Analisis Materi Qur’an Hadits Kelas XI

  Pendidikan Islam   9 November 2012

 Al-Qur’an dan Al-Hadits merupakan bagian yang penting dari Agama Islam, karena Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat Islam untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Kalau Al-hadits adalah tuntunan dari segala perbuatan dan perkataan Nabi Muhammad SAW yang selanjutnya menjadi pedoman bagi semua umat Islam di seluruh dunia. Sehubungandenganhal tersebut, materi pelajaranAl-Qur’an dan Al-Hadits sangat baik diberikan bagi peserta didik padamatapelajaran Pendidikan Agama Islam serta berperan penting dalampencapaiantujuanPendidikan Agama Islam.Materi pelajaran Al-Qur’an dan Al-Haditsinihanyadiberikan di sekolah-sekolah yang berbasisAgama Islam/keislamanseperti Madrasah Ibtidaiyyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah ‘Aliyah (MA) sertasekolah-sekolahIslam lainsepertiSekolahDasar Islam (SDI), SekolahMenengahPertama Islam (SMPI) danSekolahMenengahAtas Islam (SMAI).

Mata pelajaranini diajarkanoleh guru di antaranyadenganmengacupadabuku ajar yang berjudulPendidikan Al-Qur’an dan Al-Haditskelas 11untukSMA/SMK/MA Muhammadiyah. Buku ini ditulis oleh Achmad Muhammad, M.Ag dan diterbitkan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Jl. Gedongkuning 130 B Yogyakarta 55171. Buku ini sesuai dengan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) ISMUBA yang mengacu pada standar isi dan standar kompetensi Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Buku ini ditulis menyesuaikan standar isi Kurikulum mata pelajaran Al’Qur’an dan Al-Hadits tahun 2008.

Agar dapatmengajarkanmateriAl-Qur’an dan Al-Haditsinidenganbaik dan benar, maka guru dituntutuntukmampumenganalisismateri yang disajikandalambukutersebut, dimana dalam analisis yang dilakukan guru tersebut dapat mengetahui kekurangan dalam buku dan selanjutnya diperbaiki/disempurnakan. Setelah itu hasil analisis guru tersebut dapat dimanfaatkan dalam pengajaran yang diberikan kepada peserta didik. DalammakalahiniakandiuraikananalisisterhadapmateribukuPendidikan Al-Quran dan Al-Hadits untuk Madrasah ‘Aliyahkelas11.

 

PEMBAHASAN

 

  1. A.    Analisis Profil dan Isi Buku

Buku yang akan dianalisis dalam makalah ini berjudul Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits untuk Madrasah Aliyah kelas 11, yang ditulis olehAchmad Muhammad, M.Ag dengan editor Dr. Tasman Hamami, M.A dan diterbitkan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY. Di sampul depan yang berwarna cokelat kekuninganterdapat ilustrasi gambar lilin-lilin kecil yang menyala yang dibawahnya terdapat gambar Al-Qur’an. Buku yang ditulisdenganmengacupadaKurikulumtahun 2008 inidimulaidenganprakata, kisi-kisibuku,  PedomanTransliterasi Arab-Latin, daftar Isi, silabus pelajaran danmasukkemateripelajaran 1 sampaipelajaran13. Pelajaran 1-8disampaikan di semester I, sedangkanpelajaran8-13disampaikan di semester II. Bukuinijugadilengkapidenganilustrasigambar yang cukup relevanpada sebagiansub BAB, namun peletakan gambar tersebut masih kurang tepat, karena kebanyakan gambar terletak pada akhir penyampaian materi. Seharusanya gambar-gambar ilustrasi akan lebih relevan apabila diletakkan pada awal setiap judul BAB, agar terlihatnyabagusdanmemperjelasdarijudul sub BAB.BagianIsi bukuinidiakhiridengandaftarpustaka.

 

Daftarisibukuiniadalahsebagaiberikut:

 

SEMESTER

BAB

TEMA

I (Gasal)

1

Keunggulan Orang Berilmu

2

Keutamaan Ulama

3

Berlomba Dalam Berbuat Kebaikan

4

Tingkat-tingka Umat Islam Dalam Menerima Al-Qur’an

5

Kebenaran Dan Kemurnian Al-Qur’an

  1. Kebenaran Al-Qur’an sebagai Wahyu Allah
  2. Tantangan Bagi yang Meragukan Al-Qur’an

6

Kedududkan Al-Qur’an Sebagai Petunjuk Ke Jalan Kebenaran

7

Sikap Amanah Dan Adil

  1. Membangun Sikap Amanah
  2. Berlaku Adil Dan Berbuat Ihsan

8

Nilai Bagi Orang Yang Menunjukkan Kebaikan

II (Genap)

9

Perilaku Orang Munafiq

10

Tanda Kekuasaan Allah Dalam Penciptaan Alam Semesta

  1. Surat al-Jatsiyah Ayat 12-13
  2. Surat al-‘Ankabuut Ayat 44
  3. Surat ar-Ruum Ayat 8
  4. Surat as-Sajdah Ayat 4

11

Larangan Merusak Alam

  1. Surat al-A’raaf Ayat 56
  2. Surat Shaad Ayat 27-28
  3. Surat ar-Ruum Ayat 41-42

12

Mencegah Kemunkaran

13

Sikap Amanah

 

 

 

 

B. Analisis Materi

Analisismateri yang akanpenulislakukanmeliputidariberbagaisegi, di antaranya: segibahasa(Arab dan Indonesia)dantulisannya, segikronologi penyampaian materi, segi relavansi materi dengan standar kompetensi, relavansi materi dengan kebutuhan siswa, ketepatan ayat Al-Qur’an dan Hadits, serta kualitas evaluasi belajarnya.

 

a)      AnalisaBahasa

Bahasa indonesia yang digunakan di buku ini sudah cukup dapat dipahami mengingat tidak banyak kesalahan penggunaan kata-kata yang sia-sia. Secara umum bahasa yang digunakan baik. Alur cerita yang dipaparkan pun menggunakan bahasa yang mudah dipahami.Namun ada beberapa bahasa yang digunakan dalam materi ini kurang cocok diantaranya :

Kekurangan

Kecocokan

Pendidikan AL-QUR’AN / AL-HADITS SMA/SMK/MA MUHAMMADIYAH untuk judul buku Pendidikan AL-QUR’AN DAN AL-HADITS Untuk SMA/SMK/MA MUHAMMADIYAH

 

Terdapat pula beberapa bahasa kasar yang tidak baik apabila diajarkan kepada peserta didik dan bahasa kasar tersebut harus diganti dengan bahasa yang baik saat menyampaikan materi.Agar peserta didik pun menerima kesan bahasa yang digunakan itu dengan baik.

Contoh bahasa yang kasar :

No

Bahasa Kasar

Bahasa Yang Baik

Halaman

Alinea

1

Madon

Suka bermain perempuan

44

7

2

Maling

Mencuri

44

7

3

Madat

Mengkonsumsi narkoba

44

7

4

Main

Berjudi

44

7

5

Air yang menjijikkan

Air mani

63

3

 

Serta terdapat pula peletakan kata ganti yang salah, yang seharusnya sebagai berikut yang benar :

No

Salah

Benar

Halaman

Alinea

1

Rasulnya

Rasul-Nya

53

2

 

b)     AnalisaTulisan

Kualitastulisan yang terdapatdi dalam bukuPendidikan Al-Qur’an dan Al-Haditsuntuk Madrasah ‘Aliyahkelas11ini sudahcukupbaik.BaiktulisanlatinmaupunArab sudahsangatjelasdanmudah untukdibaca. Untuktulisanlatinmenggunakan font Calibridenganukuran 14,sedangkanjenishuruf Arab yang digunakanadalah Traditional Arabic ukuran20.

Walaupun secaraumumtulisan dalam buku tersebutsudahbagus dan mudah untuk dibaca, namunmasihbanyakterdapat tulisan yang salah. Kesalahantulis yang paling banyakpenulistemukanadalah kesalahan dalam penulisaan bahasa Indonesia, danpenulisan huruf Arab yang harakatnya masih kurang lengkap pada kolom-kolom mufradhat, sertapenulisanistilah Arab denganhuruflatin atau beberapaistilah yang adatidaksesuaidenganPedomanTransliterasi Arab-Indonesia.Adapun kesalahan penulisan contoh hukum bacaan tajwid (ikhfa’) dalam contoh Arabseperti di bawahini,

 

Contoh kesalahan penulisan bahasa Indonesia:

No

Kesalahan

Benar

Hal

Alinea

1

kemanusiaannnya

kemanusiaannya

3

3

2

Majlis

majelis

3

5

4

6

3

Jamaah

Jama’ah

4

6

4

Prilaku

Perilaku

4

7

38

2

39

4

5

Takwa

Taqwa

8

2

9

4

9

4

10

7

10

8

6

Merasih

Merasakan

12

1

7

Social

Sosial

14

3

8

Bergantiang

Bergantian

17

11

9

Golongong

golongan

22

4

10

Surga Aden

Surga Adn

23

7

11

Mendagu

Mengaku

28

6

12

Kami

Kami

30

1

13

Siapaun

Siapapun

30

3

14

Irfomasi

Informasi

32

10

15

Keesaan

KeEsaan

34

3

16

Prinsip-rinsip

Prinsip-prinsip

39

4

17

Rangkain

Rangkaian

44

7

18

Hadis

Hadits

49

2

78

2

19

Alah

Allah

53

2

20

me mendustakan

Mendustakan

53

2

21

Menjukkan

Menunjukkan

53

2

22

Mendaygunakannya

Mendayagunakan

59

2

23

Anugrah

Anugerah

60

5

24

Trumbu

Terumbu

60

5

25

Memperbaikinya)

(Memperbaikinya)

69

5

26

Azab

Adzab

72

2

27

Indikasikasi

Indikasi

79

3

 

 

 

Contoh ketidaksempurnaan harakat pada ayat Al-Qur’an dalam buku :

No

Kesalahan

Benar

Hal

BAB

1

3cÎ)!$#͕tãî‘qàÿxî

3žcÎ)©!$#͕tãî‘qàÿxî

8

II

2

šÆÏBur¨$¨Z9$#

šÆÏBurĨ$¨Z9$#

11

II

3

ûøïr&$tB(#qçRqä3s?

tûøïr&$tB(#qçRqä3s?

13

III

4

ÏNù’tƒãNä3Î/!#$·èŠÏJy_

ÏNù’tƒãNä3Î/ª!$#$·èŠÏJy_

14

III

5

4’n?tã@ä.&äóÓx«

4’n?tãÈe@ä.&äóÓx«

19

IV

6

OÏ9$sß¾ÏmÅ¡øÿuZÏj9

ÒOÏ9$sß¾ÏmÅ¡øÿuZÏj9

20

IV

7

,Î/$y™ÏNºuŽöy‚ø9$$Î/

7,Î/$y™ÏNºuŽöy‚ø9$$Î/

20

IV

8

M»¨Zy_5bô‰tã

M»¨Zy_5bô‰tã

20

IV

9

!$#öNä.ããBù’tƒ

©!$#öNä.ããBù’tƒ

37

VII

10

û÷üt/Ĩ$¨Z9$#

tû÷üt/Ĩ$¨Z9$#

38

VII

 

 

 

Contoh kesalahan penulisan istilah Arab dengan huruf latin:

No

                Kesalahan

Benar

Hal

Alinea

1

Al-Ankabuut

Al-‘Ankabuut

VI

-

2

Gunnah

Ghunnah

10

9

3

Fastabiqul Khairat

Fastabiqul Khairaat

14

2

15

5

16

6

4

Mekah

Makkah

21

2

22

3

5

Nabi Muhamad

Nabi Muhammad

22

5

6

As-sabiquuna bi – al khairat

As-sabiquuna bi – al khairaat

23

6

7

Lahiriah

Lahiriyah

53

4

8

Fi sittati ayyam

Fi sittati ayyaam

65

2

9

Firaun

Fir’aun

75

5

 

 

 

 

 

 

 

Contoh kesalahan penulisan pada bacaan tajwid (ikhfa’):

 

No

Kesalahan

Benar

Halaman

Alinea

1

وِجْهَةٌ هُوَمُوَلِّيهَا

شَيْءٍ قَدِيرٌ

16

10

 

c)      Analisa Kronologi atauUrutanMateri

Setelahpenulismencermatisertamenganalisissecaraseksamaterhadapurutanpenyajianmateripada bukuPendidikan Al-Qur’an dan Al-Haditsuntuk Madrasah ‘Aliyah kelas11 ini, maka penulis menyimpulkan bahwa kronologi urutan materi sudah baik dan cukup relevan apabila diajarkan kepada peserta didik. Serta pesertadidikakanmerasaenakdannyamandenganurutansepertiitu.

 

d)     AnalisaRelevansi KesesuaianMateridenganStandarKompetensi

Materi yang disajikan pada BAB Isampai dengan BAB XIII sudah relevan dengan standar kompetensi yang ingin dicapai yaitu membaca dan memahami isi kandungan Al-Qur’an, serta menulis dan menghafalkan surat-surat dalam Al-Qur’an yang sudah ditentukan.Makaanalisispenulistentanghalinimenganggapsudahrelevan.

 

e)      Analisa Relevansi Materi dengan Kebutuhan Siswa

Menurut penulis relevansi materi dengan kebutuhan siswa sudah baik dan memadai apabila diajarkan. Karena materi-materi yang terdapat pada buku  Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Haditsuntuk Madrasah ‘Aliyah kelas11ini berguna serta bermanfaat pada kehidupan keseharian setiap peserta didik, yang nantinya sesudah mendapat materi pada masing-masing BAB, peserta didik dapat lebih mengerti dan mempraktekanya dalam kehidupan keseharian peserta didik.Sehingganantinyaakantercerminpadapengetahuandansikapdankehidupankeseharianpesertadidiktersebut.

