Aktivitas Sosial Di Bidang Keilmuan UMY

a. Lembaga Penelitian Kampus Mahasiswa ( LPM ) ” Nuansa “
Pers Mahasiswa merupakan sarana bagi mahasiswa untuk menyalurkan ide kreatif  dalam bentuk tulisan dan melahirkan pikiran segar guna mengaktualisasikan diri dalam merespon permasalahan keumatan. Keberadaan pers kampus dalam realita empiris sangat signifikan untuk mensosialisasi alternatif pemikiran-pemikiran terhadap permasalahan-permasalahan yang tengah berlangsung di tengah mahasiswa maupun masyarakat.
Dari kondisi yang demikian, diawali dengan sebuah pendidikan dan latihan di Wisma Puas Kaliurang pada tanggal 21-24 November 1996 oleh SMPT UMY, UMY bekerjasama dengan kelompok studi Lingkaran, lahirlah Lembaga Pers Mahasiswa NUANSA. Kelahirannya langsung ditinjaklanjuti dengan penerbitan tabloidnya yang pertama dan kedua. Namun lembaga ini masih dibawah naungan Senat Mahasiswa Perguruan Tingi (SMPT). Baru pada tanggal 17 Agustus 1997 yang lalu Lembaga Pers Mahasiswa NUANSA diresmikan langsung oleh rektor UMY sebagai unit kegiatan mahasiswa. Namun untuk kalangan mahasiswa sendiri namanya LPM NUANSA.

b. Pelatihan dan Pengembangan Bahasa

Memasuki pergantian abad 21, kita dihadapkan pada tantangan yang tidak hanya berasal dari dalam negeri, namun juga berasal dari luar. Tantangan dari luar berupa masuknya pencari kerja luar negeri dalam bursa kerja yang seharusnya menjadi bagian kita. Sehingga sumber daya yang meningkat merupakan tuntutan yang tidak dapat ditunda lagi. Sebab pada dasarnya  perdagangan bebas merupakan wahana persaingan  antar kualitas sumber daya manusia.
Banyak bukti ang dapat kita dari berbagai negara maju yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, karena memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk memenangkan persaingan tersebut penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris menjadi sangat penting. Berangkat dari kenyataan tersebut maka dibentuklah wadah yang bisa digunakan sebagai sarana belajar bersama dalam penguasaan bahasa Inggris.

c.  Mahasiswa Pecinta Retorika

Kemajuan sains dan teknologi pada era modernisasi ini sangat di dominasi oleh transformasi informasi dan komunikasi. Kecenderungan yang mengglobal ini akan lebih berdaya guna jika ditopang dengan sumber daya manusia yang mampu menguasai tehnik berkomunikasi secara profesional.
Retorika sebagai seni berkomunikasi hadir di tengah tengah kehidupan dan aktivitas mahasiswa sebagai dasar pijakan dan patokan untuk mengembangkan wawasan dan daya kreativitas mahasiswa dalam seni komunikasi yang mencakup : public relation, MC, Pidato, Moderator dan aktivitas lainnya di bidag komunikasi.

d. Kelompok Penelitian Mahasiswa

Di tengah era kesejagatan dewasa ini, kebutuhan akan hal-hal yang inovativ semakin mendesak. Ini tidak lepas dari pesatnya pembangunan material maupun sumberdaya manusia. Perkembangan bangsa Indonesia ternyata di sisi lain banyak menimbulkan fenomena-fenomena yang menarik untuk diteliti.
Hasil-hasil penelitian tersebut sangat dibutuhkan sebagai upaya mengungkap fakta yang timbul di masyarakat. Fenomena masayarakat yang komplek ternyata menjadi sebuah permasalahan yang tentunya menghendaki adanya sebuah pemecahan.
Berangkat dari itu kami mahasiswa yang tertarik dengan kegiatan penelitian mencoba untuk urun rembuk membantu memecahkan permasalahan yang timbul di dalam masyarakat. Kelompok ini diharapkan dapat menumbuhkan minat penelitian di kalangan mahasiswa, mengembangkan pola pikir yang terarah dan memasyarakatkan budaya penelitian di kalangan mahasiswa.

baca juga artikel lain:

tipe tipe mahasiswa umy
lika liku kehidupan mahasiswa
alamat universitas muhammadiyah yogyakarta
daftar blog gratis domain umy
ternyata bukan hanya mahasiswa dosen pun ikut
aktivitas sosial umy di bidang kesenian
aktivitas sosial umy di bidang olah raga
fakultas dan program studi universitas muhammadiyah yogyakarta
penerimaan mahasiswa baru umy
jalur kemitraan kedokteran umum umy
fasilitas umy
prestasi umy
pimpinan universitas muhammadiyah yogyakarta
peringkat universitas terbaik di indonesia di dunia tahun 2010
visi misi umy
sejarah umy

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar