vita

belajar ngeblog

LATAR BELAKANG

Program Insentif Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi yang dikelola oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2000. Program ini terbuka bagi dosen perguruan tinggi yang telah memiliki buku teks pembelajaran yang diturunkan dari pengalaman penelitiannya dalam bidang ilmu apapun yang telah diterbitkan.

Tidak sedikit jumlah dosen Indonesia yang berpengalaman, dalam melakukan penelitian yang berhasil. Dosen yang mengikuti program penelitian multitahun seperti Hibah Bersaing, Hibah Tim Pascasarjana, Hibah Strategis Nasional, Hibah Kompetensi, dan Riset Unggulan Terpadu telah mengenal state of the art dalam bidang keahliannya. Pengalaman tersebut sepatutnya dimanfaatkan sebagai modal dasar untuk menulis buku teks. Namun sangat disayangkan jumlah buku yang ditulis dosen masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah dosen yang tercatat di perguruan tinggi Indonesia, yaitu sekitar 150 ribu orang.

Tahun anggaran 2011, DP2M meluncurkan program penulisan buku ajar khusus untuk dosen PTS yang kemudian dibuka pula untuk PTN. Program ini tidak membiayai penyiapan atau penerbitan naskah buku, tetapi menyediakan sejumlah dana insentif bagi penulis yang telah memiliki atau menerbitkan buku. DP2M Ditjen Dikti mengharapkan para penulis mengirimkan satu eksemplar buku yang telah diterbitkan oleh penerbit komersial maupun perguruan tinggi.

Bagi para penerima insentif, hak kepengarangan tetap ada pada penulis. Royalti tetap menjadi hak penulis atau institusi tempat penulis bekerja. Royalti adalah suatu yang perlu diraih untuk menggerakkan perguruan tinggi berotonomi. Perlu ditambahkan bahwa credit point penulisan buku menurut peraturan kenaikan pangkat yang baru cukup menarik, dalam bidang ilmu apa pun.

MAKSUD

Program ini  bertujuan memacu para dosen untuk terus meneliti dan terus menulis, khususnya menulis buku perguruan tinggi. Kegiatan seperti ini pada akhirnya jelas akan meningkatkan publikasi ilmiah dan memperkaya wawasan ilmiah dalam kegiatan meneliti dan mengajar seorang dosen. Bagi para mahasiswa, buku yang dihasilkan akan menjadi sarana belajar atau pemahaman ilmu.

BESARNYA INSENTIF

Insentif yang diberikan paling banyak Rp15 juta per judul dipotong pajak sesuai ketentuan berlaku, bergantung pada kualitas terbitan dan penerbitnya.

PERSYARATAN PENERIMA INSENTIF

Program ini terbuka bagi semua dosen yang telah mempunyai buku yang telah diterbitkan dan belum pernah mendapat insentif. Program ini tidak diperuntukkan untuk buku yang telah pernah menerima hibah buku teks.  Jenis buku yang dapat diajukan untuk mendapatkan insentif adalah buku ajar, kompendium, monograf, pengayaan pembelajaran atau modul pengajaran, yang didasarkan pada data dan informasi hasil penelitian yang diselenggarakan di Indonesia. Buku yang diajukan bukan hasil terjemahan atau saduran dan harus bebas dari plagiarisme. Buku manual untuk pengoperasian program komputer, petunjuk praktikum, tesis/disertasi, dan laporan penelitian tidak akan dipertimbangkan.

Buku yang diajukan harus sudah lengkap. Unsur buku yang harus ada: (1) Prakata, (2) Daftar Isi, (3) Batang tubuh yang terbagi dalam bab atau bagian, (4) Daftar Pustaka, (5) Glosarium, (6) Indeks (sebaiknya).

Buku beserta persyaratan administrasi dikirimkan kepada:

Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Gedung Dikti Lt. 4 Jl. Pintu Satu Senayan, Jakarta 10270

 

Berkas yang dikirimkan terdiri atas:

  1. Surat pengantar
  2. Buku yang telah terbit
  3. Biodata penulis (lihat format terlampir)
    1. Nama, alamat kantor dan rumah, nomor telepon/faks kantor, rumah dan email
    2. Riwayat pendidikan sejak tingkat Sarjana
    3. Nama mata kuliah yang diasuh
    4. Jumlah mahasiswa bimbingan yang telah memperoleh Diploma, Sarjana (S-1), Magister (S-2), dan Doktor (S-3).
    5. Penelitian yang pernah dilakukan dengan sponsor yang membiayai
    6. Daftar artikel yang diterbitkan dalam majalah ilmiah.
    7. Daftar buku yang pernah diterbitkan dan penerbitnya
  4. Surat pernyataan di atas kertas bermaterai yang memuat:
    1. Nama mata kuliah yang akan memanfaatkan buku tersebut sebagai buku pegangan atau buku pengayaan.
    2. Bahwa buku bebas dari plagiarisme
    3. Menyebutkan bidang ilmu berdasarkan “konsorsium” ilmu (Agama, Sastra dan Filsafat, Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Sosial, Pertanian, MIPA dan Farmasi, Teknik, Psikologi, Kesehatan dan Olahraga, atau Seni).
    4. Pengesahan oleh Rektor, Dekan, atau Ketua lembaga penelitian perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional.
  5. Data isian (soft copy) menggunakan cd dengan format diunduh dari website: http://dikti.kemdiknas.go.id.

MEKANISME PEMBERIAN INSENTIF

1.      Buku dari pengusul akan diseleksi oleh suatu tim dan dievaluasi berdasarkan persyaratan administrasi dan kriteria penilaian yang telah ditentukan.

2.      Kriteria penilaian antara lain: kelengkapan unsur suatu buku teks, kemutakhiran pustaka, track record penelitian, produktivitas publikasi artikel ilmiah, keterkaitan naskah dengan pengajaran dan penelitian, keterbacaan, kualitas ilustrasi, khalayak pembaca, dan kriteria lainnya.

3.      Dana insentif hanya diberikan kepada penulis atau penulis pertama (jumlah penulis tidak lebih dari tiga orang), yang telah menyelesaikan administrasi, dan dana diserahkan setelah perjanjian ditandatangani.

JADWAL

Buku diajukan selambat-lambatnya tanggal 14 Oktober 2011. Para pengusul yang terpilih akan diumumkan pada bulan Nopember.

 

 

 

Categories: Penulisan

PROFIL AKU

vita


Popular Posts

Introduce

Diyah Ayu Novita Sari,  adalah saya seorang pegawai dan juga ...

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Tips Mengatasi Mabuk

Untuk mengantisipasi masalah mabuk di kendaraan, anda bisa mempersiapkan hal ...

my family

adalah keluargaku...                            

Workshop Peningkatan

Dasar Pemikiran Urgensi penyebarluasan hasil riset mutakhir dan strategis nasional dari ...