Cah KUdus

Hanya Blog UMY situs lain

Musik tidak hanya berpengaruh positif terhadap kualitas kehidupan anak, melainkan juga dapat merangsang keberhasilan akademik jangka panjang. Anak yang sejak dini telah dikenalkan pada musik, perkembangan otak kanan dan kirinya akan seimbang. Jika perkembangannya seimbang, maka mereka akan menjadi manusia yang berpikir logis, intuitif, sekaligus cerdas, kreatif, jujur, dan memiliki perasaan yang tajam di masa dewasanya nanti. Oleh sebab itu, implementasi dalam dunia pendidikan adalah bahwa pendidikan musik di tingkat SD harus diberikan dengan benar dan tepat.

Gardner, dalam penelitiannya, mengungkapkan bahwa otak manusia mempunyai kemampuan yang bersifat multi intelegensi. Penemuan tersebut mematahkan pemahaman bahwa otak manusia hanya memiliki kemampuan tunggal. Garner mengungkapkan bahwa kemampuan otak manusia meliputi kemampuan bahasa, kemampuan logika matematika, kemampuan spasial, kemampuan bodi-kinestik, kemampuan musik, kemampuan interpersonal, dan kemampuan intrapersonal. Kemampuan musik merupakan salah satu intelegensi yang banyak dipengaruhi oleh bakat dalam perkembangannya. Namun demikian, bukan berarti intelegensi tersebut tidak dapat berkembang jika bakat musik yang dimiliki lemah.

Tujuh kemampuan otak manusia yang telah disebut di atas, sesungguhnya saling berkaitan antara kemampuan satu dengan kemampuan yang lainnya. Misalnya kemampuan musik, yaitu menyanyi. Dalam kegiatan bernyanyi, sesungguhnya anak akan mengembangkan intelegensi logika matematika, intelegensi kebahasaan, intelegensi bodi-kinestik, intelegensi skill building, dan intelegensi intra maupun interpersonal. Selain itu, melalui nyanyian, anak akan lebih mudah menangkap pembelajaran. Dengan kata lain, musik merupakan pendekatan pengajaran yang cukup efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Manfaat musik yang lainnya antara lain adalah untuk pembentukan kepribadian anak. Bandura menyatakan bahwa perilaku manusia diatur oleh interaksi yang kompleks antara kejadian-kejadian internal dengan lingkungannya. Rangsangan lingkungan berupa pengenalan musik kepada anak akan berpengaruh terhadap pembentukan watak dan kepribadian anak. Anak yang tidak pernah diperkenalkan dengan musik yang lembut cenderung akan tumbuh dengan sifat yang enerjjik penuh hentakan dan mungkin cara berpikir yang meloncat.

Lebih lanjut lagi, Emile Jaques Dalcroze (1921) berpendapat bahwa musik sangat berpengaruh terhadap kemampuan gerak (movement), mendengarkan (listening), dan menciptakan (creating).

  1. Perkembangan kemampuan gerak (movement). Kemampuan gerak dapat ditingkatkan melalui beat musik yang didengar oleh anak. Kemampuan ini lebih jauh lagi akan membetuk sikap peka terhadap segala perubahan yang terjadi di lingkungannya.
  2. Perkembangan mendengarkan (listening). Kemampuan mendengar yang dimaksud tidak sekedar menangkap suara yang dibunyikan, tetapi juga ada proses aktif yang meliputi menerima dan mengorganisasikan bunyi yang ditangkap kemudian mengolah menjadi persepsi tentang bunyi tersebut. kemampuan tersebut nantinya akan membentuk sikap menghargai nilai-nilai keindahan. Tidak hanya sebatas keindahan yang dapat didengar, melainkan juga segala bentuk keindahan yang dapat diindera. Sebuah hasil observasi terhadap kebiasaan vandalisme di kalangan remaja mengungkapkan bahwa remaja yang tidak mendapat bimbingan penanaman nilai estetika akan mengekspresikan diri dengan coretan dinding tanpa makna. Objek utamanya adalah kepuasan membabi buta, sehingga hasilnya akan memperburuk tampilan dinding. Sementara, remaja yang mendapat bimbingan penanaman nilai estetika sejak dini akan mengungkapkan eskpresinya dengan coretan yang bermakna, sehingga hasilnya akan memperindah dinding.
  3. Perkembangan menciptakan (creating). Seni, baik yang dilihat maupun yang didengar, membantu anak untuk menghasilkan yang unik, mampu berpikir bebas, fleksibel, dan menghasilkan ide-ide baru. Misalnya, anak mencoba membuat alat musik sederhana dari barang bekas sebagai pengiring ia bernyanyi. Menghasilkan suatu bentuk karya yang kreatif membutuhkan waktu, kematangan, keterampilan, dan pengetahuan tentang cara menghasilkan sesuatu yang baru. Untuk itu, diperlukan bimbingan dan fasilitas yang mengkondisikan anak untuk selalu berpikir dan berperilaku yang kreatif sehingga akhirnya memungkinkan anak menghasilkan karya yang benar-benar baru dan orisinil.

Dari begitu banyak manfaat seni –khususnya musik- yang telah dipaparkan, sayangnya pendidikan musik atau seni lainnya di sekolah-sekolah –baik ditingkat dasar maupun di tingkat lanjutan- kurang mendapat porsi yang memadai. Kurikulum nasional di Indonesia menempatkan pendidikan seni sebagai pengetahuan yang kering dengan rangsangan, bahka menempatkan guru kesenian sebagai pelengkap kurikulum. Hal ini mengakibatkan apresiasi anak tentang seni menjadi dangkal dan penghargaan terhadap bidang studi kesenian menjadi rendah. Permasalahan lainnya adalah kegiatan eksta kurikuler atau kegiatan di sanggar-sanggar belum bisa mengembangkan kemampuan seni secara sempurna. Kegiatan di sanggar hanya dapat dijangkau oleh golongan ekonomi menengah ke atas, padahal golongan ekonomi menengah ke bawah jumlahnya lebih banyak. Hal ini akan mempengaruhi kualitas bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Tanpa adanya keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri, maka akan menghasilkan perilaku yang abnormal. Dominasi otak kiri akan menghasilkan individu yang radikal, sedangkan dominasi otak kanan akan menghasilkan individu pengkhayal.

Dari permasalahan di atas, hal yang perlu dilakukan adalah perbaikan pada komponen-komponen kurikulum, seperti pengadaan guru seni, perlengkapan seni, dan sebagainya. Selain itu, pemerintah juga harus tepat dalam mengapresiasi seni dan memberi peluang bagi setiap orang untuk mengapresiasikan kemampuan seninya dalam berbagai cara dan gaya sepanjang masih dalam koridor seni yang mempersatukan bangsa.

Categories: Makalah / Artikel

PROFIL AKU

wahyu budi nugroho


Popular Posts

Manfaat Gerakan Shal

Shalat adalah ibadah wajib yang tidak boleh ditinggalkan dalam kondisi ...

Conversation

A NICE MEETING   Today is very hot. After Arabic class, I ...

Pembagian Ilmu Hadit

A.   PENDAHULUAN Bagi umat Islam, Hadis merupakan sumber pokok ajaran agama ...

Pesan Rahasia Di Bal

Terkejut saya saat berkunjung keblog MythDunia. Pada salah satu artikelnya ...

TEKNIK PENGUJIAN VAL

A.    PENDAHULUAN Evaluasi dalam pendidikan mempunyai fugsi yang sangat penting. Dikarenakan ...