scan

Just another Blog UMY site

2. Troubleshoot Multi-VLAN Issues

Posted by Yudo Okfiantoro 0 Comment

A. Masalah pada konfigurasi Inter-VLAN
a. Menghapus VLAN
Pada kesempatan tertentu, kamu harus menghapus sebuah VLAN dari VLAN database. Ketika menghapus VLAN dari sebuah switch yang dimana sedang berada didalam VTP server mode, VLAN tersebut juga terhapus dari VLAN database untuk semua switch yang berada di dalam domain VTP. Ketika kamu menghapus sebuah VLAN dari sebuah switch yang mana sedang berada didalam VTP transparent mode, VLAN tersebut terhapus hanya pada switch tertentu atau tumpukan switch. Untuk menghapus sebuah vlan, gunakan perintah no vlan vlan id global configuration mode. Ketika kamu menghapus sebuah VLAN, beberapa port yang terpasang pada VLAN menjadi tidak aktif, mereka tetap bergabung dengan VLAN sampai kamu memasukkan mereka kedalam VLAN yang baru.

b. Masalah pada Port Switch
Ada beberapa masalah umum terhadap miskonfigurasi switch yang dapat muncul ketika mengkonfigurasi routing diantara beberapa VLAN. Ketika mengunakan model routing legacy untuk inter-VLAN routing, pastikan bahwa port switch yang dapat terkoneksi dengan interface router yang telah terkonfigurasi dengan VLAN yang benar. Jika tidak, maka perangkat terkonfigurasi bahwa VLAN tidak dapat terkoneksi ke router interface. Oleh karena itu, perangkat tersebut tidak dapat mengirimkan data ke VLAN lain.

c. Masalah pada Interface
Ketika mengaktifkan inter-VLAN routing pada sebuah router, satu dari error konfigurasi yang paling umum adalah untuk tersambung ke interface router fisikal ke switch port yang salah. Ini menempatkan interface router didalam VLAN yang salah dan menghalangi untuk mencapai perangkat lain dalam subnet yang sama.

B. Masalah pada bagian IP Addressing
a. Error pada IP Address dan Subnet Masks
VLAN merespon ke subnet yang unik (tidak ada yang sama pada subnet) pada jaringan. Untuk routing inter-VLAN dapat beroperasi, sebuah router harus tersambung pada semua VLAN. Baik terpisah oleh interface fisikal atau oleh subinterface. Setiap interface atau sub interface harus diberikan sebuah IP Address yang sesuai dengan subnet yang mana sudah tersambung. Ini mengizinkan perangkat pada VLAN untuk berkomunikasi dengan interface router dan mengaktifkan traffic routing untuk VLAN lain yang tersambung ke router.

C. Masalah pada VTP dan DTP
a. Memecahkan masalah VTP
Masalah yang sering terjadi dengan VTP adalah :
1. Versi VTP yang tidak cocok.
• Versi VTP tidak cocok satu sama lain
• Pastikan bahwa semua switch mampu untuk mendukung versi VTP yang diperlukan.
2. Masalah Password VTP
• Jika autentifikasi VTP diaktifkan, semua switch harus memiliki password yang sama yang terkonfigurasi untuk beperan di VTP.
• Pastikan bahwa password dikonfigurasi secara manual ke semua switch didalam VTP domain.
3. VTP Domain Name yang salah
• Sebuah kesalahan saat mengkonfigurasi VTP domain dapat berdampak sinkronisasi VLAN diantara switch dan jika sebuah switch menerima VTP advertisement yang salah, maka switch dapat membuang pesan tersebut.
• Untuk menghindari salah saat mengkonfigurasi VTP domain name, atut VTP doman name hanya pada satu VTP server switch saja.
• Semua switch lain yang berada di VTP domain name yang sama akan menerima dan otomatis terkonfigurasi dengan VTP domain name milik mereka ketika mereka menerima ringkasan VTP advertisement.
4. Semua Switch diatur ke VTP client mode
• Jika semua switch didalam VTP domain diatur ke dalam mode client, maka kamu tidak dapat membuat, menghapus, dan memanage VLAN.
• Untuk menghindari kehilangan semua konfigurasi VLAN pada VTP domain, konfigurasi dua switch menjadi VTP servers.
5. Konfigurasi Number Revision yang salah
• Jika sebuah switch dengan VTP domain yang sama namun sebuah nomor konfigurasi yang lebih tinggi lagi dimasukkan kedalam domain, maka VLAN yang tidak valid dapat disebarkan dan atau VLAN yang valid dapat terhapus.
• Solusinya adalah dengan mereset setiap switch ke dalam konfigurasi sebelumnya dan kemudian mengkonfigurasi ulang VLAN yang benar.
• Sebelum menambahkan sebuah switch ke jaringan yang VTP nya sudah aktif, reset revision number pada switch menjadi 0 dengan memasukkan VTP domain yang salah lainnya dan kembali memasukkan VTP domain name yang benar.

b. Memecahkan masalah DTP
Masalah trunking berkaitan dengan konfigurasi yang salah. Ada 3 masalah yang umum yang berhubungan dengan trunking.
• Trunk mode yang tidak cocok
• Memperbolehkan VLAN pada trunk
• Native VLAN yang tidak cocok

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

Yudo Okfiantoro


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Link Aggregation

Verifying EtherChannel   Ada sejumlah perintah untuk memverifikasi konfigurasi EtherChannel. Pertama, perintah ...

3. Konsep Spanning T

A. Tujuan Spanning Tree a. Redundansi pada OSI Layer 1 dan 2 Desain jaringan ...

4. Konfigurasi Link

A. Mengkonfigurasi EtherChannel a. Panduan Konfigurasi Petunjuk dan batasan berikut berguna untuk mengkonfigurasi EtherChannel: • Dukungan ...

2. Troubleshoot Mult

A. Masalah pada konfigurasi Inter-VLAN a. Menghapus VLAN Pada kesempatan tertentu, kamu harus menghapus ...