Prestasi UMY

JUARA KOMPETISI ROBOT NASIONAL 2009

kompetisi robot

Tiga mahasiswa Teknik elektro UMY, Ibrahim Agil, Rama Okta Wiyagi dan Handri Sumarwan meraih juara pertama dalam ‘Robo Line Follower Contest’. Kontes robot ini diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UGM) Yogyakarta pada Sabtu 18 Juli 2009. Robo Line Follower Contest merupakan kegiatan yang diselenggarakan Techno Corner UGM. Dalam kompetisi ini, robot-robot saling berpacu pada lintasan yang bergaris hitam. Selain harus cepat, robot harus mampu membaca garis hitam lintasan, sehingga robot dapat berjalan dengan stabil. Tim yang tergabung dengan nama TeamUS ini mampu menyisihkan 100 peserta dari PTN-PTS seluruh Indonesia yang mengikuti kompetisi ini.

Mahasiswa Fakultas Hukum UMY Mengikuti Pertukaran Mahasiswa ke Malaysia

student exchange

Sebanyak enam mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FH UMY) berangkat ke Malaysia pada 20 Juli 2009 untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa di Ahmad Ibrahim Kulliyyah of Laws International Islamic University of Malaysia (AIKOL IIUM). Keenam mahasiswa yang telah melewati serangkaian proses seleksi tersebut nantinya akan tinggal di asrama IIUM dan mengikuti kuliah sit in di AIKOL IIUM selama satu bulan. Selama di Malaysiwa, mahasiswa juga diharuskan untuk mempresentasikan makalah mengenai sistem hukum di Indonesia. Keenam mahasiswa tersebut adalah Yunita Rahmawati, Lutu Dwi. P, Ariza Umami, Dhanis Astuti, Hardini Meigy Sari, dan Nur Fitriya Rumodar.

Program pertukaran ini merupakan program unggulan FH UMY bekerja sama dengan AIKOL IIUM yang telah berlangsung sejak tahun 2007. selain mengirimkan mahasiswa, FH UMY juga menerima mahasiswa dari AIKOL UMY untuk belajar di FH UMY selama satu tahun.

Tim UMY Raih Juara II Lomba Debat Bahasa Inggris

Tim dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang beranggotakan Ardhy Nugrahanto Wokas mahasiswa Kedokteran Gigi dan Habibi Kurniawan mahasiswa Hubungan Internasional meraih Juara II lomba debat Bahasa Inggris bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Tingkat Kopertis Wilayah V. Selain meraih juara II, Ardhy Nugrahanto Wokas juga memperoleh The Best Speaker. Lomba debat ini diadakan oleh Kopertis V Daerah Istimewa Yogyakarta di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada 12-13 Juni 2009 diikuti oleh 39 tim yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Yogyakarta.

Mahasiswa Agribisnis UMY Raih Shell LiveWire BSA

lomba

Rifki Suprapto, mahasiswa Agribisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terpilih menjadi salah satu dari sepuluh pemenang Shell LiveWire Business Start Up Awards (BSA) 2009.

Shel LiveWIRE Business Start_Up Awards (BSA) 2009 merupakan program dari PT. Shell Indonesia yang telah dilakukan tiga kali sejak 2003. Kegiatan ini ditujukan untuk wirausahawan pemula berusia 18-32 tahun dan telah memulai usaha minimal tiga bulan. Peserta yang mengikuti lomba merupakan wirausahawan-wirausahawan muda yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan penghargaan tersebut, Rifqi memperoleh hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 20 juta, piagam penghargaan, dan juga pendampingan usaha selama dua tahun. Sebelumnya, Rifki juga mendapatkan beasiswa dari Kopertis V Yogyakarta berupa pinjaman lunak sebesar Rp 22.705.000,00 selama dua tahun.

Juara I Tingkat Nasional Lomba Penelitian Medical Informatics 2009

Penelitian Medical Informatics

Mahasiswa PSIK (Program Studi Ilmu Keperawatan) UMY, Junaidi, dan Cendy Legowo yang berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) berhasil melakukan modifikasi stetoskop akustik dengan menggunakan perangkat lunak untuk mengolah sinyal dan alat auskultasi (mendengarkan suara di dalam tubuh pasien) jantung dan paru menjadi stetoskop elektronik. Dengan hasil karya ini pula, kedua mahasiswa tersebut berhasil menjadi juara I Lomba Penelitian yang diselenggarakan oleh AToMA (’Advanced Technology of Medical Atmajaya’), dengan tema “Medical Informatics for Better Health Care”, di Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta, 10 Januari 2009. Dalam lomba itu, juara II diraih oleh Universitas Indonesia (UI) dan juara III diraih Universitas Atmajaya Jakarta.

