berbagi ilmu yang bermanfaat

forum bebas untuk berekspresi

…PUTUS ASA…

Putus asa adalah suatu perbuatan yang sangat merugikan, terutama merugikan kita sendiri. Why????,, Karena sesorang yang telah putus asa tidak punya harapan, keinginan, harapan akan sesuatu yang semula ia inginkan atau ingin ia lakukan. Jadi putus asa dapat diartikan sebagai suatu tindakan dimana pada diri seseorang itu sudah tidak tertanam lagi rasa keingintahuan, semangat akan suatu hal sudah tidak ada, dan hanya menyerah serta penuh penyesalan.

Katakan “NO” pada putus asa. Prinsip ini harus selalu kita pegang teguh pada setiap diri individu agar selalu bersemangat dalam menjalani kehidupan dan hal apapun.

Menuruts Islam, dalam QS. Yusuf : 87

يَا بَنِيَّ اذْهَبُوا فَتَحَسَّسُوا مِنْ يُوسُفَ وَأَخِيهِ وَلَا تَيْئَسُوا مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِنَّهُ لَا يَيْئَسُ مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ

yang artinya :

“Hai anak-anakku, Pergilah kamu, Maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir”.

Ayat ini sudah jelas bahwa kita sebagai umat Islam tidak diperbolehkan untuk putus asa, dan hanya orang kafirlah yang berputus asa akan suatu hal.

Dalam ayat lain juga disebutkan dalam QS. Az-Zumar :

 قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

yang artinya :

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa[1314] semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Dengan tambahan ayat ini tentunya dapat menambah pengetahuan kita tentang larangan pada diri kita sebagai seorang muslim untuk berputus asa, dan selalu beristiqomah dalam menjalani kehidupan, penuh dengan semangat dan gairah hidup.

 

….SEMANGAT….

Untuk menanggulangi penyakit diatas yaitu “putus asa” dalam kehidupan kita, tentunya kita harus selalu bersemangat dalam hal apapun, entah itu pada hal yang mudah atau hal-hal yang sekiranya sulit untuk dihadapi.

Semangat adalah suatu bentuk sikap seseorang dalam menghadapi berbagai hal/menjalani kehidupan ini dengan penuh keingintahuan, ekspektasi ke depan, impian ke depan, rasa membara dalam jiwa akan hal sesuatu yang ingin kita capai/dapatkan/tempuh/ atau sesuatu hal yang kita jalani.

Jadi katakanlah “YES” pada semangat itu, dan tanamkan pada diri pribadi kita terutama untuk selalu bersemangat dalam hal apapun, termasuk semangat menjalani kehidupan ini, dan semangat dalam menuntu ilmu.

 

Kesimpulanya yaitu buang jauh-jauhlah sikap “Putus Asa” dan Tanamkanlah pada diri kita sikap “Semangat”.

okeyy friends, semoga bermanfaat……..

PROFIL AKU

wahyu budi nugroho


Popular Posts

Tantangan Pendidikan

Teknologi modern telah memungkinkan terciptanya komunikasi bebas lintas benua, lintas ...

terapi untuk para ah

Fuad Baraja, siapa yang tidak kenal dengan orang satu ini. ...

Kehujanan???? ga lay

Musim hujan sudah tiba. . . yang menggantikan musim kemarau ...

Peringatan 1 Muharro

Dalam rangka memperingati 1 Muharrom 1434 H, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ...

"no day without writ

No day without writing, this is the sentence that we ...