STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEXTUAL (CTL)

  Uncategorized   November 30, 2011

Contextual Teaching and Learning adalah konse mengajar dan

belajar yang membantu guru menghubungkan mata pelajaran dengan

situasi nyata dan yang memotivasi siswa agar menghubungkan

pengetahuan dan terapannya dengan kehidupan sehari-hari sebagai

anggota keluarga dan masyarakat.

 

Definisi ringkas tetapi padat menyatakan bahwa Contextual

Teaching and Learning adalah proses belajar pengajar yang erat dengan

pengalaman nyata.

 

Sebuah definisi lain menyatakan bahwa Contextual Teaching and

Learning adalah pembelajaran yang harus situation and content-speccific

dan memberi kesempatan dilakukannya pemecahan masalah secara

riil/otentik serta latihan dan melakukan tugas.

 

Dari kajian pustaka yang ada dapat dilihat bahwa CTL merupakan

perpaduan beberapa praktek pengajaran yang baik dan beberapa pendekatan

sebelumnya (konsep Dewey, pragmatik, komunikatif dan konstruktivis).

CTL menekankan pada cara berpikir, trasfer pengetahuan lintas

disiplin, pengumpulan, penganalisisan dan pentesisan informasi dan data

dari berbagai sumber dan pandangan (Nur, 2001).

 

STRATEGI CTL

Beberapa pakar mengemukakan strategi CTL yang pada umumnya

hampir sama kecuali ada beberapa perbedaan penekanan.

Blanchard (2001) menawarkan strategi CTL sebagai berikut.

a. Menekankan pentingnya pemecahan masalah

b. Mengakui perlunya kegiatan belajar mengajar dilakukan dalam berbagai

konteks seperti rumah, masyarakat dan tempat kerja.

c. Mengajar siswa memantau dan mengarahkan pembelajaran mereka agar mereka dapat belajar sendiri.

d. Menekankan pelajaran pada konteks kehidupan siswa yang berbedabeda

e. Mendorong siswa belajar dari sesama teman dan belajar bersama

f. Menggunakan penilaian otentik

Sedangkan COR, yaitu dari Center for Occupational Research di

Amerika menyingkat kelima konsep Contextual Teaching and Learning

dalam akronim REACT yang jabarannya adalah sebagai berikut.

Relating : belajar dalam konteks kehidupan nyata

Experiencing: belajar dalam konteks eksplorasi, penemuan dan

penciptaan

Applying : belajar dengan memadahkan pengetahuan dengan

kegunaannya

Cooperating: belajar dalam konteks interaksi kelompok

Transfering : belajar dengan menggunakan pengetahuan dalam

konteks baru/lain.

Selain itu telah diidentifikasi enam unsur penting CTL (University of

Washington, dalam Nur, 2001).

a. Pembelajaran bermakna: pemahaman, relevansi dan penghargaan pribadi

siswa bahwa dia berkepentingan terhadap isi pelajaran dan pembelajaran

dirasakan penting dan relevan dengan kehidupannya.

b. Penerapan pengetahuan: kemampuan untuk melihat bagaimana dan

apa yang dipelajari diterapkan dalam tatanan-tatanan lain dan berfungsi

pada masa sekarang dan akan datang.

c. Berfikir tingkat lebih tinggi: siswa dilatih untuk berfikir kritis dan

kreatif dalam pengumpulan data, memahami suatu issu, atau memecahkan

suatu masalah.

d. Kurikulum yang dikembangkan berdasarkan standar: isi pengajaran

berhubungan dengan suatu rentang dan beragam standar lokal, negara

bagian, nasional, asosiasi, dan atau industri.

e. Responsive terhadap budaya: pendidik harus memahami dan menghormati

nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, dan kebiasaan-kebiasaan

siswa, sesama rekan pendidik dan masyarakat tempat mereka mendidik.

Berbagai macam budaya perorangan dan kelompok mempengaruhi

pembelajaran. Budaya-budaya ini, dan hubungan antar buda ini

mempengaruhi bagaimana pendidik mengajar. spektif seharusnya dipertimbangkan: individu siswa, kelompok siswa

(sepertti tim atau keseluruhan kelas), tatanan sekolah, dan tatanan

,masyarakat yang lebih besar.

f. Penilaian autentik: penggunaan berbagai macam strategi penilaian

yang secara valid mencerminkan hasil belajar sesungguhnya yang diharapkan

dari siswa. Strategi-strategi ini dapat meliputi penilaian atas

proyek dan kegiatan siswa, penggunaan portofolio, rubriks, ceklis, dan

panduan pengamatan di samping memberikan kesempatan kepada

siswa ikut aktif berperanserta dalam menilai pembelajaran mereka

sendiri dan penggunaan tiap-tiap penilaian untuk memperbaiki keterampilan

menulis mereka.

 

DAFTAR RUJUKAN

Holmes Partnership: USA Today Education: Contextual Teaching and Learning

03/06/01 (University of Wisconsin Center of Education; University of

Georgia; the Ohio State University College of Education).

http://www.aypf.org/forumbriefs/1999/fb070999.htm. Contextually Based Learning:

Fad or Proven Practice a Forum Brief; July, 9, 199

Tags:

Leave a Reply

Performance Optimization WordPress Plugins by W3 EDGE