Seputar Dunia

"Jendela untuk mengintip dunia"

Anda pasti pernah mendengar istilah enzim bukan?, mungkin saat SMA, SMP atau pada artikel yang pernah anda baca. Pada dasarnya pengetahuan anda tentang enzim sangat penting karena akan membuat anda mempertimbangkan mengenai keputusan dalam mengkonsumsi sesuatu yang akan berdampak pada kesehatan tubuh. Yaa.. pastinya semua ingin sehat sampai nenek-nenek dan kakek-kakek kan?. Oleh karena itu simak artikel ini ya.. karena kami akan membahas mengenai hal-hal penting terkait enzim.

Yang pertama, tentang definisi enzim dan fungsinya
Enzim adalah biokatalisator yang diproduksi oleh jaringan hidup dan enzim meningkatkan laju reaksi yang mungkin terjadi dalam jaringan. Enzim merupakan senyawa mengandung protein yg secara alamiah terdapat pada bahan pangan yang berfungsi sebagai bahan mempercepat reaksi biokimia dlm bahan (Rex Montgomery et all (1993). Jadi sudah jelas kan, intinya enzim merupakan sebuah senyawa yang membantu proses penguraian bahan makanan yang kita konsumsi sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Tanpa enzim makanan yang kita makan tidak dapat terurai dengan baik. Akibatnya tubuh akan terasa lemas, lesu dan tidak bergairah. Jadi mager.. repot kan?

Kedua, dari mana sumber enzim, apakah ada enzim yang merugikan?
Nah ternyata enzim itu ada bermacam-macam, ada enzim lipase, proteinase, laktase, amilase dan lainnya. Enzim ini selain terdapat pada tubuh manusia juga terdapat pada buah-buahan, sayuran dan daging yang kita konsumsi. Masing-masing enzim memiliki fungsi yang berbeda contohnya proteinase. Enzim ini akan membantu menguraikan protein dari susu kedelai yang kita minum kemudian diubah menjadi peptida yang selanjutnya akan digunakan untuk pergantian sel-sel tubuh. Begitu juga dengan enzim lipase yang mengubah lemak menjadi asam lemak, amilase yang mengubah pati menjadi maltosa, dan lainnya.


Disamping itu di dunia Teknologi Penanganan Hasil Pertanian ada saat-saat yang tidak diharapkan keberadaan enzim tersebut contohnya pada buah-buahan. Enzim pada buah-buahan akan membantu proses metabolisme pada buah sehingga zat-zat yang ada dalam buah akan terurai. Hal itu akan berdampak negatif yaitu membuat mikroorganisme akan dapat dengan mudah memakan zat-zat tersebut dan menimbulkan kebusukan pada buah. Oleh karena itu harus dilakukan penanganan pada buah tersebut yakni dengan cara dibekukan atau diasap. Hal itu disebabkan enzim dapat dinonaktifkan pada kondisi suhu tertentu. (mrs)

Categories: Regional
Foto Profil dari Mars Budi

About Mars Budi

Lahir di Temanggung Mahasiswa Fakultas Pertanian UMY marssbudi15@gmail.com

PROFIL AKU

Foto Profil dari Mars Budi

Mars Budi

Lahir di Temanggung
Mahasiswa Fakultas Pertanian UMY
marssbudi15@gmail.com


Popular Posts

Upaya Jitu Meningkat

Salah satu produk Agribisnis andalan Indonesia adalah kopi. Saat ini ...

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

“Enzim” Biokatal

Anda pasti pernah mendengar istilah enzim bukan?, mungkin saat SMA, ...

Kenapa Pertanian?

[caption id="attachment_259" align="alignnone" width="583"] Sumber gambar : www.madujuara.com[/caption] Flora dan Fauna ...

Sanggar Seni Faperta

[caption id="attachment_97" align="alignnone" width="564"] Sumber Gambar : www.gudangkesehatan.com[/caption] Untuk pertama kalinya ...