contoh analisis materi fiqh ibadah. . .

ANALISIS MATERI FIQH IBADAH

Identitas Buku

  1. Mata Pelajaran   : Fiqh
  2. Kelas                  : XII
  3. Tingkat               : Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta
  4. Alokasi Waktu   : 50 menit x 16 pertemuan
  5.  Semester            : II (Genap)
  6. Penulis Buku      : Tim Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Standar Kompetensi : Memahami tentang Kesaksian, Jihad, Jizyah, Khilafah dalam Islam, Madzhab-Madzhab Fiqh

No

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

1 Memahami pengertian dan dasar hukum kesaksian
  • Mendefinisikan pengertian kesaksian secara bahasa dan istilah
  • Menyebutkan ruang lingkup kebolehan memberikan kesaksian menurut berbagai madzhab
  • Menyebutkan dalil kesaksian dari Alqur’an dan As-sunnah
Pengertian dan dasar hukum kesaksian
  Memahami syarat syah kesaksian, sumpah dan alat bukti dalam kesaksian serta hikmah kesaksian
  • Menyebutkan 7 Syarat Syahnya kesaksian
  • Mendefinisikan Masing syarat syahnya kesaksian
  • Mennguraikan definisi sumpah dalam kesaksian
  • Menguraikan definisi alat bukti
  • Mengklasifikasikan pendapat ulama tentang adanya alat bukti setelah dilakukan sumpah
  • Menyebutkan hikmah disyariatkanya kesaksian
Sumpah, alat bukti dan hikmah dalam kesaksian
2. Memahami pengertian dan dasar disyariatkanya Jihad
  • Menyebutkan pengertian jihad secara bahasa dan istilah
  • Menyebitkan tujuan Jihad
  • Menyebutkan dasar dan faktor penyebab disyariatkanya jihad dari Alqur’an dan As-Sunnah
Pengertian dan dasar hukum Jihad
  Memahami hukum dan syarat diwajibkanya bejihad
  • Menguraikan hukum jihad
  • Mengklasifikasikan penyebab wajibnya jihad dalam aspek keadaan
  • Menyebutkan syarat berjihad bagi seorang muslim
Hukum dan syarat berjihad
  Memahami etika dalam jihad (Perang) dan keutamaan Jihad
  • Menguraikan etika dalam jihad (perang)
  • Menguraikan larangan lari dari medan jihad (perang)
  • Menyebutkan keutamaan dalam berjihad
Etika dalam jihad (perang), larangan lari dalam jihad (perang) dan keutamaan jihad
  Memahami Ghanimah, salab dan Fa’I serta hikmah disyariatkanya jihad
  • Mendefinisikan Ghanimah
  • Mendefinisikan salab
  • Mendefinisikan fa’i
  • Menyebutkan hikmah disyariatkanya jihad
Ghanimah, salab, fa’I dan hikmah jihad
3 Memahami pengertian dan dasar hokum disyariatkanya Jizyah
  • Mendefinisikan Jizyah
  • Menyebutkan dalil tentang Jizyh dari Alqur’an dan As-sunnah
Pengertian dan dalil Jizyh
  Memahami syarat pemungutan dan hikmah Jizyah
  • Menyebtkan syarat-syarat pemungutan Jizyah
  • Menguraikan definisi kafir dzimmi
  • Menguraikan jumlah nilai standar jizyah menurut para ulama
  • Mengklasifikasikan kewajiban membayar Jizyah
  • Menguraikan hikmah disyariatkanya jizyah
Syarat pemungutan dan hikmah Jizyah
4 Memahami pengertian dan dasar hukum khilafah dalam islam
  • Mendefinisikan khilafah secara bahasa dan istilah
  • Menyebutkan dasar hukm khilafah dalam alqur’an
 
  Memahami pandangan para ulama tentang khilafah
  • Menguraikan pandangan ulama tentang khilafah
  • Menguraikan tentang urgensi  khilafah bagi umat islam
  • Menguraikan pandangan ulama tentang urgensi khilafah bagi umat islam
Pandangan ulama tentang khilafah
  Memahami tugas dan syarat ahlul hilly wal waqdi dan syarat-syarat ahlul imamah
  • Mendefinisikan ahlul hilly wal aqdi
  • Menguraikan tugas ahlul hilly wal waqdi
  • Menyebutkan syarat ahlul hilly wal waqdi
  •  Menyebutkan syarat-syarat ahlul mamah
Tugas dan syarat ahlul hilly dan syarat immah
  Memahami tugas imam dan pemecatannya
  • Menyebutkan tugas-tugas imam atau khalifah terhadap agama dan rakyatnya
  • Menyebutkan factor-faktor penyebab seorang imam atau khalifah diturunkan dari jabatanya
Tugas dan pemecatan imam atau khalifah
  Memahami aturan hokum di masa Rasulullah SAW
  • Menguraikan fungsi sanksi hokum yang diterapkan rasulullah
  • Menyebutkan dalil tentang sanksi
  • Menyebutkan obyek hukuman yang diterapkan rasullullah
  • Mendefiniskan hudud  dan penyebab dijatuhkanya hudud
  • Mendefinisikan jinayat dan klasifikasinya
  • Mendefinisikan ta’zir dan sebab dijatuhkanya ta’zir
 
  Memahami khilafa pada masa khulafa rasyidun, bani muawiyah dan bani abbasyiyah
  • Menyebutkan sipa saja khulafa rasyidun
  • Menguraikan periode masa khulafa rasyidun
  • Menyebutkan prinsip kekhilafan pada masa khulafa rasyidun
  • Menyebutkan para khalifah pada masa bani umayah
  • Menguraikan periode kekhalifahan bani umayah
  • Menguraikan periode khalifa terkenal umar bin abdul aziz
  • Menyebutkan para khalifah bani abbasyiyah di irak
  • Menyebutkn para khalifah bani abbasyiyh di mesir
  • Menguraikan periode kekhalifahan bani abbasyiyah
Khulafa rasyidun, bani umayah dan bani abbasyiyah
5 Memahami pengertian madzhab fiqh
  • Menyebutkan pengertian madzhab secara bahasa dan istilah
  • Menyebutkan pengertian fiqh menurut para ulama
  • Menyebutkan pengertian madzhab fiqh secara lengkap
Pengertian madzhb fiqh
  Memahami madzhab hanafi
  • Menyebutkan pendiri madzhab hanafi dan kehidupanya
  • Menguraikan proses pembentuakn madzhab hanafi
  • Menyebutkan ushul-ushul madzhab hanafi

 

Madzhab hanafi
  Memahami madzhab maliki
  • Menyebutkan pendiri madzhab maliki serta kehidupanya
  • Menyebutkan dasar-dasar madzhab maliki
Madzhab maliki
  Memahami madzhab syafi’i
  • Menyebutkan pendiri madzhab syafi’i
  • Menguraikan profil pendiri madzhab syafi’i
  • Menyebutkan karya pendiri madzhab syafi’i
  • Mnyebutkan dasar-dasar madzhab syafi’i
Madzhab syafi’i
  Memahami madzhab hanbali
  • Menyebutkan pendiri madzhab hanbali
  • Menguraikan profil pendiri madzhab hanbali
  • Menyebutkan  dasar-dasar madzhab hanbali
Madzhab hanbali
  Memahami madzhab az-zahri
  • Menyebutkan pendiri madzhab az-zahiri
  • Menyebutkan profil pendiri madzhab az-zahiri
  • Menyebutkan dasar-dasar madzhab az-zahiri
Madzhab az-zahiri

 

Analisis :

  1. A.    Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator

Di dalam buku ini tidak terdapat Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator. Sehingga kami berinisiatif untuk membuatnya sendiri supaya lebih mudah dalam pemahaman buku ini.

Oleh karena itu untuk analisis kesesuaian antara Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator tidak dapat kami analisis. Dan disini kami hanya menganalisis materi yang terdapat dalam buku ini.

 

  1. B.     Kesuaian antara materi dengan perkembangan usia, psikologi dan kematangan pikiran siswa

Di dalam buku ini materi yang disajikan sudah sesuai dengan perkembangan usia, psikologi dan kematangan pikiran siswa kelas XII aliyah Pondok Pesantren. Karena yang dibahas dalam buku ini dari materi tentang Kesaksian, Jihad, Jizyah, Khilafah dalam Islam, Madzhab-Madzhab Fiqh merupakan materi yang cocok diberikan kepada siswa kelas XII aliyah Pondok Pesantren.

Setiap santri di Pondok Pesantren memang dituntut untuk lebih mendalam dalam pemahaman tentang Islam, hal ini dimaksudkan agar setiap santri lulusan pada pondok pesanren mempunyai ilmu agama yang lebih dibanding dengan siswa lulusan sekolah umum.

 

  1. C.    Analisis isi materi (kelengkapan, kesempurnaan dll.) berisi kritik, dan usulan materi.

Setelah kami mencermati isi materi pada setiap BAB, menurut kami sudah cukup baik untuk memenuhi kebutuhan santri kelas XII dalam memahami setiap BAB yang diberikan. Mulai dari pengertian, dasar hukum, permasalahan-permasalahan yang ada, ketentuan-ketentuan, syarat, sampai dengan hikmah atau manfaat yang bisa diambil sudah terpebuhi pada materi yang diberikan pada setiap BAB, kecuali pada BAB Khilafah dalam Islam danMadzhab-Madzhab Fiqh tidak terdapat hikmah di akhir materi tersebut.

Namun, ada beberapa kekurangan dan point penting yang harus diperhatikan, diantaranya :

  1. Analisis Materi Kelengkapan Keseluruhan BAB

Ada kekurangan yang terdapat pada seluruh BAB, diantaranya :

 

v  Pada seluruh BAB tidak terdapat gambaran umum terlebih dahulu di awal materi sebelum disampaikan. Apabila terdapat gambaran umum akan lebih mudah lagi dalam memahami materi yang akan disampaikan, karena santri sudah mempunyai gambaran awal terlebih dahulu.

 

v  Pada akhir materi juga tidak terdapat lembar evaluasi, sehingga setiap Pengajar yang memberikan materi fiqh ini harus membuat daftar pertanyaan, kasus, ataupun hal lain sebagai lembar evaluasi santri setelah menerima materi yang diberikan. Apabila terdapat lembar evaluasi akan memudahkan pengajar dalam menguji pemahaman santri mengenai materi yang disampaikan.

 

  1. Analisis BAB V tentang kesaksian

Untuk BAB ini sudah cukup memadai untuk diajarkan, mulai dari pembahasan tentang pengertian-pengertian, dasar hukum, syarat sah, sumpah dan alat bukti dan hikmah, semua pembahasan tersebut sudah cukup lengkap secara penjelasan.

 

  1. Analisis materi BAB VI tentang Jihad

Pada BAB ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya :

v  Pada sub BAB tentang syarat diwajibkan jihad hendaknya masing-masing syarat diberikan penjelasan yang memadai agar lebih memudahkan dalam pemahaman setiap santri.

v  Pada sub BAB tentang Ghanimah, Salab, dan Fa’i, hendaknya masing-masing istilah tersebut diberi penjelasan yang lebih lengkap, baik dari pengertian maupun cara pembagiannya.

 

  1. Analisis Materi BAB VII tentang Jizyah

Dalam sub BAB tentang syarat-syarat pemungutan Jizyah, hendaknya antara penjelasan syarat dan nilai jizyah sebaiknya dipisah, sehingga penjelasan tentang nilai dibuat sub BAB tersendiri. Hal ini berguna untuk mempermudah pemahaman santri terhadap materi ini.

 

  1. Analisis Materi BAB VIII tentang Khilafah dalam Islam

Dalam sub BAB aturan hukum di masa Rasululloh tentang Hudud, Jinayat, Ta’zir, sebaiknya diberikan penjelasan yang lebih komplit. Contohnya :

v  Dalam point Hudud tentang Bughat hanya diberi penjelasan pemberontak dan pelakunya diperangi. Dalam hal ini hendaknya lebih dijelaskan kembali yang dimaksud dengan Bughat tersebut dengan penjelasan yang lebih detail lagi, kemudian hukuman pelaku yang diperangi itu seperti apa contohnya.

 

v  Dalam point Jinayat yang dimaksud denda disitu seperti apa.

 

Selanjutnya dalam sub BAB Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah tidak ada penjelasan tentang prinsip ke khilafahan yang dijalankan oleh masing-masing Dinasti, sebagaimana yang telah dijelaskan pada sub BAB Khulafaurrasidin, disitu terdapat tentang prinsip ke khilafahan mereka.

 

  1. Analisis Materi BAB IX tentang Mengenal Madzhab-Madzhab Fiqh

Dalam BAB ini ada point penting yang harus diperhatikan, yaitu pada klasifikasi dasar-dasar masing-masing Madzhab. Hendaknya masing-masing dasar klasifikasi itu diberi penjelasan dan diberi alasan mengapa Madzhab terebut memilih dasar-dasar klasifikasi tersebut.

 

 

 

Contoh Kasus :

 

Tinggalkan Balasan

Performance Optimization WordPress Plugins by W3 EDGE