Why_yudhi Blogs

Hanya Blog UMY situs lain

images

Dalam Era teknologi Pertanian sangat  identik dengan pekerjaan orang orang tua, yang renta dan tak memiliki pilihan pekerjaan yang lain, sementara para pemuda lebih memilih pekerjaan yang lain yang menurut mereka lebih menjanjikan dan bergensi. persepsi mereka terhadap pertanian sangatlah buruk, bagi mereka pertanian sangat identik juga kemiskinan, pekerjaan kotor karena harus berhubungan dengan cangkul, sawah, sabit.

Padahal pertanian tidak sesederhana itu, pertanian mencangkup banyak sektor seperti Tanaman Pangan, Kehutanan, perkebunan, perikanan, dan peternakan yang apabila dikembangkan akan menjadi nilai jual atau nilai tambah dalam ekonomi kita, contohnya perkebunan kelapa sawit, saat ini banyak pengusaha-pengusaha terjun ke dunia agribisnis tepatnya di sektor kelapa sawit, bagi mereka berbisnis kelapa sawit merupakan bisnis yang prospeknya sangat besar

oleh sebab itu  Peran generasi muda untuk sektor pertanian memang sangat penting. Karena dengan hadirnya generasi muda tersebut diharapkan dapat meningkatkan sektor pertanian.Tentunya dengan begituIndonesiamakin makmur dan sejahtera.

Peran pemuda dalam pengembangan pertanian sangat berpengaruh sekali, peningkatan taraf rakyat desa yang sebagaian pekerjaannya sebagai petani juga sangat berpengaruh. Peran pemuda juga sangat berpengaruh dalam penyebaran informasi bagi para petani. Selain itu pemuda juga harus dibekali cara-cara pertanian yang baik dan benar, sehingga sewaktu-waktu mereka dibutuhkan, mereka telah siap.

Segala permasalahan yang dialami petani dalam usaha taninya dan bidang pertanian dalam pembangunannya, agar dapat dicarikan jalan keluar melalui suatu upaya, untuk itu beberapa peran generasi  pemuda dalam pertanian di inodnesia adalah :

  1. Ikut berperan dalam kebijakan sektor pertanian
  2. Melakukan pengawasan terhadap program-program pertanian
  3. Melakukan pemberdayaan dan bimbingan terhadap  petani
  4. Memberikan perlindungan hukum dalam sektor pertanian
  5. Menjadi SDM pembangunan pertanian

Tren resesi dunia yang mengarah pada krisis pangan dan energi setidaknya akan menjadi peluang besar bagi tumbuhnya usaha tani atau usaha sektor pertanian. Apabila para pemuda yang memeiliki kekuatan dan semangat yang tinggi terjun ke dunia pertanian, tentunya negara ini masih punya harapan untuk melihat naiknya kesejahteraan petani Indonesia GOOO  SUKSESSS  PEMUDAPERTANIAN INDONESIA!!!!

Categories: Information

PROFIL AKU

Wahyudin


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Mutiara Hitam dari P

  Sang ''Mutiara Hitam''  dari tanah papua itulah julukan dari persipura ...

Alhamduliilah UMY Te

  Alhamdulillah UMY Terakreditasi A,  slogan seperti ini jika kamu perhatikan ...

Generasi Pemuda Pene

Dalam Era teknologi Pertanian sangat  identik dengan pekerjaan orang orang ...

Pemberdayaan Petani

  Dewasa ini kemiskinan kesannya sangat melekat terhadap petani di indonesia, ...