Cah KUdus

Hanya Blog UMY situs lain

Manfaat Gerakan Shalat bagi Kesehatan

Posted by wahyu budi nugroho 14 Comments

Shalat adalah ibadah wajib yang tidak boleh ditinggalkan dalam kondisi apapun, baik sakit maupun sehat, lapang maupun sempit, dapat berdiri maupun rebahan. Pada umumnya orang hanya mengenal sholat sebagai ibadah wajib (hanya sebatas itu). Namun di balik itu, shalat mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Shalat adalah olahraga paling mudah untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Manfaat gerakan shalat adalah sebagai berikut:

  1. Takbiratul ihram. Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening (limfa), dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung yang berada di bawah otak memungkinkan darah mengalir keseluruh tubuh dengan lancar. Pada saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga oliran darah lancar karena mengandung banyak oksigen. Ketika kedua tangan didekapkan di dada, maka kita akan terhindar dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.
  2. Ruku’. Gerakan ini bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang balakang sebagai penyangga tubuh dab pusat saraf. Posisi jantung sejajar dengan otak sehingga memaksimalkan aliran darah pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu pada lutut berfungsi untuk merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, ruku’ adalah sarana latihan bagi kemih sehingga gangguan prostat dapat dicegah.
  3. I’tidal. Gerakan ini bermanfaat sebagai latihan yang baik bagi organ-organ pencernaan, sehingga melancarkan pencernaan kita.
  4. Sujud. Posisi sujud berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan daerah kaya oksigen mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang (meningkatkan kecerdasan). Oleh karena itu, sebaiknya sujud dilakukan dengan tumakninah (tidak tergesa-gesa). Dalam sujud, ketika jari-jari kaki ditekuk, akan menghindarkan dari gangguan wasir. Bagi wanita, baik sujud maupun ruku’ memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan. Sujud adalah latihan kekuatan otot tertentu, termasuk otot dada. Sujud juga dapat mengembalikan dan mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali.
  5. Iftirasy dan tawaruk. Hal terpenting adalah turut berkontraksinya otot-otot daerah perineum. Posisi ini juga mampu menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tidak mampu berjalan. Posisi kaki menyebabkan seluruh otot tungkai meregang dan kemudian rileks kembali sehingga menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ geerak kita.
  6. Salam. Gerakan ini bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar leher, mencegah sakit kepala, dan menjaga kekencangan kulit wajah.

Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikilogi) yang dialami Prof. Sholeh, gerakan ini mengantarkan manusia pada derajat setinggi-tingginya. Mengapa demikian? Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan oksigen. Pada saat sujud, posisi jantung lebih tinggi dari kepala sehingga memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Artinya, otak mendapat pasokan darah yang kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang tuma’ninah dan kontinyu dapat memicu peningkatan kecerdasan seseorang.

Riset di atas telah mendapat pengakuan dari Harvard University, Amerika Serikat. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan diri masuk Islam setelah diam-diam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud. Subhanallah…

Sumber: Eramuslim

Categories: Makalah / Artikel

PROFIL AKU

wahyu budi nugroho


Popular Posts

Manfaat Gerakan Shal

Shalat adalah ibadah wajib yang tidak boleh ditinggalkan dalam kondisi ...

Conversation

A NICE MEETING   Today is very hot. After Arabic class, I ...

Pembagian Ilmu Hadit

A.   PENDAHULUAN Bagi umat Islam, Hadis merupakan sumber pokok ajaran agama ...

Pesan Rahasia Di Bal

Terkejut saya saat berkunjung keblog MythDunia. Pada salah satu artikelnya ...

TEKNIK PENGUJIAN VAL

A.    PENDAHULUAN Evaluasi dalam pendidikan mempunyai fugsi yang sangat penting. Dikarenakan ...