Aktivitas Sosial UMY Di Bidang Kesenian

a. Drum Corps
Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dewasa ini, perlu kiranya didukung oleh unsur-unsur lain yang ada di dalamnya, diantaranya adalah meningkatkan sumberdaya manusia serta menjunjung tinggi mutu lulusannya. Berdasarkan alasan-alasan tersebut maka pada bulan juni tahun 1997 telah disepakati bersama berdirinya Drum Corps Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan mulai dipersiapkan sgala keperluan perlengkapan , pelatih dan penerimaan yang kesemuanya masih ditangani oleh UKM kesenian bekerjasama dengan Unniversitas.
Mulai awal bulan Juni telah ditetapkanlah jadual latihan, kegiatan-kegiatan pendukung, pemilihan pengurus dan lain-lain. Dalam waktu yang relatif singkat, maka pada tanggal 17 Agustus 1997 UKM DRUM CORPS UMY diresmikan diawali dengan pentas perdana, pada saat peresmian kampus terpadu UMY.
Dengan berdirinya UKM Drum Corps ini diharapkan dapat menambah maraknya kegiatan kemahasismaan dan dapat memberi warna terhadap perkembangan UMY.

b. Teater

Telah dipercaya untuk menggarap sebuah paket produksi teaterisasi puisi dan lagu yang berjudul “kearifan dan penjual kacang” karya MH Ainun Najib yang ditayangkanpada  tanggal 19 Februari 1995 di TPI, dalam rangka  hari raya Idul Fitri.
Telah berhasil mementaskan karya-karya sendiri di berbagai even di DIY dan Jawa Tengah
Selalu ikut dalam Pagelaran Teater Musim Panas.

c. Kelompok Paduan Suara

Berdiri tanggal 16 Desember 1994. Prestasi yang pernah diraih antara lain : pada bidang tarik suara juara l putra, juara l putri dan juara 3 putri serta dinobatkan sebagai juara umum putra dan juara umum putri  dalam lomba karaoke se DIY  tahun 1994.

d. Band

Saat ini, Studio UMY merupakan studio paling megah dan elit di banding studio di Universitas lainnya meski baru dibentuk bulan Juni. (Gitar : Fender Stratocaster, Bass : Ibanez, Keyboard : Korg I4, Drum : Pearl, Sound : menggunakan seperangkat Peavey)
Prestasi yang pernah diperoleh adalah termasuk dalam 10 besar festival band mahasiswa se- Jawa Bali pada tahun 1995. Bersama

e. Senirupa

Seni rupa dewasa ini adalah alat baru untuk mengenali eksistensialisasi diri, mengorganisasikan mode-mode kepekaan baru. Untuk merespon fungsi-fungsi baru tadi tentu diperlukan kemampuan penciptaan sebuah karya seni. Keinginan beberapa mahasiswa untuk dapat berekspresi dalam bidang seni rupa tertahan karena belum adanya fasilitas yang mendukung. Maka berawal dari itu maka lahirlah Unit Kegiatan mahasiswa Seni Rupa (UKM Seni Rupa) yang diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1997. UKM ini ingin menyediakan wadah bagi mahasiswa UMY yang tertarik untuk terjun di bidang seni rupa, baik sarasehan, pelatihan atau pameran.

f. Fotografi

Sebagai mahasiswa, selain bidang studi yang ditekuni tentulah dia juga mempunyai minat atau bakat dalam bidang tertentu. UKM Fotografi dibentuk agar mahasiwa UMY peminat fotografi bersama-sama belajar mendalami/mengasah kemampuan fotografinya. Dengan belajar bersama akan dapat saling bertukar informasi dan pengalaman. UKM Fotografi didirikan pada tanggal 17 Agustus 1997 bersamaan dengan peresmian kampus terpadu. Dalam berbagai programnya UKM Fotografi UMY telah meleksanakan diklat bagi mahasiswa UMY dan  umum, pemotretan bersama/hunting, mengikuti perlombaan tingkat nasional, pameran foto dan kegiatan lain yang mendukdung.

g. Muhammadiyah MultiMedia Kine Club

Muhammadiyah Multi Media Kine Klub (MMKK) dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1997 yang dimotori oleh rekan-rekan dari fisipol. Tujuan semula adalah untuk mengantisipasi akan kebutuhan akan studi kasus dan kemampuan untuk menganalisa kasus-kasus yangada. Akan tetapi dalam perkembangannya MMKK diusulkan menjadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di UMY. Sehingga lingkup geraknya menjadi lebih luas. Di dalam MMKK program kerja yang utama adalah penelaahan,pengkajian  dan refleksi dari film-film. Fil tersebut tidak hanya film komersiil saja akan tetapi juga film-film dokumenter maupun tampilan iklan. MMKK mempunyai link ke UMY, Muhammadiyah dan Sekretariat Nasional Kine Klub Indonesia.

h. Gamelan

baca juga artikel lain:

tipe tipe mahasiswa umy
lika liku kehidupan mahasiswa
alamat universitas muhammadiyah yogyakarta
daftar blog gratis domain umy
ternyata bukan hanya mahasiswa dosen pun ikut
bidang keilmuan umy
aktivitas sosial umy di bidang kesenian
aktivitas sosial umy di bidang olah raga
fakultas dan program studi universitas muhammadiyah yogyakarta
penerimaan mahasiswa baru umy
jalur kemitraan kedokteran umum umy
fasilitas umy
prestasi umy
pimpinan universitas muhammadiyah yogyakarta
peringkat universitas terbaik di indonesia di dunia tahun 2010
visi misi umy
sejarah umy

7 Comments on Aktivitas Sosial UMY Di Bidang Kesenian

  1. A formidable reveal, I just strolls this onto the latest associate who had previously been conducting a bit studies over it. And then he in fact bought us breakfast time considering I uncovered these for regard on your man.. grin. Now i often reword designed to: Thnx for any take on! However this is why Thnkx going for spending enough time to touch upon this enlightening, I believe enthusiastically on this and really like browsing find out more concerning question. Probably, while you grow experience, may spirit modernizing your internet site site with an increase of facts? It really is tremendously excellent for for my situation. Significant thumbs completely up with the short article!. Please visit me at Twin Bed Bedspreads

  2. A formidable share, I just given this onto a colleague who was doing a little bit analysis on this. And he in truth purchased me breakfast as a result of I found it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the deal with! But yeah Thnkx for spending the time to debate this, I feel strongly about it and love studying extra on this topic. If possible, as you turn into experience, would you mind updating your weblog with more details? It is highly useful for me. Big thumb up for this weblog publish!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar