Merubah New Template ke Template Classic

sebenernya udah pernah saya bahas cara mengganti template di sini,

Pengen pake template2 baru yang banyak beredar gratis di Internet? Trus pengen nambah pernak-pernik atau asesori blog, seperti tutorial di buku maupun blog lain?
Saran saya sih mengubah templatenya ke template classic saja. Kecuali, kalo sudah bisa menemukan tipe template gratis New Blogger yang memang sesuai keinginan. Template classic, yaitu template yang kode-kodenya berupa HTML biasa. Beda dengan template asli New Blogger yang formatnya XML.

Menurut saya, keuntungan jika menggunakan template classic yaitu, kode-kodenya mudah dipelajari, banyak contoh-contoh website untuk belajar HTML dan CSS. Jadi kalau mau mengubah-ubahnya, kita bisa mencari berbagai referensi di Internet. Situs bagus untuk referensi: www.w3schools.com (Tutorial: HTML dan CSS).

Cara mengubah ke template classic:
1. Buka blogger.com, sign in dengan username dan password di New Blogger kita.
2. Pada halaman dashboard, klik link ‘layout‘ pada blog yang ingin kita edit template-nya.
3. Lalu akan muncul halaman (tab) untuk mengatur template. Di menu-menu bagian atas di bawah menu Template, klik ‘Edit HTML‘.
4. Akan muncul halaman yang berisi box kode-kode template. Lihat di bagian paling bawah halaman tersebut (di bawah box kode). Klik ‘Revert to Classic Template‘.

Lalu ikuti langkah2 selanjutnya di layar. Setelah itu, template kita akan menjadi template classic. Di template classic, untuk memodifikasinya, di bawah tab menu template kita bisa menggunakan menu Edit HTML. Di situlah kita bisa utak-atik, nambahin kode2 asesori lain.

Untuk mengganti template:
Copy-paste template baru (hasil download free template) ke dalam box kode yang ada di halaman tersebut.Lalu, klik Save Template Changes.

Situs download Free Template:
Blogskins, BloggerTemplates, Simple-Blogskins, Pannasmontata, dll.

CATATAN:
Template versi New Blogger dengan template classic masing2 punya kelebihan dan kekurangan.

Kalo template asli New Blogger, kelebihannya: kita bisa menambahkan page elemen dgn mudah kalau terima apa adanya layout yang sudah tersedia (standar). Kekurangannya: ada web2 penyedia template new blogger, tapi masih jarang. Trus buat nambah2in script (kode) di bagian ‘Edit HTML’-nya kadang-kadang tidak berhasil untuk script2 tertentu.

Kalo template classic, kelebihannya seperti yang sudah disebutin di atas2. Kekurangannya: tidak ada page elemen seperti buat nampilin label di sidebar (tapi di postingan tetep ada), buat nampilin news feed dr google secara otomatis.
Tapi semua kekurangan ini bisa dilakukan dengan cara manual (nambahin kode2 sendiri, dengan berbagai referensi).

pengen template gratis dengan tampilan yang bermacam-macam silahkan disni

baca juga artikel lain:

tutorial blogging
memilah dan memilih judul dengan google keyword tools
pengertian keyword
mengoptimalkan seo
search engine optimization
situs komunitas blogger
microblogging
cara membuat link blogroll bergerak
cara membuat photoblog
membuat readmore pada blogger
memasang kalender cantik
posting artikel blogger via email
membuat link field di blogger
free template
cara mengganti template

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar