Study

Jatuh bangkit lagi! Jatuh bangkit lagi! Semangatt !!

Tidur saat berpuasa, berpahala??

Posted by Vira Fajri__2011 0 Comment

Alhamdullilah sebentar lagi kita bertemu dengan bulan Ramadhan. Bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim didunia. Karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan, penuh dengan ampunan dan kebaikan untuk seluruh umat muslim. dibulan Ramadhan semua pahala dilipat gandakan. bahkan ada hadist yang mengungkapkan bahwa tidur saat berpuasa itu berpahala. Benarkah?? dan tidur seperti apa yang disebut berpahala??

نَوْمُ الصَّائِمِ عِبَادَةٌ ، وَصُمْتُهُ تَسْبِيْحٌ ، وَدُعَاؤُهُ مُسْتَجَابٌ ، وَعَمَلُهُ مُضَاعَفٌ

Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Diamnya adalah tasbih. Do’anya adalah do’a yang mustajab. Pahala amalannya pun akan dilipatgandakan.

Perowi hadis tersebut adalah Abdullah bin Aufi yang dibawakan oleh Al-Baihaqi dalah syu’abul Iman 3/1437. Dalam hadis ini terdapat Ma ‘ruf bin Hasan dan sulaiman bin Amr yang merupakan perowi yang dhoif (lemah). Banyak orang yang menganggap tidur saat berpuasa itu ibadah dan di gunakan untuk bermalas-malasan saat berpuasa yang dinilai tidur saat ibadah itu berpahala.

Namun bagaimana yang dimaksud tidur saat berpuasa itu ibadah??
Tidur yang dimaksudkan bernilai saat berpuasa adalah Tidur yang dimaksudkan untuk menguatkan diri saat berpuasa. tidur siang untuk beristirahat dengan niat agar kuat berpuasa hingga waktu berbuka tiba. bukan tidur dengan maksud bermalas-malasan saat berpuasa.

Sudah jelas kan hadist yang mengatakan bahwa tidur saat berpuasa itu hadist dhoif (lemah). jadi gunakanlah waktu berpuasamu dengan hal-hal yang positif. jangan gunakan waktu berpuasa untuk tidur dan bermalas-malasan, hal itu sangatlah sia-sia bukan mendapat pahala.
Selamat menunaikan ibadah puasa 🙂
semoga apa yang kita lakukan mendapat pahala dari-Nya, Aminn ..

Categories: Menambah Ilmu

About Vira Fajri__2011

Ikhlas dan Sederhana