berbagi ilmu yang bermanfaat

forum bebas untuk berekspresi

“Galang Rambu Anarki”

Posted by wahyu budi nugroho 0 Comment

1

 

 

 

 

 

Lirik lagu :

Galang Rambu Anarki anakku
Lahir awal Januari
Menjelang pemilu
*courtesy of LirikLaguIndonesia.Net
Galang Rambu Anarki dengarlah
Terompet tahun baru
Menyambutmu

Galang Rambu Anarki ingatlah
Tangisan pertamamu
Ditandai BBM membumbung tinggi

Maafkan kedua orang tuamu kalau
(Tak mampu beli susu)
BBM naik tinggi (susu tak terbeli)
Orang pintar tarik subsidi
Mungkin bayi kurang gizi

Galang Rambu Anarki anakku

Cepatlah besar matahariku
Menangis yang keras janganlah ragu
Tinjulah congkaknya dunia buah hatiku
Doa kami di nadimu

Galang Rambu Anarki dengarlah
Terompet tahun baru
Menyambutmu

Galang Rambu Anarki ingatlah
Tangisan pertamamu
Ditandai BBM melambung tinggi

Maafkan kedua orang tuamu kalau
(Tak mampu beli susu)
BBM naik tinggi (susu tak terbeli)
Orang pintar tarik subsidi
Anak kami kurang gizi

Galang Rambu Anarki anakku

Cepatlah besar matahariku
Menangis yang keras janganlah ragu
Tinjulah congkaknya dunia buah hatiku
Doa kami di nadimu

Cepatlah besar matahariku
Menangis yang keras janganlah ragu
Hantamlah sombongnya dunia buah hatiku
Doa kami di nadimu

 

Apresiasi :

Lagu Iwan Fals berjudul “Galang Rambu Anarki” ini dibuat pada tahun 1982 dan terdapat di album “Opini”. Di album ini terdapat beberapa lagu karya Iwan Fals yang isinya opini/kritikan kepada pemerintah saat itu. Dari judul lagunya diambilkan dari nama anak pertama Iwan Fals sediri, karena lagu ini diciptakan sebagai tanda kelahiran anaknya sekaligus kritik terhadap pemerintah. Saya sangat mengapresiasi lagu ini karena menurut saya “Iwan Fals” sangat kreatif dan benar-benar seniman music sejati, dia menciptakan lagu sebagai tanda kelahiran anaknya dan juga sebagai kritik terhadap pemerintah.

Di tahun 1982 ini, harga BBM naik dan melambung tinggi. Dan oleh “Iwan Fals” dikiaskan dalam lirik lagunya “BBM naik tinggi (susu tak terbeli)”, dimana untuk membeli susu buat anaknya “galang” tidak mampu, karena harga-harga pada naik sebagai akibat dari kenaikan harga BBM tersebut. Lagu ini menginspirasi masyarakat kalangan menengah ke bawah, karena dengan adanya lagu ini maka pemerintah seharusnya mengetahui bahwa dengan kenaikan BBM tersebut membuat masyarakat kalangan menengah ke bawah menderita.

Di saat itu belum begitu banyak seniman music yang menciptakan lagu sindiran kepada pemerintah, namun “Iwan Fals” sudah mampu menciptakan lagu-lagu yang begitu bagus, dan sangat menyindir pemerintah. Disini sangat terlihat bahwa “Iwan Fals” memperjuangkan masyarakat menengah ke bawah melalui lagu-lagu karyanya itu.

Tidak heran fans “Iwan Fals” di Indonesia ini sangat banyak, dan mereka biasa disebut dengan “Oi” atau kepanjangan dari “Orang Indonesia”. Banyak orang fanatic terhadap karya -karya penyanyi ini, lagu-lagu yang penuh dengan makna, mampu mengapresiasikan segala gambaran masyarakat Indonesia melalui lagu-lagunya, tidak heran fans “Oi” terdapat di seluruh penjuru Indonesia, dari sabang sampai merauke.

Iwan Fals adalah salah satu dari sekian penyanyi yang sangat saya kagumi karya-karyanya, lagu-lagunya walau sudah diciptakan sekian tahun yang lalu, namun untuk didengarkan sampai sekarang tidak merasa bosan. Berbeda dengan penyanyi-penyanyi sekarang yang lagu-lagunya hanya sebentar terkenalnya, dan merasa cepat bosan.  Menurut saya, “Iwan Fals” ini memang terlahir sebagai seniman music sejati dan harus dijadikan teladan bagi seniman-seniman music di era sekarang ini, agar karya-karya mereka tetap di senangi masyarakat sampai kapanpun, seperti lagu-lagu Iwan Fals yang akan tetap di hati masyarakat Indonesia.

Sebenarnya tidak hanya lagu ini yang saya sangat kagumi dan apresiasikan, semua lagu karya-karyanya sangat memotivasi, menginspirasi, dan tentunya terdapat nilai-nilai yang begitu banyak di setiap lagunya. Lagu-lagunya tidak hanya sebatas kritik terhadap pemerintah saja, namun ada juga yang menceritakan tentang alam dan cinta.

Mungkin hanya ini kata-kata yang dapat saya tulis sebagai bentuk apresiasi terhadap karya-karya Iwan Fals yang begitu bagus dan menakjubkan, dan semoga di Indonesia ini nantinya terdapat seniman-seniman music yang karya-karyanya sebagus milik Iwan Fals.

PROFIL AKU

wahyu budi nugroho


Popular Posts

Tantangan Pendidikan

Teknologi modern telah memungkinkan terciptanya komunikasi bebas lintas benua, lintas ...

terapi untuk para ah

Fuad Baraja, siapa yang tidak kenal dengan orang satu ini. ...

Kehujanan???? ga lay

Musim hujan sudah tiba. . . yang menggantikan musim kemarau ...

Peringatan 1 Muharro

Dalam rangka memperingati 1 Muharrom 1434 H, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ...

"no day without writ

No day without writing, this is the sentence that we ...