analisis materi SKI

  Pengetahuan   January 7, 2012

ANALISIS MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Disusun untuk memenuhi tugas Analisis Materi SKI
Dosen pengampu : Drs. Yusuf A. Hasan M.Ag

Disusun Oleh :
Aisyah Suryani 20090720011
Wiwin Sundari 20090720015
Esti Wahyuni 20090720039

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2011
A. Ringkasan Materi
Judul buku : Senang Belajar Agama Islam untuk SD kelas 4
Penyusun : Drs. H. M. Masrun Supardi
Penerbit : Erlangga
Tahun terbit : 2007
Judul Materi : “KISAH NABI MUHAMMAD SAW”
1. Kisah Kelahiran Nabi Muhammad SAW
Ibu Muhammad bernama Aminah dan ayahnya bernama Abdullah bin abdul Mutalib. Ayahnya meninggal dunia semenjak Muhammad berada dalam kandungan. Muhammad lahir di kota Makkah pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun 571 M atau disebut dengan tahun Gajah, disebut tahun gajah karena menjelang kelahiran nabi raja Abrahah dari Yaman memimpin pasukan bergajahnya untuk menghancurkan pasukan ka’bah. Akan tetapi burung Ababil utusan Allah menyelamatkan ka’bah dengan menyengkeram bara api neraka dan menjatuhkannya diatas pasukan bergajah.
2. Masa Kanak-Kanak Nabi Muhammad SAW
Setelah lahir nabi Muhammad diasuh oleh ibunya beberapa waktu, kemudian diasuh dan disusui oleh Halimah Sa’diyah. Ketika beusia 5 tahun Muammad diserahkan lagi kepada ibunya. Ketika berusia 6 tahun ibunya mengajak Muhammad mengunjungi makam ayahnya dan bersilaturahmi kerumah saudaranya di Madinah. Setelah 1 bulan di Madinah lalu kembali ke Makkah. Dalam perjalaln pulang didesa Abwa ibunya sakit keras dan meninggal. Setelah itu nabi menjadi anak yatim piatu.
Selanjutnya nabi diasuh kakeknya bernama Abdul Mutalib (seorang pemuka kaum Quraisy). Setelah 2 tahun kakeknya meninggal dan nabi diasuh oleh pamannya Abu Thalib. Pada usia 12 tahun Muhammad di ajk pamannya berdagang ke Syam. Dalam perjalanan muhammad dinaungi awan sehingga tidak kepanasan. Serta banyak hewan dan tumbuhan yang tunduk menghormat kepada Muhammad, sampai didesa Busra, mereka bertemu pendeta Nasrani bernama Bukhara. Bukhara mengatakan bahwa berdasarkan kitab suci Nasrani, Muhammad inilah yang akan menjadi Nabi yang besar, oleh karenanya ia harus dijaga baik-baik.

B. Analisis Perbandingan dengan Buku Lain
Judul buku : Khazanah Pendidikan Agama Islam kelas 4 SD
Penyusun : Achmad Farichi S. Pd.I
Penerbit : Yudistira
Tahun terbit : 2007
Judul materi : “KISAH NABI MUHAMMAD SAW”
1. Kelahiran Nabi Muhammad SAW dan Kebiasaan Masyarakat Jahiliyah
Didalam sub bab ini dijelaskan kebiasaan-kebiasan masyarakat jahiliyah secara luas dan terperinci sebelum nabi Muhammad lahir, di sub bab ini juga dicantumkan surat Al-Fill yang menceritakan peristiwa hancurnya tentara gajah
Buku ini disusun lebih sistematis dari pada buku yang pertama. Sehingga mempermudah siswa dalam memahami dan mempelajari materi SKI
2. Muhammad pada Masa Kanak-Kanak hingga Masa Kerasulannya.
Dalam sub bab ini materinya terlalu luas jika dibandingkan dengan buku pertama tadi karena di sub bab ini dijelaskan hingga kerasulan Nabi Muhammad, jadi siswa sulit memahami materi jika tidak dibarengi dengan metode mengajar dari guru yang kreatif.
C. Kedalaman
SK : Menceritakan Kisah Nabi
KD : – Siswa mampu menceritakan kisah nabi Muhammad SAW.
– Siswa mampu menceritakan perilaku masa kanak-kanak nabi Muhammad
Materi dalam buku ini sudah sesuai dengan SK dan KD dari Kementrian Agama. Kedalaman materi pada bab ini, sudah cukup luas dan mendalam untuk anak seusia SD kelas IV. Kedalaman materi haruslah mempertimbangkan bobot pelajaran yang akan disampaikan, dan haruslah mengetahui siapa yang kita akan ajar. Sehingga materi tersebut sesuai dengan kapasitas siswanya, tidak terlalu berat dalam mencapai indikator yang sudah ditentukan.
D. Kompetensi
1. Knowledge Technolgy
Setelah mempelajari kisah nabi Muhammad, siswa dapat meneladani kemandirian nabi Muhammad setelah menjadi anak yatim piatu dan dapat menerapkan sikap kemandirian tersebut kedalam kehidupan sehari-hari.

2. Skill
Siswa dapat menerapkan sikap sabar dan tawakal dalam menjalani kehidupan, tidak mudah putus asa ketika menghadapi masalah, dan senantiasa bersyukur kepada Allah SWT
3. Values
Bahwa dalam hidup ini, manusia pasti akan mendapat cobaan dari Allah, hal itu untuk menunjukan seberapa besar keimanan dan ketaqwaannya. Teladan yang dapat diambil dari kisah nabi Muhammad ini adalah rasa semangat dan kesabaran beliau dalam menjalani hidup, meskipun cobaan selalu datang kepadanya.
4. Attitude
Setelah mempelajari bab ini di harapkan siswa dapat untuk lebih bersabar dalam menghadapi hidupnya, dan juga bertawakal kepada Allah SWT.
5. Interest
Materi dalam buku tersebut monoton, sehingga siswa tidak tertarik, namun ketertarikan tersebut dapat dimunculkan dengan metode dan media yang kretif yang digunakan oleh pendidik saat menyampaikannya.
E. Corak Kurikulum yang Terkandung
Didalam buku ini menggunakan status Quo Oriented karena materi yang dipaparkan tidak ada hal – hal baru yang dimasukkan, seperti penerapan keteladanan Nabi dalam kehidupan sehari – hari. Dan lebih mendominasikan pada aspek kognitif saja.

F. Keterangan
Buku yang paling cocok digunakan untuk siswa SD kelas IV menurut kelompok kami adalah buku karangan Moh. Masrun S, penerbit Erlangga. Karena SKKD dalam buku tersebut sudah sesuai dengan SKKD Kementrian Agama. Materi yang disajikan pun tidak terlalu luas sehingga mudah dipahami oleh siswa. Buku ini telah menerapkan metode CTL, karena setelah mempelajari materi tersebut, siswa diajak secara langsung mengaplikasikan dalam kehidupan sehari – harinya.

Leave a Reply

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE