Study

Jatuh bangkit lagi! Jatuh bangkit lagi! Semangatt !!

Tetap Fit saat Berpuasa

Posted by Vira Fajri__2011 12.576 Comments

Puasa adalah saatnya menahan lapar dan haus selama seharian atau mulai fajar hingga terbenamnya matahari, namun supaya aktivitas kamu saat bulan puasa bisa berjalan lancar seperti hari-hari normal, tentunya kita harus menjaga kesehatan dan pola makan yang tepat saat sahur dan buka puasa. Menjaga pola makan dapat memberikan energi supaya tubuh kita tidak terasa lemas disiang hari.

ini ada beberapa tips untuk tetap fit saat bulan puasa ramadhan:

1. Perbanyak makan buah dan sayur saat sahur dan buka puasa, karena jika pola makan kita teratur dan sehat maka kondisi badan kita akan tetap stamina, serta memberikan kebutuhan gizi dan vitamin, tentunya perbanyak memakan makanan yang mengandung sumber karbohidrat. makanlah buah sebelum makan nasi, karena buah dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh. Memperbanyak makan buah juga membantu mengurangi dehidrasi saat siang hari waktu berpuasa.

2. Perbanyak minum air putih dan hindari minuman kopi atau yang bersoda. saat berpuasa kita akan kehilangan cairan dalam tubuh saat siang hari (dehidrasi) karena kebutuhan air putih minimal 2,5 liter perhari atau sekitar 8 gelas, maka minumlah air putih secukupnya saat berbuka dan saat sahur. kopi mengandung kafein yang menyebabkan kita gampang mengeluarkan cairan dalam tubuh, padahal seharusnya kita harus menyiapakan cairan agar tidak dehidrasi disiang hari, selain itu kopi dan minuman bersoda tidak baik untuk lambung, terutama saat berpuasa, yang mengakibatkan lambung perih dan dapat terjadi magh.

3. Minum vitamin, namun jangan sembarangan meminum vitamin, misalnya vitamin yang malah membuat lambung perih. Vitamin digunakan untuh menambah stamina saat berpuasa, namun sebaiknya konsultasi kedokter sebaiknya mengkonsumsi vitamin apa saat berpuasa.

4. Tidur yang cukup, Saat ramadhan kebiasaan tidur menjadi berkurang, jika kita mengikuti tadarusan setelah usai solat tarawih, namun kita harus cukupi waktu tidur, seusai tadarusan sebaiknya langsung istirahat. dan disiang hari sebaiknya perlu beristirahat agar kondisi badan tetap fit hingga akhir bulan ramadhan.

5. Olahraga, puasa olahraga?? tidak masalah, bahkan olahraga saat berpuasa dapat menjaga dan membantu sirkulasi kerja oksigen yang mengalir dalam tubuh kita. namun, jangan melakukan olahraga berat, olahraga ringan saja, misalnya jalan pagi setelah solat subuh.

itu saja tips-tips sehat berpuasa,
Berpuasa bukan menjadi salah satu alasan untuk tidur dan malas-malasan, jaga kesehatan, pola makan yang sehat dan teratur, lakukan kegiatan seperti biasanya, Semoga kita mendapat keberkahan dibulan ramadhan ini.

selamat berpuasa,

Categories: Menambah Ilmu

About Vira Fajri__2011

Ikhlas dan Sederhana

PROFIL AKU

Vira Fajri__2011

Ikhlas dan Sederhana


Popular Posts

Menjaga kecantikan a

Siapa sih yang ga mau terlihat cantik? yang udah cantik ...

Menghilangkan rasa g

Mengganggu banget kan ya kalo rasa grogi itu tiba2 dateng ...

Tentang aku

Hello .. Hello .. Came on say hello for me ...

Mom, I love you

bukan hanya sebuah kata yang terurai hingga menjadi sebuah kalimat ...

Cara mengisi liburan

Musim liburan nih, biasanya liburan dimanfaatkan untuk refreshing, jalan-jalan, mudik, ...