Bagaimana Pengunjung Menemukan Blog Anda?

Jika Anda saat ini lagi belajar bisnis internet atau ingin mencari uang dari internet, traffic merupakan faktor utama yang harus diperhatikan. Seperti anggapan yang ada, semakin banyak traffic suatu blog (dijadikan sumber uang) maka akan semakin tinggi pula penghasilan blog tersebut. 😀

Jadi, jika memang benar Anda ingin meningkatkan traffic blog maka sudah saatnya mencari tahu sebenarnya dari mana pengunjung bisa menemukan dan sampai ke blog Anda. Beberapa pakar seo berpendapat, dengan mengetahui sumber kedatangan pengunjung maka sangat memungkinkan kita untuk meningkatkan traffic blog tersebut. Kenapa?

Karena dengan mengetahui sumber pengunjung maka kita bisa lebih fokus untuk menulis artikel tentang topik tersebut, sehingga kita tidak perlu lagi membuang-buang waktu menulis topik yang sebenarnya tidak diminati oleh pencari informasi atau pengunjung. Ini cuma pendapat saya aja lhoo…

Berikut ini beberapa cara pengunjung bisa menemukan blog Anda:

Mesin pencari, pada saat spider mesin pencari menemukan blog Anda, maka artikel tersebut akan diindex oleh mesin pencari. Semakin banyak mesin pencari mengindex artikel pada sebuah blog maka akan semakin besar kemungkinan blog tersebut dikunjungi oleh orang lain. Ketika seseorang mencari informasi yang berkaitan dengan artikel tersebut maka ada kemungkinan artikel Anda yang akan ditampilkan pada hasil mesin pencari dan seorang pencari informasi tersebut bisa saja datang berkunjung. Untuk blog/webiste yang sudah seo friendly, mesin pencari merupakan sumber traffic yang paling besar pada sebuah blog atau website.

Situs Bookmark, situs social bookmark seperti del.icio.us, digg, facebook, twitter, stumbleupon, lintasberita, infogue dan lainnya bisa memberikan traffic sesaat yang melimpah, tetapi dengan catatan artikel yang Anda tulis harus menarik dan berkualitas sehingga mendapat rating yang bagus dari pemakai situs bookmark tersebut. Ketika ada ada artikel Anda yang menjadi top story pada situs bookmark ini biasanya traffic akan sangat ramai sekali.

Newsfeeds, dengan memakasimalkan situs newsfeed ini maka kita membangun sebuah komunitas pelanggan setia, setiap orang harus mendaftarkan emailnya, sehingga ketika kita menulis Artikel baru kemungkinan besar teman yang sudah mendaftar akan mendapat pemberitahuan dan kemungkinan besar orang tersebut akan datang berkunjung kembali ke blog kita.


Link Blog Anda di blog lain, teman, keluarga dan orang lain yang mengetahui dan memberikan backlink menuju blog Anda. Semakin banyak backlink dari blog lain maka kemungkinan semakin banyak traffic blog Anda.

Komentar pada blog lain, ketika meninggalkan komentar pada sebuah blog maka pemilik blog atau pengunjung blog yang membaca artikel tersebut kemungkinan akan berkunjung juga keblog Anda.

Bookmark Browser, ketika seseorang merasa tertarik pada sebuah blog dan dia menandai/bookmark blog tersebut maka kemungkinan suatu saat dia akan dengan mudah menemukan blog tersebut dengan cara mengklik link bookmark.

Media Massa, untuk yang satu ini sangat jarang, namun ketika sebuah media memberitakan tentang blog Anda maka sudah pasti pengunjung akan sangat ramai.

Okey, saya yakin masih banyak jalan pengunjung menemukan blog Anda, yang belum saya sebutkan diatas. Ada yang mau menambahkan? 🙂

8 Comments on Bagaimana Pengunjung Menemukan Blog Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar