Cara Membuat PhotoBlog

Photoblog (fotoblog) merupakan sebuah blog layaknya blog biasa, tetapi isi posting utamanya berupa foto. Dalam setiap postingan, si blogger bisa memberi keterangan tambahan, tapi bisa juga hanya berisi foto saja. Yang jelas, tentu perbandingan antara text dan foto lebih besar fotonya.

Sekarang ini photoblogging mulai banyak dilirik juga. Ada yang membuat photoblog karena hobi, ada juga yang karena dia tidak bisa atau tidak suka menulis jadi semua digambarkan lewat foto, seperti kata pepatah, Pictures paint a thousand words. 😀

Untuk membuat photoblog sama saja dengan membuat blog biasa. Bisa menggunakan blog gratisan seperti blogspot, wordpress.com, blogsome, dan sebagainya. Ada juga situs layanan khusus photoblog seperti: www.photoblog.com. (flickr.com beberapa orang juga mengkategorikannya dalam photoblog).

Kalau dilihat-lihat, tidak semua photoblogger itu hasil fotonya bagus2, karena memang tidak hanya fotografer yang bisa/boleh membuat photoblog, tapi semua orang bisa. Bagus dan jelek itu sama sekali bukan masalah.

Kamera? Pakai handphone juga bisa, kan. Asal jepret? Tidak masalah. Asalkan diposting secara konsisten, tentu hasilnya akan bagus. Apalagi kalau sebuah photoblog mengambil tema tertentu.

Yang paling penting, itu hasil jepretan sendiri. Dan lagi, kadang keindahan foto kan relatif. Kalau sudah terbentuk menjadi sebuah photoblog pastinya orang akan tertarik melihatnya. 🙂

Untuk lebih jelas tentang photoblog, di bawah ini ada beberapa contoh situs photoblog, semoga bisa memberi gambarannya.

Sedikit tips,
# Jika hendak memposting foto kita bisa memberi watermark atau signature penanda di foto itu, yang berupa alamat email, nama, atau alamat photoblog. Bisa di kanan/kiri bawah asal tidak mengganggu foto tersebut.
# Kita juga tidak perlu memasang foto dengan resolusi yang besar. Yang sedang saja, asalkan gambar tidak menjadi pecah.
# Rasio atau ukuran foto satu dengan lainnya diusahakan seragam, agar terlihat rapi.
# Warna background page sebaiknya netral (hitam, putih, abu2), sehingga tidak ‘mengganggu’ warna dari foto2 yang ditampilkan.
Selamat mencoba 😀

baca juga artikel lain:

tutorial blogging
memilah dan memilih judul dengan google keyword tools
pengertian keyword
mengoptimalkan seo
search engine optimization
situs komunitas blogger
microblogging
cara membuat link blogroll bergerak
cara membuat photoblog
membuat readmore pada blogger
memasang kalender cantik
posting artikel blogger via email
membuat link field di blogger
free template
cara mengganti template

2 Comments on Cara Membuat PhotoBlog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar