vita

belajar ngeblog

Dasar Pemikiran

  1. Urgensi penyebarluasan hasil riset mutakhir dan strategis nasional dari kalangan perguruan tinggi termasuk di dalamnya hasil teknologi tepat guna, paten, artikel ilmiah terbaru bagi khalayak luas, dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang langsung dapat memanfaatkan hasil riset tersebut bagi kemajuan bangsa serta kemandirian rakyat Indonesia di era global, amatlah mendesak untuk dielaborasi model dan formulasi kerjasamanya antara kedua belah pihak.
  2. Penyebarluasan hasil-hasil riset strategis nasional tersebut tentu membutuhkan media jurnal ilmiah yang berkualitas baik aspek isi, penampilan, penyebarluasan serta pemasaran yang luas, dan mudah dijangkau oleh para peneliti, masyarakat pengguna, serta dunia usaha maupun industri yang membutuhkannya. Karena itu upaya pengelolaan keredaksian dan penyebarluasan jurnal ilmiah yang terencana, fokus, dan berkelanjutan  patut kita ikhtiarkan.
  3. Semakin beragamnya jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi maupun pusat studi di lingkungan perguruan tinggi di Indonesia di satu sisi, dan makin ketatnya proses akreditasi jurnal ilmiah berbasis instrumen berkala ilmiah terbaru (2011) di sisi lain, tentu dibutuhkan ketekunan serta keuletan tim pengelola bagi keberlanjutan jurnal ilmiah yang benar-benar bermutu sekaligus terakreditasi baik nasional maupun internasional di masa mendatang.
  4. Sebaran publikasi ilmiah dari para ilmuwan Indonesia memang kurang menggembirakan dibandingan negara-negara jiran di Asia Tenggara. Hasil survei yang pernah dilansir Thomson Scientific USA (2004) mencatat,  bahwa sebaran publikasi ilmiah ilmuwan Indonesia sebanyak 522, jauh di bawah Malaysia 1428, Thailand 2397, dan Singapura sebanyak 5781 publikasi ilmiahnya yang tersebar melalui jurnal-jurnal internasional (Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, 2010).

Dalam hal jurnal ilmiah perguruan tinggi di Indonesia yang terakreditasi nasional pun mengalami penurunan. Data Dirjen Dikti, Diknas RI tahun 1996 – 2005 menunjukkan, jurnal ilmiah yang terakreditasi sebanyak 473 jurnal (12,9%) dari keseluruhan jurnal ilmiah yang tercatat di PDII LIPI sebanyak 3.650 jurnal. Adapun hasil peringkat jurnal ilmiah yang terakreditasi nasional sebagai berikut, peringkat jurnal ilmiah yang terakreditasi dengan nilai C sebanyak 311 (65,8%), nilai B 135 (28,5%), dan nilai A sebanyak 27 jurnal (5,7%). Khusus Perguruan Tinggi Muhammadiayh (PTM), jurnal ilmiah yang terakreditasi nasional sebanyak 19 jurnal (4%) dengan menggunakan instrumen akreditasi jurnal ilmiah tahun 2002 dari 135 jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Kini, dengan instrumen akreditasi jurnal ilmiah tahun 2006, jurnal ilmiah terbitan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang lolos akreditasi nasional hanya 5 jurnal, satu di antaranya jurnal ilmiah Media Hukum yang diterbitkan oleh fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, 2010).

  1. Peningkatan kapasitas staf pengelola jurnal ilmiah di lingkungan program studi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dengan harapan kelak dapat terakreditasi kiranya menjadi ikhtiar LP3M UMY. Melalui Workshop Peningkatam Kapasitas Staf Pengelola Jurnal Ilmiah (Terakreditasi), berbagi pengetahuan serta pengalaman antarstaf pengelola jurnal ilmiah tentu dapat menjadi media pembelajaran bersama yang amat berharga di kemudian hari.  Semoga bermanfaat.

Tujuan Workshop

  1. Meneguhkan komitmen serta kepedulian dalam mengembangkan mutu pengelolaan jurnal ilmiah antarstaf pengelola jurnal ilmiah di lingkungan  program studi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  2. Meningkatkan kapasitas pengelolaan jurnal ilmiah menuju berkala ilmiah terakreditasi bagi  staf pengelola jurnal ilmiah di lingkungan program studi.
  3. Mengembangkan kemampuan belajar bersama serta berbagi pengalaman antarstaf pengelola guna meningkatkan kapasitas tata kelola jurnal ilmiah.

 Pokok Bahasan

1. Seluk beluk tata kelola jurnal ilmiah (Terakreditasi)

2. Belajar dari MEDIA HUKUM UMY:

    Mungkinkah Kita Lakukan?

 Penyelenggaraan

Workshop Peningkatan Kapasitas Staf Pengelola Jurnal Ilmiah (Terakreditasi) InsyaAllah akan diselenggarakan Rabu, 18 April 2012, pukul 08.00 – 12.00 WIB di AULA Belajar LP3M UMY gedung KH. Mas Mansur (Perpustakaan) lt. 2 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Peserta yang diharapkan hadir dan menjadi peserta aktif dalam workshop ini adalah staf pengelola jurnal ilmiah di lingkungan program studi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Masing-masing pengelola jurnal diharapkan mengirimkan utusan (staf pengelola) maksimal 2 (dua) orang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Categories: Workshop

PROFIL AKU

vita


Popular Posts

Introduce

Diyah Ayu Novita Sari,  adalah saya seorang pegawai dan juga ...

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Tips Mengatasi Mabuk

Untuk mengantisipasi masalah mabuk di kendaraan, anda bisa mempersiapkan hal ...

my family

adalah keluargaku...                            

Workshop Peningkatan

Dasar Pemikiran Urgensi penyebarluasan hasil riset mutakhir dan strategis nasional dari ...