berbagi ilmu yang bermanfaat

forum bebas untuk berekspresi

Guru Kurang Mampu Tampil Optimal Dalam Menjalankan    Tugasnya (Mengajar di Dalam/Luar Kelas)

Dalam mengajar di dalam kelas setiap guru mempunyai gaya,cara atau metode mengajar yang berbeda-beda, yang tentunya semua itu mempunyai tujuan yang baik yaitu untuk mencerdaskan setiap peserta didiknya. Semua itu akan terlaksana dengan baik apabila setiap gaya, cara atau metode mengajar guru tersebut dapat secara optimal dijalankan. Tampil optimal disini artinya guru dalam mengajar di dalam kelas benar-benar menguasai materi yang akan disampaikan, mampu mengajarkan materi tersebut dengan baik sehingga para murid paham, dan terdapat komunikasi yang baik antara guru dan murid tersebut, sehingga dapat tercipta suasana di kelas yang menyenangkan.

Tapi faktanya sekarang ini banyak guru yang hanya mengajar yang istilahnya hanya sebagai tuntutan pekerjaan atau untuk sekedar mencari uang saja. Ini semua terjadi karena guru tersebut tidak mempunyai tujuan dalam setiap mengajarnya. Guru tidak mengusai materi yang akan diajarkan dengan baik, tidak bisa menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik, hal ini yang akan terjadi apabila guru kurang mampu tampil optimal dalam menjalankan tugasnya ketika mengajar di dalam kelas.

Untuk menjadikan peserta didik yang cerdas dan berkualitas itu tentunya tidak lepas dari peran guru itu sendiri, mulai dari bagaimana mengajarnya guru itu di dalam kelas, bagaimana guru itu dalam menyampaikan materi di kelas, bagaimana metode yang digunakan, dan bagaimana cara yang digunakan guru supaya para peserta didik menjadi paham dengan materi pelajaran yang diajarkan, dan yang lebih penting lagi  cara guru dalam berkomunikasi apakah sudah terjalin dengan baik. Itu semua dapat terjawan dengan baik apabila seorang guru mampu tampil optimal saat mengajar.

Menjalin komunikasi yang baik kepada peserta didik adalah hal pertama yang harus dilakukan seorang guru.  Apabila sudah terjalin suatu komunikasi yang baik antara guru dan peserta didik maka saat kegiatan pembelajaran berlangsung akan menjadi lebih enak, menyenangkan, dan para siswa merasa senang dalam menerima materi pelajaran yang diajarkan. Sebaliknya apabila guru tersebut kurang mampu menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didiknya maka yang terjadi adalah para siswa cenderung tidak senang, merasa bosan, dan memilih ramai di kelas atau ngobrol kepada temanya ketimbang mendengarkan atau memperhatikan guru yang sedang mengajar tersebut. Kalu hal tersebut yang terjadi maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai dengan baik karena ketidakmampuan guru tersebut dalam menjalankan tugasnya.

Jadi supaya dapat terjalin komunikasi yang baik antara guru dan peserta didik, hal yang perlu dilakukan adalah seorang guru tersebut mampu tampil optimal dalam menjalankan tugasnya mengajar dengan baik di dalam kelas maupun saat di luar kelas.

 

Categories: Guru Islam

PROFIL AKU

wahyu budi nugroho


Popular Posts

Tantangan Pendidikan

Teknologi modern telah memungkinkan terciptanya komunikasi bebas lintas benua, lintas ...

terapi untuk para ah

Fuad Baraja, siapa yang tidak kenal dengan orang satu ini. ...

Kehujanan???? ga lay

Musim hujan sudah tiba. . . yang menggantikan musim kemarau ...

Peringatan 1 Muharro

Dalam rangka memperingati 1 Muharrom 1434 H, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ...

"no day without writ

No day without writing, this is the sentence that we ...