 

 

 

 

 

 

f)       Analisa ketepatan Ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits

Ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits yang terdapat pada masing-masing BAB pada buku tersebut sudah tepat dan sesuai. Namun kebanyakan yang terdapat pada setiap BAB hanyalah ayat Al-Qur’an saja, yang dimana Haditsnya hanya terdapat pada BAB VIII dan XIII. Alangkah lebih baik jika pada masing-masing BAB tersebut terdapat ayat Al-Qur’an dan juga haditsnya, agar lebih meyakinkan saat diajarkan pada peserta didik.

 

g)      AnalisaTerhadapKualiatas EvaluasiBelajarnya

Peralatanmengajaratauinstrumenevaluasibelajar yang digunakandalambukuinisudahcukupbagusdanmemadai, walaupun masih terlihat terlalu monoton karena soal-soal evaluasi dari pelajaran pertama sampai akhir masih banyak yangsama karena memang isi materi BAB I sampai dengan BAB XIII sama dari segi pemaparan materi dan jenis-jenis soal yang disajikan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KESIMPULAN

 

Penulis telah melakukan analisis pada buku Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Haditsuntuk Madrasah ‘Aliyah kelas11 ini dan hasilnya telah dipaparkan pada uraian di atas, serta diperoleh kesimpulan sebagai berikut :

  1. Terdapat banyak kesalahan pada penulisan kata atau bahasa baik latin maupun Arabnya.
  2. Dari kata maupun bahasa latin yang digunakan pada buku ini banyak yang kurang tepat sehingga harus diganti dengan kata maupun bahasa yang lebih baik.
  3. Dalam penulisan bahsa Arab banyak dijumpai ayat-ayat Al-Quran yang harokatnya tidak lengkap, sehingga akan lebih baik bila harakatnya dilengkapi sehingga dapat mempermudah siswa dalam membaca teks Arabnya.
  4. Dari segi kronologi penyampaian materi sudah tepat apabila diajarkan pada peserta didik.
  5. Dari segi relevansi dengan standard kompetensi sudah baik dan memadai.
  6. Dari segi ketepatan ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai materi pendukung lainnya dengan tema pelajaran sudah cukup baik, namun Hadits yang terdapat pada materi-materi pada buku tersebut kurang, yang dimana hanya terdapat pada BAB VIII dan XIII.
  7. Dari segi kualitas belajarnya sudah cukup baik dan memadai, namun alangkah lebih baik jika soal yang disajikan berbeda-beda pada setiap BAB. Karena kebanyakan jenis soalnya sama.

 

Dengan demikian diperlukan banyak perbaikan pada buku ajar materi Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits untuk Madrasah ‘Aliyah kelas 11 ini, agar lebih baik dan dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam menerima materi pelajaran ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Majid bin Aziz Al-Qur’an Zindani, 1997. Mu’jizat Al-Qur’an dan As-sunnah tentang IPTEK. Gema Insani Press. Jakarta.

Abdushshamad, Muhammad Kamil, 2003. Mu’jizat Ilmiah dalam Al-Qur’an. Akbar     Media Eka Sarana. Jakarta.

Abu Zakariya Yahya ibn Syarf an-Nawawi, tt. Al-maktabah al-‘ilmiyah. Beirut.

Departemen Agama RI, 1967. Al-Qur’an dan Terjemahannya.

Ibnu Hajar al-Atsqalani, Fath al-Baari.

Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur’an al-‘Adhiim.

Imam Az Zabidi, 2002. Ringkasan Hadits Shahih Al Bukhari. Pustaka Amani. Jakarta.

M. Quraish Shihab, 1994. Membumikan Al-Qur’an. Penerbit Mizan. Bandung.

M. Quraish Shihab, 2000. Wawasan Al-Qur’an. Penerbit Mizan. Bandung.

Nawawi, Imam, 1999. Terjemah Riyadhus Shalihin. Pustaka Amani. Jakarta.

Otto Sumarwoto, 1997. Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Djambatan. Jakarta.

Yusuf Al Qaradlawi, 1997. Fiqih Peradaban : Sunnah sebagai Paradigma Ilmu Pengetahuan. Dunia Ilmu Surabaya.

Zaini Dahlan, 2007. Tafsir Al-Qur’an Juz 30. Ta’mir Masjid Baitul Qahhar UII Dan LAZIZ UII, Yogyakarta.

 

Tinggalkan Balasan

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE