Posting Artikel WordPress Via Email

Setelah saya memposting artikel tentang posting artikel via email diblogger, zalukhu, trendy, mascayo, bayuaditya, menanyakan bagaimana cara memposting artikel wordpress via email, langsung saja, sok ieu yeuh langkahna :

Untuk dapat memanfaatkan fitur ini, lakukan beberapa langkah-langkah berikut:

  • Pastikan kamu menggunakan engine wordpress, bukan blog yang menumpang di wordpress.com.
  • Buat 1 e-mail yang dapat memanfaatkan layanan POP3. Bisa juga menggunakan G-mail. Namun e-mail ini tidak digunakan untuk kepentingan Anda lainnya seperti suratmenyurat dan lain-lain. Pastikan hanya untuk posting blog saja. Karena WordPress akan mengambil setiap e-mail yang masuk untuk dijadikan artikel post.

Setting di WordPress

Yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah melakukan setting di Admin Panel WordPress.

  1. Masuk ke Settings > Writing. Kemudian di bagian paling bawah ada satu seksi Post via e-mail.
  2. Masukkan konfigurasi yang dibutuhkan. Misal seperti gambar di bawah ini.

    • mail server
      Isikan keterangan e-mail server yang digunakan. Misalkan untuk http://blog.umy.ac.id/tutorialblogging/ digunakan mail.blog.umy.ac.id/tutorialblogging/ Untuk G-mail kamu bisa gunakan settingan yang diberikan oleh g-mail (pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur ini di Setting e-mail Gmail). Atau bisa dilihat juga settingan. Untuk port defaultnya adalah 110. Jika settingan pada mail server kamu berbeda, sesuaikan.
    • login name
      Untuk Login name ini biasanya adalah alamat e-mail kamu. Kalau tidak, coba lihat settingan login name dari mail provider kamu.
    • Password
      Isikan dengan password e-mail kamu.
    • Default Category
      Untuk mengkategorikan artikel yang dikirim lewat e-mail, kamu bisa pakai Konfigurasi ini. Jika tidak dikategorikan, biarkan saja.

    Catatan yang perlu diperhatikan adalah, pastikan alamat e-mail yang kamu masukkan tidak ada orang yang tahu. Jangan memberikan alamat e-mail ini ke orang lain, masalahnya apabila seseorang yang tahu alamat e-mail kamu nantinya dia juga akan bisa melakukan posting ke blog kamu. Makanya buat akun e-mail hanya untuk digunakan memposting saja.Atau juga kamu gunakan kode-kode yang kamu mengerti dan jarang dipakai oreng lain, misalkan r4h4s14@gmail.com, 347unkle@gmail.com, 4ku74tuh@gmail.com. E-mail ini hanya digunakan untuk menerima post.

  3. Lalu simpan konfigurasi.
  4. Untuk melakukan postingan hanya bisa dilakukan dari e-mail yang terdaftar sebagai salah satu user di blog kamu. Karena wordpress akan mengecek alamat e-mail pengirim ke e-mail penerima (yang digunakan untuk posting) tadi. Apabila tidak sama dengan salah satu dengan user yang terdaftar di blog kamu, maka wordpress akan menolaknya dengan alasan keamanan. Sebagai contoh adalah berikut.
    • E-mail penerima: 347unkle@gmail.com
    • E-mail pengirim: pengirim@gmail.com (e-mail asal yang digunakan untuk mengirim post)
    • Apabila salah satu user dalam blog kamu tidak memiliki e-mail pengirim@gmail.com maka wordpress tidak akan menerima post, wordpress hanya akan menerima dari e-mail pengirim yang beralamatkan pengirim@gmail.com.
    • Solusinya kamu bisa menambahkan satu user yang memiliki alamat e-mail pengiri@gmail.com. Atau kamu mengirim dari e-mail dari salah satu e-mail user yang terdaftar di blog kamu.

Setting E-mail di E-mail Client (HP)

Untuk melakukan ini kamu lakukan setting e-mail di HP kamu. Untuk Settingan hp, beberapa tipe HP berbeda. Silakan baca manual book masing-masing atau referensi di internet yang sesuai dengan tipe HP kamu, atau cari saja di google.com. Dan pastikan e-mail yang digunakan bukan e-mail penerima, tetapi adalah e-mail pengirim.

Kamu tidak harus mengirim lewat e-mail dari HP. Bisa juga dari cara pengiriman e-mail biasa.

Melakukan Pengiriman Posting

  1. Untuk mengetes apakah postingan kamu berhasil atau tidak, kamu buat postingan tulislah sebuah posting percobaan, judul posting akan diambil dari Subject e-mail. Lalu kirimlah ke e-mail tujuan tadi (dalam contoh ini 347unkle@gmail.com ).
  2. Setelah selesai mengirim e-mail bukalah halaman wp-mail.php dari web kamu. Caranya kamu hanya menambahkan /wp-mail.php atau /directoryblog/wp-mail.php di belakang alamat kamu. contoh misalkan http://sitekamu.com/wp-mail.php atau http://sitekamu.com/directoryblog/wp-mail.php. Halaman ini harus selalu diakses, untuk wordpress dapat melakukan pengambilan post dari e-mail kamu. Memang lumayan rumit, tidak seperti menyetting posting blog via e-mail. Tetapi kamu bisa melakukan ini secara otomatis, sehingga kamu tidak harus mengakses halaman ini terlebih dahulu agar dapat menampilkan postingan terbaru. Kamu bisa menggunakan salah satu cara otomatisasi berikut:
    • Memasukkan Source ke dalam iFrame
      Masukkkan source berikut ke dalam halaman depan blog kamu, agar setiap pengunjung yang mengunjungi blog kamu otomatis mengakses halaman ini juga.
    • Menggunakan Cron Job
      Lakukan setting cron job di panel hosting kamu, dan aktifkan dalam jangka waktu tertentu. Misalkan 15 menit.
      kode cron job: php -q http://sitekamu.com/directoryblog/wp-mail.php
    • Menggunakan Postie Plugin
      Bisa juga menggunakan Postie Plugin.3

Kamu sekarang sudah dapat melakukan posting dari e-mail 🙂

baca juga artikel lain:

tutorial blogging
memilah dan memilih judul dengan google keyword tools
pengertian keyword
mengoptimalkan seo
search engine optimization
situs komunitas blogger
microblogging
cara membuat link blogroll bergerak
cara membuat photoblog
membuat readmore pada blogger
memasang kalender cantik
posting artikel blogger via email
membuat link field di blogger
free template
cara mengganti template

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar