Study

Jatuh bangkit lagi! Jatuh bangkit lagi! Semangatt !!

Mengganggu banget kan ya kalo rasa grogi itu tiba2 dateng disaat yang tidak tepat, contohnya ketika kita sedang persentasi. sering, dan ga cuma satu atau dua orang yang ngalamin hal kaya gitu. dan aku pun merasakan gimana saat grogi itu dateng. bener2 ngrusak suasana banget. dan terkadang meskipun kita udah nyiapin rapi saat drumah, dh belajar, dah yakin, tapi saat didepan kelas masih grogi, hilang semua apa yang sudah kita pelajari. waduh rasanya campur aduk, malu, takut, gemetar, dan rasanya pengen cepet2 mengakhiri persentasi saat itu.

Tapi apakah kita selamanya akan seperti itu. selalu takut ketika berbicara didepan umum, slalu mempermalukan diri kita sendiri. ga lah yaaa… Nah, skrg kita sama2 belajar yuk gimana sih caranya ngilangin rasa grogi itu. iri kan liat beberapa orang disekitar kita yang pandai bicara, menguasai materi, lancar, pede, wah rasanya bener2 perfect. Mari mari kita ikutin trik2 mereka yaaa…

Pertama:

Persiapan yang matang. setiap agenda/ kegiatan, akan berjalan dengan lancar jika kita sudah menyusun dengan rapi. persiapkan segala sesuatu. Misalkan kita akan persentasi, siapkan materi apa yang akan kita bahas, setiap materi pasti ada kata2 yang sulit dimengerti atau sebuah kalimat yang perlu dipertanyakan, sebaiknya kita menyusun. kita rancang kira2 setelah persentasi apa yag akan di pertanyakan oleh audience. kita pelajari dulu, setidaknya kuasai materi bagian kita. tapi lebih baik jika kita kuasai semua, oke.. ga mungkin kan kita persentasi, trus ada yang tanya kita tidak tau. bakal Mati kutu kita didepan.

Kedua:

Tenang. sebisa mungkin kita tenang, gimana caranya? kan dh mau persentasi, pasti deg2an, takut, dan perasaan2 yang lain tiba2 muncul. Caranya… kita ngobrol dengan teman2 sekelas kita, ngobrol biasa, becanda, seolah2 kita tidak sedang akan mengahadapi persentasi. jadikan suasana mencair sebelum masuk kelas, agar tidak tegang sebisa mungkin datang sebelum jam dimulai, sehingga kita bisa merefleksikan diri. supaya tidak tegang ya.

Ketiga:

Ubah persepsi kamu. Biasanya sebelum kita mulai persentasi kita dah ciut duluan. aku bisa ga ya? ak salah ga ya? ak … bla .. bla .. bla .. mereka pinter, mereka berani, sedangkan aku?? kamu mau tau, seorang yang profesional pun memiliki rasa grogi itu. tapi mereka bisa mengendalikan rasa takut itu dan menjadikan kekuatan untuk tampil lebih efektif dan menajubkan. dan saat ini jadi diri kamu sendiri “be your self” orang lain yang akan menilai bukan diri kita. oarang lebih suka kita tampil apa adanya. pakai bahasa yang biasa kamu pakai, perlahan lahan kita akan terbiasa kemudian akan mengubah bahasa jika sudah terbiasa bicara didepan kelas.

Keempat:

Rileks, saat persentasi kamu boleh berjalan, bergerak kemana kamu mau, karena waktu persentasi semua itu hak kamu. bergerak, jalan2, menghampiri teman2, itu bisa menghilangkan rasa grogi kamu. ga harus berdiri tegak menghadap audience, atau berdiri menghadap layar LCD, cobalah untuk berjalan.

Kelima:

Biasakan diri kamu bicara didepan orang banyak, dengan ikut organisasi yang ada disekolah mu atau di kampus, itu cara efektif untuk berani bicara didepan umum.

 

Oke, itu aja tips2 dari aku, mari kita kalahkan rasa takut dan grogi ya, oya, sebelum persentasi boleh dong minum air putih biar adem, hihihi.. selamat mencoba, semoga sukses ya kawan 🙂

Categories: Menambah Ilmu
Foto Profil dari Vira Fajri__2011

About Vira Fajri__2011

Ikhlas dan Sederhana

PROFIL AKU

Foto Profil dari Vira Fajri__2011

Vira Fajri__2011

Ikhlas dan Sederhana


Popular Posts

Menjaga kecantikan a

Siapa sih yang ga mau terlihat cantik? yang udah cantik ...

Menghilangkan rasa g

Mengganggu banget kan ya kalo rasa grogi itu tiba2 dateng ...

Tentang aku

Hello .. Hello .. Came on say hello for me ...

Mom, I love you

bukan hanya sebuah kata yang terurai hingga menjadi sebuah kalimat ...

Cara mengisi liburan

Musim liburan nih, biasanya liburan dimanfaatkan untuk refreshing, jalan-jalan, mudik, ...