tumbuh lebih tinggi lagi.

 

Tak bisa dimungkiri, tanda-tanda pembalikan ekonomi Indonesia erat kaitannya dengan sejumlah terobosan yang telah ditempuh pemerintahan Jokowi-JK, terutama di bidang politik anggaran (APBN). Dua bulan setelah dilantik menjadi presiden dan wapres pada 20 Oktober 2014, Jokowi-JK langsung bekerja keras untuk menggarap ekonomi 2015.

 

Jokowi-JK tergolong ‘kurang beruntung’ karena memulai pemerintahan saat perekonomian global karut-marut. Pada akhir Oktober 2014 atau sepekan setelah Jokowi-JK dilantik, Bank Sentral AS (The Fed) mengakhiri program quantitative easing (QE) atau pembelian aset obligasi untuk memompakan likuiditas ke pasar.

Keputusan AS menghentikan QE membuat pasar finansial, khususnya pasar saham dan pasar valas, di seluruh dunia bergejolak. Setelah disetop, QE yang dimulai pada 2008 untuk mengatasi krisis moneter akibat kredit macet property berkualitas rendah (subprime mortgage) di AS, memicu kembalinya dana asing di seluruh dunia, termasuk Indonesia, ke Negeri Paman Sam.

Dampak penghentian program QE tidak langsung terasa, meski The Fed sudah mengurangi pembelian obligasi (tapering off) sejak Januari 2014. Alhasil, ekonomi Indonesia pada 2014 masih tumbuh 5,02%. Namun pada 2015, pertumbuhan ekonomi nasional terpangkas menjadi hanya 4,88%. Rupiah dan pasar saham domestik mengalami turbulensi. Suku bunga acuan dipatok tinggi.

Fakta bahwa APBN memiliki resiliensi tinggi tergambar pada defisit dan rasio utang yang terus berada di level aman dan di bawah ketentuan UU No 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara. Defisit APBN selalu dikawal pada level 2,0-2,5% terhadap produk domestic bruto (PDB), di bawah ketentuan maksimal 3%. Sedangkan rasio utang berada di level 28% dari batas toleransi 60% terhadap PDB. Elastisitas APBN juga ditunjukkan oleh dampak efisiensi anggaran yang dilakukan pemerintah di kementerian dan lembaga (K/L). Pemerintah sejak dua tahun silam getol memangkas anggaran-anggaran yang tidak perlu. Tapi kebijakan yang awalnya sempat menuai kontroversi itu terbukti tidak memengaruhi daya ungkit (leverage) APBN terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Terobosan paling penting pemerintahan Jokowi-JK di bidang politik anggaran adalah mengurangi secara ekstrem subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan mengalihkannya ke sektor-sektor produktif. Pada 2015, pemerintah memangkas subsidi BBM dan elpiji dari Rp 240 triliun menjadi hanya Rp 60,8 triliun. Setahun kemudian dipermak lagi menjadi hanya Rp 43,6 triliun, bahkan tahun ini cuma Rp 32,3 triliun. Belanja infrastruktur era pemerintahan Jokowi-JK tak kalah fenomenal. Jika pada 2014 anggaran pembangunan infrastruktur hanya Rp 177,9 triliun, pada 2015 jumlahnya melonjak menjadi Rp 290,3 triliun dan naik lagi menjadi Rp 317,1 triliun pada 2016. Tahun ini, anggaran pembangunan infrastruktur mencapai Rp 346,6 triliun.

 

2.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah menyiapkan strategi untuk meningkatkan daya saing Indonesia, terutama melalui peluang dari implementasi Industri 4.0. Hal ini akan membuat Indonesia sama dengan‎ Jerman, Prancis, dan China yang telah menetapkan strategi untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang dari revolusi industri ke-4 ini.‎

Dalam menyikapi tantangan global tersebut, yang pertama perlu dilakukan adalah bagaimana mengeliminasi gangguan yang berpotensi menghambat kemajuan bangsa. Isu intoleransi harus segera diredam dengan merangkul perbedaan-perbedaan.

sektor industri secara global saat ini sudah memasuki pada tahap revolusi industri ke-4, di mana sistem dalam proses produksi dan aspek manajemennya ditopang oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi serta kegiatan litbang yang menghasilkan inovasi. Indonesia mempercepat implementasi untuk memasuki Industri 4.0, roadmap terintegrasi tersebut juga menjadi landasan guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional di masa mendatang.

 

  1. Politik adalah kegiatan dalam sistem pembangunan negara melalui pembagian-pembagian kekuasan atau pendapatan untuk mencapai tujuan yang telah di sepakati. Dunia politik sangat berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi suatau bangsa atau daerah. Dalam pengembangan ekonomi, sangatlah penting mempertimbangkan risiko politik dan pengaruhnya terhadap kelangsungan ekonomi.

Budaya politik merupakan serangkaian keyakinan atau sikap yang memberikan pengaruh terhadap kebijakan dan administrasi publik, termasuk di dalamnya pola yang berkaitan dengan kebijakan ekonomi atau perilaku bisnis.

Sebagai contoh. Pada saat Orde baru, perdagangan Bahan Pangan Pokok selalu dikendalikan oleh Pemerintah melalui BULOG, sehingga ada kondisi yang stabil dalam perdagangan Bahan Pangan Pokok tersebut. Tetapi, setelah reformasi peran BULOG diredefinisi sehingga tidak menjadi pemain sentral dan akhirnya seringkali berdampak terhadap terjadinya fluktuasi harga dan kelangkaan barang yang disebabkan permainan spekulan, sehingga yang terkena dampak/pengaruhnya adalah rakyat miskin yang semakin menderita untuk mendapakan kebutuhan pangan mereka,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

Kebijakan Pembangunan Daerah

Rencana Kerja Pemerintah  (RKP) Tahun  2017 sebagai  rencana  pembangunan

nasional  untuk  tahun  2017 mempunyai tema pembangunan “Memacu  Pembangunan

Infrastruktur  dan  Ekonomi  untuk Meningkatkan  Kesempatan  Kerja  serta

Mengurangi  Kemiskinan  dan  Kesenjangan  Antarwilayah”. Adapun  prioritas

pembangunan  nasional  tahun  2017 dirinci  menjadi 5 (lima)  prioritas  nasional  sebagai

berikut:

1) Pembangunan Manusia dan Masyarakat;

2) Pembangunan Sektor Unggulan;

3) Pemerataan dan Kewilayahan;

4) Pembangunan Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan;

5) Pembangunan Ekonomi.

 

Sejalan dan mempertimbangkan hal-hal tersebut diatas, maka tema pembangunan daerah  untuk  RKPD  Kota  Yogyakarta  Tahun  2017 adalah: “Meningkatnya  Sumberdaya Manusia  dan  Pelayanan  Publik  yang  Berkualitas  menuju  Kota  Yogyakarta  yang  sejahtera,mandiri, nyaman dan berbudaya “.

Tema tersebut mengandung makna dari beberapa kata kunci yang dibangun, yaitu:

  1. Meningkatnya Sumber Daya Manusia dan Pelayanan Publik yang Berkualitas

Dimaknai sebagai upaya wilayah dalam membangun dan memantapkan SDM yang unggul dan

pelayanan publik yang memadai dalam rangka mewujudkan daya saing daerah.

  1. Berbudaya dimaknai sebagai kondisi  dimana  masyarakat  mampu  menjaga  kekuatan  dan

kearifan  budaya  lokal  sekaligus  mampu  menerima  dinamika  budaya  lokal  sekaligus  mampu

menerima dinamika budaya dari luar yang positif

  1. Mandiri dimaknai sebagai masyarakat yang dapat mengatasi permasalahannya dan tantangan

yang ditandai dengan tingkat partisipasi  pendidikan, derajat kesehatan,  dan jiwa sosial yang

baik, tingkat perekonomian yang baik, serta angka harapan hidup tinggi.

  1. Nyaman dimaknai sebagai kondisi  di mana  kualitas  hidup  masyarakat  meningkat

dengan  kemampuan  mengakses  infrastruktur,  makanan,  udara  bersih,  perumahan

yang terjangkau, lapangan kerja, dan ruang/taman hijau.

  1. Sejahtera dimaknai sebagai kondisi  masyarakat  yang  relatif  terpenuhi  kebutuhan  hidupnya

secara  layak  dan  berkeadilan  sesuai  dengan  perannya  dalam  kehidupan.  Peningkatan

kesejahteraan masyarakat dilihat dengan menggunakan indikator :

– Pertumbuhan ekonomi,

– Pengangguran,

– Penduduk miskin,

 

 

 

Arah penekanan untuk pelaksanaan pembangunan pada masing-masing prioritas

dimaknai sebagai berikut:

  1. Sosial Budaya

Prioritas  pembangunan  sosial  budaya  diarahkan  untuk  mewujudkan  pemerataan

kesejahteraan dan distribusi pendapatan masyarakat. Lebih lanjut dari aspek budaya

lebih  diprioritaskan  pada  pengembangan  budaya  yang  bersinergi  dengan  nilai-nilai

keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Kesehatan

Dari aspek kesehatan pembangunan diarahkan pada upaya mewujudkan :

  1. Pemerataan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat;
  2. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat;
  3. Peningkatan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat;
  4. Peningkatan pembinaan kesehatan masyarakat.
  5. Pendidikan

 

Prioritas  pendidikan  diarahkan  pada  upaya  mewujudkan  pendidikan  yang

berkarakter melalui :

  1. Peningkatan aksesibilitas pendidikan, melalui pengembangan pendidikan usia dini,

pendidikan  tinggi,  pendidikan  khusus  dan  pendidikan  layanan  khusus,  wajib

belajar Sembilan tahun, serta pendidikan menengah;

  1. Peningkatan angka melek  huruf  melalui  peningkatan layanan  pendidikan  formal

dan informal.

  1. Pertumbuhan Ekonomi

Kebijakan  diarahkan  pada  skema  peningkatan  daya  saing  di  bidang  ekonomi  dan

perluasan  kesempatan  kerja.  Upaya  mewujudkan  peningkatan  pertumbuhan

ekonomi,  serta  meningkatkan  pendapatan  daerah  menjadi  prioritas,  melalui

pengembangan  sektor  ekonomi  strategis  yang  didukung  oleh  pengembangan

infrastruktur wilayah sebagai bagian dari aktivitas distribusi komoditas.

  1. Pembangunan Wilayah dan Peningkatan Infrastruktur

Kebijakan  pembangunan  wilayah  dan  peningkatan  infrastruktur  ditekankan  pada

pengembangan  wilayah  dengan  menciptakan  potensi  ekonomi  lokal/kewilayahan,

serta  pemerataan  pembangunan  infrastruktur  untuk  mengurangi  ketimpangan

wilayah  dan  meningkatkan  distribusi  komoditas  antar  wilayah.

  1. Lingkungan Hidup dan Pemanfaatan Ruang

Prioritas lingkungan  hidup  menjadi  bagian  yang  tidak  terpisahkan  dari  skema

penataan ruang.

 

5.

APBN atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dalam pengertian, fungsi, dan tujuannya sangat menguntungkan negara yang dapat dilihat dari fungsi APBN dan tujuan APBN, sebelum membahas fungsi dan tujuan APBN, pertama-tama mari kita membahas tentang pengertian APBN atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang pernah dikemukakan para ahli atau pakar tentang pengertian APBN yang kami rangkum dan terlihat juga kesimpulan pengertian APBN dalam buku ekonomi yang mengatakan bahwa Pengertian APBN adalah suatu daftar yang memuat rencana seluruh penerimaan dan pengeluaran pemerintah dalam rangka mencapai tujuannya.

APBN biasanya disusun untuk 1 tahun anggaran. Landasan Hukum APBN adalah pasal 23 ayat 1 UUD 1945 yang isinya “tiap-tiap tahun APBN ditetapkan dengan undang-undang. Apabila DPR tidak menyetujui anggaran yang diusulkan pemerintah maka pemerintah memakai anggaran tahun lalu”.

Fungsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)

Fungsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dalam kegiatan perekonomian Indonesia dijelaskan sebagai berikut:

a.fungsi alokasi

Fungsi Alokasi adalah Anggaran negara diarahkan untuk mengurangi penganguran dan juga berfungsi untuk mengurangi pemborosan sumber daya dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas perekonomian dimana alokasi terbut bersifat umum, misalnya pembuatan jembatan, tanggul, jalan, perbaikan jalan.

  1. Fungsi Distribusi

Dalam APBN penerimaan negara yang diperoleh dari berbagai sumber digunakan kembali untuk membiayai pengeluaran negara di berbagai sektor pembangunan melalui departemen-departemen yang terkait. Pengeluaran ini digunakan untuk kepentingan umum yang didistribusikan dalam wujud subsidi, premi, dan dana pensiun. Jadi Fungsi Distribusi adalah pengeluaran negara yang digunakan untuk kepentingan atas dasar kemanusian, bantuan contohnya : dana pensiun, subsidi, premi.

  1. Fungsi Stabilisasi

Dalam penyusunan APBN, diupayakan adanya peningkatan jumlah pendapatan dari tahun ke tahun, untuk perlu dibuat sebuah kebijakan yang mampu memacu pendapatan negara. Salah satu contohnya adalah kebijakan anggaran defisit. Dalam kebijakan ini pos pengeluaran lebih besar dari pos penerimaan. Dengan kata lain APBN merupakan acuan bagi pemerintah dalam melaksanakan  pembangunan yang diharapkan dapat menjaga kestabilan arus uang dan arus barang, sehingga dapat mencegah terjadinya inflasi maupun deflasi yang akan berakibat pada kelesuan ekonomi (resesi). Jadi Fungsi Stabilisasi adalah menjaga, memelihara dan menstabilkan anggaran negara terhadap pendapatan dan pengeluaran sesuai dengan telah direncanakan dalam APBN.

 

  1. Fungsi Pengawasan

Fungsi pengawasan berarti setiap penyelenggaraan pemerintahan negara sesuai dengan yang ditetapkan dan sesuai dalam anggaran negara.

 

  1. Fungsi Perencanaan

Fungsi perencanaan artinya anggaran negara berfungsi mengatur setiap kegiatan pada tahun yang bersangkutan.

 

  1. Fungsi Otorisasi

Fungsi otorisasi artinya anggaran negara merupakan dasar dalam melaksanakan pendapatan dan belanja negara pada tahun tersebut.

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

20160430173


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

tugas resume

A. Setelah semester 5 ini selesai yang saya harapkan dari diri ...

UK 1 Perekonomian In

1. Badan Pusat Statistik ( BPS) melaporkan, produk domestik bruto ( ...

UK 2 perekonomian in

Muhammad Kaisar Biaz 20160430173   Rini Sulistiawati (2012) Pengaruh Upah Minimum terhadap Penyerapan ...