Juara III Lomba Debat di Festival Budaya Hukum 2008

lomba debat

Mahasiswa Fakultas Hukum UMY memenangkan juara tiga di lomba debat hukum dalam Festival Budaya Hukum 2008 di Universitas Pancasila. Debat yang dilaksanakan pada 19-22 November 2008, tim debat FH UMY terdiri dari Irwansyah, Maulana, dan Emy Hajar Abra. Lomba debat yang diikuti mahasiswa dari 20 Perguruan Tinggi se-Indonesia ini merupakan kejuaraan debat nasional yang diadakan setiap tahun.Kompetisi debat ini diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) dan Persatuan Mahasiswa Hukum Indonesia (PERMAHI).Perlombaan ini merupakan event bergengsi bagi mahasiswa hukum Indonesia, karena tempat berkumpulnya semua mahasiswa hukum untuk beradu argumentasi, dan meningkatkan kualitas pembelajaran hukum terbaru yang ada di negara Indonesia.

Paduan Suara UMY Raih Perak di ITB 2008

paduan suara

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PSM UMY) meraih perak pada Festival Paduan Suara XXI ITB 2008 (FPS XXI ITB 2008). Festival ini diselenggarakan di Intitut Teknologi Bandung (ITB) dari tanggal 24-31 Agustus 2008. PSM UMY mendapatkan perak di kategori lagu rakyat Indonesia yaitu walang kekek dari Yogyakarta, dan ketipak-ketipung dari Sumatra Utara. Penilaian kategori pada festival tersebut dilihat dari artistik lagu yang dibawakannya, koreografi yang sesuai dengan lagu, dan vokal dari tiap-tiap pesertanya.

Dua Mahasiswa UMY mengikuti IELSP di Amerika Serikat

umy

Dua mahasiswa Universitas Muhammmadiyah Yogyakarta mengikuti Indonesia English Language Study Program (IELSP) di Amerika Serikat. Mereka adalah Risa Qoni’ah dan Miftahul Ulum, keduanya merupakan mahasiswa ilmu hubungan internasional angkatan 2005. Program tersebut dilaksanakan selama dua bulan (8 minggu), mulai tangggal 16 Agustus sampai 23 oktober 2008 dan ditempatkan di universitas yang berbeda. Risa ditempatkan di Universtitas Arizona sedangkan Ulum ditempatkan di Universitas Arcansas. IELSP merupakan program beasiswa penuh (full funded) dari IIEF (the Indonesian International Education Foundation) yang menawarkan kesempatan untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris di universitas-universitas di Amerika Serikat.Program rutin ini sudah dilakukan sejak tahun2007.

Mahasiswa UMY ikuti Harvard Academic Conference

Witri Elvianti, mahasiswa Hubungan Internasional UMY terpilih untuk mengikuti Harvard Academic Conference yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia tanggal 21 sd 24 Agustus 2008. Konferensi yang diselenggarakan oleh Harvard University USA ini, merupakan konferensi akademisi (Strata 1, Strata 2, dan Strata 3) tingkat internasional yang diikuti oleh 30 negara di Asia.

untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi website UMY disini :

www.umy.ac.id

baca juga artikel lain:

tipe tipe mahasiswa umy
lika liku kehidupan mahasiswa
alamat universitas muhammadiyah yogyakarta
daftar blog gratis domain umy
ternyata bukan hanya mahasiswa dosen pun ikut
bidang keilmuan umy
aktivitas sosial umy di bidang kesenian
aktivitas sosial umy di bidang olah raga
fakultas dan program studi universitas muhammadiyah yogyakarta
penerimaan mahasiswa baru umy
jalur kemitraan kedokteran umum umy
fasilitas umy
pimpinan universitas muhammadiyah yogyakarta
peringkat universitas terbaik di indonesia di dunia tahun 2010
visi misi umy
sejarah umy

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar