Cara Membackup Blog Secara Online melalui Blog wordpress

Untuk backup artikel secara Online tentunya banyak sekali cara yang bisa di tempuh, diantaranya yaitu melalui Blog wordpress

  • Backup Online di WordPress.com
  • Di wordpress.com, selain kita memposting artikel seperti halnya di blogger.com, ada fasilitas untuk memasukan seluruh artikel yang telah diposting di account blogger melalui fasilitas Impor. Dengan fasilitas impor ini, sobat hanya menekan satu tombol untuk import maka seluruh artikel yang telah di posting di blogger termasuk juga komentar-komentarnya akan secara otomatis di masukan ke dalam account blogger untuk di tampilkan di blog sobat yang di wordpress. Untuk melakukan proses import di wordpress.com, langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentunya sobat harus mempunyai sebuah account wordpress. Bagi yang belum mempunyai account di wordpress, silahkan daftar dulu sendiri di sini !. Tentang cara-cara daftar, saya yakin sobat sudah bisa melakukannya. Sekarang saya anggap sobat sudah mempunyai sebuah account di wordpress. Untuk cara membackup artikel sobat yang ada di blogger.com/blogspot ke wordpress, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

    1. Silahkan login dulu di wordpress dengan id sobat
    2. Apabila sobat masih menggunakan bahasa inggris, saya sarankan untuk mengubahnya ke bahasa indonesia agar lebih nyambung dengan yang akan saya bahas. Silahkan perhatikan ke sebelah atas, klik tulisan My dashboard, kemudian klik Users, lalu klik Your Profile. Arahkan perhatian ke bagian tengah layar monitor, lihat tulisan Interface Language. Disamping tulisan Interface Language ada menu dropdown, silahkan klik menudropdown tersebut lalu pilih yang Id – bahasa Indonesia. Yang terakhir klik tombol update Profile ยป. Sekarang dashboard sobat menjadi berbahasa indonesia.
    3. Klik menu Kelola.
    4. Klik sub menu bertuliskan Impor.
    5. Klik tulisan Blogger. Akan ada tulisan pengantar dari wordpress. Kemudian klik tombol Otorisasi.
    6. Setelah itu akan muncul panel untuk Login ke blogger.com. Silahkan login dulu di blogger dengan id sobat.
    7. Akan muncul peringatan dari Google Account, klik tombol Grant acces. Tunggu beberapa saat.
    8. Sobat akan masuk kembali ke panel wordpress. Apabila sobat mempunyai beberapa blog dalam satu account blogger, maka blog-blog tersebut seluruhnya akan di tampilkan. Pilih artikel blog mana yang mau di impor. Klik tombol Impor yang berada di sebelah kanan yang sejajar dengan judul blog yang mau di impor.
    9. Tunggu sampai proses impor selesai. Mungkin proses impor ini akan memakan waktu yang cukup lumayan lama, ini tergantung dari banyaknya artikel yang di impor dari blogger. Jika jumlah posting sudah sangat banyak, mungkin bisa memakan waktu lebih dari satu jam. Silahkan sobat minum kopi dulu untuk sekedar menunggu proses impor berlangsung
    10. Selesai.

    silahkan mencoba untuk berjaga-jaga ๐Ÿ˜€

    Be the first to comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.


    *


    Skip to toolbar