PageRank Tidak Mempengaruhi SERP

Tahukan Anda bahwa sekarang pagerank tidak lagi dijadikan penilaian bagi sebuah halaman situs atau blog yang menentukan peringkat dalam SERP. Bisa saja blog dengan pagerank 0 mengalahkan posisi blog dengan pagerank 7 misalnya untuk beberapa kata kunci. Jadi saran saya bagi blogger pemula, jangan takut untuk bersaing dengan blog blog papan atas, Dan bagi blogger yang mempunyai blog dengan pagerank tinggi, sebaiknya Anda jangan terobsesi dan takut pagerank Anda akan jatuh, karena pagerank bukanlah segalanya.

What you see is not what you get: Menurut Matt Cutts, pagerank itu bersifat compoted countinously. Jadi jika Anda melihat pagerank 5 bisa saja kenyataanya halaman tersebut memiliki pagerank 7 atau bahkan di bawah 5. Google mempunyai tools tersendiri untuk menghitung pagerank disesuaikan dengan algoritma yang telah ditentukan, maka dari itu, pagerank itu bersifat dinamis dan baru akan diupdate pada interval-interval tertentu.

Toolbar PageRank Updates Do Not Influence SERP, Matt Cutts: Toolbar Pagerank hanyalah sebuah pagerank update. Meskipun Anda tidak mempunyai pagerank, Google masih mempertimbangkan sekitar 200 aspek lain untuk menentukan ranking pada SERP. Jadi jangan heran jika ada situs yang memiliki pagerank lebih rendah mempunyai ranking yang bagus di SERP dibandingkan dengan situs dengan pagerank tinggi.

Google Lowers Manually Pagerank For Sites That Are Selling Links, Danny Sullivan: Saya telah bertanya ke Google dan mereka mengkonfirmasi bahwasannya nilai pagerank akan direndahkan secara manual untuk situs-situs yang sengaja menjual link. Google juga menyatakan situs-situs tersebut dapat masuk ke Google Sandbox atau bahkan dibanned oleh Google.

It Doesn’t Determine Your Google Footprint, Vanessa Fox: Jika ada satu hal yang bisa mendeterminasi Google footprint Anda, maka hal tersebut bukanlah PageRank.

Oke jadi intinya seperti ini, pagerank bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan peringkat sebuah halaman di SERP Google. Jadi jangan terobsesi dengan pagerank. Anda bisa mendapatkan pagerank tinggi dengan menerapkan teknik black hat SEO. Namun apalah artinya jika peringkat Anda buruk di search engine karena ketidakrelevanan isi halaman yang Anda optimisasi. Jadi bagaimana menurut Anda?

artikel lain tentang SEO

DISINI

79 Comments on PageRank Tidak Mempengaruhi SERP

  1. Mungkin yang sebenarnya ialah pagerank halaman single tersebut yang berpengaruh. Jadi, bukan pagerank halaman utama/home. Setahu saya, halaman single-post juga punya pagerank dan itu ditentukan oleh kuantitas maupun kualitas backlink yang diperolehnya.

  2. kalo bukan pemain bisnis online ga ada pengaruhnya yaaa…, yang penting enjoy aja sambil dinikmati berselancar n bisa bersilaturahim nambah wawasan dan persaudaraan.

    trims atas infonya, sukses selalu n TETAP SEMANGAT

  3. Yupz betul banget. Pagerank sekarang tidak ada gunanya dalam menentukan hasil dalam SERP. Apalagi kontes SEO, pagerank nda berfungsi sebagai apa-apa. πŸ™‚

  4. Betul banget, Yoga… tapi untuk dapat job paid reviews, PR penting banget tuh…
    Blog happy family belum mendapatkan PRnya lagi setelah ganti domain πŸ™

    Link Tutorial Blogging sudah dipasang di Friends’ Links…

  5. aku rasa sudah sejak lama demikian mas
    Google sangat memperhatikan konten yang lebih relevan biar tidak mengecewakan pengguna search engine

  6. beberapa kali saya cek pagerank saya nol,. tapi dengan kata kunci tertentu malah artikel saya jadi pertamax di google,. terutama yang bikinan sendiri,. sepertinya memang sudah saatnya blogging secara sehat,. (karena saya memang tidak tahu-menahu tentang SEO, hehehe,,)

  7. Memang benar, PageRank tidak mempengaruhi SERP, tapi hal ini berlaku pada situs dinamis seperti blog atau situs statis yang relevansi kuat pada title, URL, isi.
    Pada situs statis atau situs komersial, pagerank (pagerank didapat secara alami) sangat berpengaruh bila semua situs telah mengoptimasi pada title, URL, isi. Maka optimasi keyword unik sesuai dengan katagori tapi belum dimaksimalkan oleh suatu situs, perlu kita buat, agar dengan keyword tersebut menempatkan situs kita peringkat TOP10.

  8. Di tahun 2011 ini Google menggunakan metode algoritma baru yaitu Panda. Menurut saya metode ini lebih bersahabat dengan penulis2 konten natural seperti kita ini, cuma tetap harus diperhatikan backlink dan tema blog itu sendiri. Karena seperti kata pepatah yang menyatakan Konten adalah Raja dan Backlink adalah Ratunya. Senang bisa berbagi… Trims

  9. Wah baru tau nih mas ternyata PR ngga ngaruh sama posisi SERP. Saya sempat bingung juga waktu nyoba beberapa kata kunci di Google, yang nongol diposisi atas koq malah ada blog baru dengan Alexa rank yang masih jutaan, padahal saingannya sudah PR1 – PR2 !! Ternyata PRnya tidak mempengaruhi tho yaa..

    • iya, saya juga dulu penasaran apakah PR pengaruh dengan posisi blog di serp.dan akhirnya saya coba, membuat postingan dengan blog lama saya, dan membuat postingan yg sama di blog baru saya, dan hasilnya posisi yg bagus di serp ya blog baru saya.tapi pasti masih banyak trik yg lain. banyak org2 yg ahli di masalah ini

  10. Maskipun pagerank tidak berpengaruh lagi di hasil SERP google karena algoritma baru Google Panda yang lebih menekankan useful post tapi dikalangan blogger sepertinya kebanggaan memperoleh PR tinggi masih ada. Saya pernah baca sebuah posting yang menyatakan bahwa pagerank google merupakan medali penghargaan dari google atas jerih payahnya..
    Nice share agan…

  11. saia mau bertanya pak joko, bagaimana bisa, website statis yang hanya punya 1 – 3 halaman saja bisa mempunyai pagerank tinggi?
    sementara blog dengan ratusan bahkan ribuan postingan hanya punya pagerank 1?

    • pak joko? saya bukan pak joko.

      kalau menurut saya website yg hanya punya 1-3 halaman lebih banyak memiliki backlink tinggi dan traffik terhadap web tersebut lebih tinggi dibandingkan blog yang beribu2 posting

      • Justru web yang web sedikit asal High Quality Content pasti google ngasih PR tinggi, apalagi kalau ditambah pake autority backlink tambah mantap PR nya…

        Sedangkan kalau posting ribuan konten tapi Low Quality Content ya percuma, pasti google ogah nyentuh web kayak gitu apalagi web yang ribuan konten cuma kopas aja..

        Kalau salah mohon dikoreksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar